MuSigPro

Categories

Musik dan Produktivitas
Fakta, News

Apakah Musik dapat Mempengaruhi Produktivitas?

Apakah musik dapat mempengaruhi produktivitas seseorang dalam bekerja? Pertanyaan yang sering muncul dalam benak beberapa orang mengingat sering ditemui musik diputar di beberapa kantor-kantor dan tempat usaha. Namun pertanyaanya apakah secara empiris musik memang dapat mempengaruhi kinerja seseorang? Apakah musik berkorelasi positif terhadap kinerja seseorang, ataukah malah sebaliknya?

Dengan waktu kita yang habis di tempat kerja, didepan komputer atau laptop, musik menjadi bagian yang secara tidak disadari selalu melekat dengan hidup kita. Nah kali ini kita akan membahas untuk memahami korelasi antara musik dan produktivitas seseorang.

Musik menghindarkan kebosanan pada pekerjaan yang sifatnya repetitif
Rutinitas pada pekerjaan yang itu-itu saja tentu dapat menimbulkan kebosanan pada seseorang. Riset dilakukan pada orang-orang yang melakukan pekerjaan repetitif menunjukkan bahwa musik dapat mendukung orang-orang untuk mencegah kebosanan dibanding mereka yang melakukan pekerjaan repetitif tanpa musik.

Menurut penelitian Dr. Teresa Lesiuk “Musik dapat mempengaruhi mood seseorang dalam bekerja, musik yang mereka sukai akan berpengaruh positif terhadap produktivitas seseorang”

Pada Tempat Kerja yang Berisik, Musik adalah Jalan Keluar
Masih pada penelitian Dr. Teresa Lesiuk, study pada specialist IT menunjukkan bahwa mereka yang bekerja sambil menggunakan headphone menunjukkan lebih cepat menyelesaikan pekerjaanya dan dapat memberikan ide yang lebih baik daripada mereka yang tidak, hal ini menunjukkan bahwa musik dapat mempengaruhi mood seseorang dalam bekerja. 

Saat seseorang bekerja di cafe atau di open space seseorang dapat menghindari suara berisik dengan pergi ke private room, namun apabila hal tersebut tidak tersedia maka headphone/headset adalah salah satu solusi bagi mereka.

Sesuatu yang Familiar memudahkan untuk Fokus
Dengan mendengarkan sesuatu yang familiar membuat otak kita tidak perlu lagi menerka-nerka terhadap apa yang akan datang berikutnya, hal ini membuat otak lebih fokus terhadap pekerjaan yang sedang dihadapi.

Ambient Musik adalah Spot Kreatif bagi Seseorang
Saat membutuhkan sesi kreatif dari diri-sendiri, seseorang kadang melakukan sesuatu yang menurut mereka dapat memberikan inspirasi, banyak cara ditempuh orang-orang untuk mencari sisi kreatif dari diri sendiri, misal melakukan meditasi, pergi ke pegunungan, pergi ke mall, jalan-jalan atau bahkan menyendiri disalah satu sudut ruangan dan mendengarkan musik favorit

Salah satu musik favorit penulis yang selama ini menemani bekerja dan menulis adalah jenis musik bergenre acoustic slow rock seperti dibawah ini, mudah-mudahan dapat menemani kamu dalam bekerja dan mencari sisi kreatif untuk lebih produktif.

One thought on “Apakah Musik dapat Mempengaruhi Produktivitas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *