Stranded Cover art

PASIVIC BAND Rilis Lagu Perdana Berjudul “Stranded”

PASIVIC adalah band rock yang dibentuk dari beragam kelompok musisi muda. Beranggotakan Patra (penyanyi), Ridho (gitaris), David (gitaris), Ary (bassis), dan Fide (drummer), band ini terbentuk pada tanggal 20 Desember 2020.

Melalui  “Stranded”, Pasivic ingin  mencurahkan keresahan tentang seorang anak muda yang sedang merasa terjebak dalam transisi ke dunia dewasa, atau dalam kata lain mid-life crisis seperti perasaan terjebak seperti warna abu yang tidak jelas hingga hitam yang membuta tidak tau arah. Lagu ini juga menggambarkan perasaan masing-masing personil Paisivic atas apa yang sedang mereka rasakan seperti keadaan terjebak, buntu, dan tidak terarah.

Keadaan  seperti ini juga menghantui lingkungan terdekat seperti teman, pasangan, keluarga, serta banyak anak muda yang sedang mengalami fase transisi pencarian jati diri.

“Pada awal tahun 2021, bermula dari gitar-gitaran di tongkrongan, saya menemukan melodi yang kata Ridho itu cukup catchy dan saya memainkannya berulang-ulang, lalu Ridho menyadari bahwa melodi yang telah Saya buat cocok untuk intro sebuah lagu. Di waktu yang sama akhirnya kami mencoba menyusun konsep lagu nya.” Ujar Patra.

Dengan karakter penulisan lirik yang menggambarkan nuansa gelap oleh Patra, di waktu yang bersamaan, Ridho menemukan riff  yang gelap untuk mengiringi nyanyian di bagian verse. Dalam waktu satu malam, gambaran besar lagu Stranded telah terbentuk.

Dalam kurun waktu yang cukup lama sejak struktur awal lagu ini terbuat, akhirnya lagu ini diaransemen bersama dengan personil yang lain pada pertengahan tahun. Karena merasa agak terlalu kaget jika langsung dimulai dengan melodi gitar sebagai intro, dibuatlah seperti jamming singkat sebagai pembuka lagu ini dengan Ary yang membuat riff bass yang repetitif dan diiringi oleh Fide.

Setelah diaransemen secara bersama, akhirnya lagu ini mulai direkam di Legato Studio yang berlokasi di Bantul, DIY pada akhir bulan Oktober. Pada hasil pertama lagu ini, sempat terjadi beberapa revisi demi membentuk karakter band Pasivic itu sendiri.

Pasivic Band
Pasivic Band

“Kami ingin membuat nuansa yang terkesan penuh emosi dan dipenuhi oleh mood yang berubah ubah, diawali dengan suasana misterius, lalu penyesalan, hingga amarah akan sebuah kesadaran yang sedang terjadi.” Ujar Ridho dalam menceritakan secara singkat mengenai proses pembentukan lagu dan rekaman lagu Stranded.

Setelah semua take selesai, proses mixing dilakukan oleh Vicky sebagai sound engineer di Legato Studio bersama dengan Patra, Ridho, dan Ary. Lalu proses mastering dieksekusi secara mandiri oleh Vicky.

Dengan jadinya hasil akhir dari lagu Stranded, semua personil berkumpul untuk mendiskusikan cover art untuk lagu ini. Banyak ide yang ditampung dari banyak referensi, sampai akhirnya mereka sepakat untuk menggunakan gambar yang menunjukkan sebuah peta yang bertemakan bajak laut dengan bekas lipatan perahu kertas yang dibuka.

Cover art ini menggambarkan sebuah pelayaran pertama Pasivic yang digambarkan dengan perahu kertas yang berlayar menghadap ke atas sebagai bentuk langkah kecil yang menuju ke sesuatu yang besar. Dengan adanya gambar kompas yang berada ditengah peta menunjukan perjalanan Pasivic yang terarah. Cover art untuk lagu ini disketsa oleh Ridho dan disempurnakan dalam bentuk digital oleh Jordan Satya yang merupakan temannya Ary.

Single perdana Pasivic yang berjudul “Stranded” sudah bisa didengarkan mulai tanggal 21 Januari di seluruh digital streaming platform: Spotify, Apple Music, YouTube Music, Joox, dan lain sebagainya!

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)