7 kegiatan produktif yang bikin masa PSBB & karantina tidak membosankan

Himbauan dari pemerintah untuk membatasi segala aktivitas yang diluar rumah agar bisa menekan penyebaran dari virus Covid-19 membuat kita lebih sering melakukan aktivitas di dalam rumah, yang mana biasanya orang lebih sering keluar rumah bertemu dengan rekan, sahabat, pacar, namun sekarang semua dibatasi, kadang seringkali menimbulkan kebosanan.

Untuk mengusir rasa kebosanan, kita bisa melakukan berbagai aktivitas produktif di dalam rumah bisa berupa hiburan agar tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

Berikut diantaranya beberapa kegiatan produktif agar tidak bosan selama dirumah aja

7 kegiatan produktif yang bikin masa PSBB & karantina tidak membosankan

1. Menata Rumah Idaman Anda

Waktu luang adalah momen yang tepat untuk menata rumah idaman. Setelah kita sibuk bekerja dan hampir tidak memiliki waktu untuk menata rumah, namun saat pandemi ini dan himbauan dari pemerintah untuk dirumah saja maka kita memiliki waktu untuk sering berada dirumah, dan bisa menyempatkan waktu untuk menata situasi rumah.

Dimulai dari membersihkan halaman depan rumah agar terlihat lebih rapi dan bersih agar tidak mengganggu kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, halaman rumah yang tertata bersih juga akan mengurangi kelembaban yang bisa membuat udara menjadi lebih kotor dan rasa tidak nyaman.

Lanjutkan dengan memulai menata bagian dalam rumah kita. Rapihkan dan sisihkanlah barang-barang yang sekiranya sudah tidak Anda pakai. Sumbangkanlah barang tersebut dan pastikan masih layak untuk digunakan oleh orang lain.

2.  Aerobik atau yoga

Meski hanya berada di dalam rumah, kita juga tetap bisa berolahraga dan mendapatkan keringat agar badan tetap sehat, misalnya dengan melakukan aerobik / yoga dengan banyaknya panduan di video-video YouTube.

Cukup siapkan waktu yang luang, tempat, dan yang pastinya kuota internet jika ingin melihat panduan melalui YouTube, Kita pun dapat memperoleh keringat hanya dengan berada dirumah saja.

 

3. Membuat barang kerajinan

Anda pasti sering melihat barang-barang yang unik, misalnya tempat pensil, tempat payung, ataupun barang-barang kerajinan yang bisa menghasilkan uang.
Nah selagi banyak waktu dirumah bisalah dicoba atau mulai mengeksekusi membuat barang-barang yang dapat dijual, anda juga dapat melihat di YouTube untuk panduan membuatnya.

Siapa tahu, diam0diam anda berbakat membuat barang kerajinan yang selama ini anda angan-angankan, karena tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuatnya, misalnya membuat kotak make up, dream catcher, dan lainnya.

 

4. Memasak atau membuat kue

Meski memasak merupakan kegiatan umum yang sudah biasa abda dilakukan sehari-hari, namun hanya pada momen tertentu saja kan kita akan memasak atau membuat suatu makanan yang unik atau cukup memerlukan usaha.

Misalnya saat perayaan hari raya besar atau keagamaan di rumah, selain itu kita masak hanya sekadar untuk makan untuk sendiri ataupun hanya keluarga dan kerabat dekat saja dan menunya pun cenderung itu-itu saja.

Nah, saat ini Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membuat suatu sajian spesial yang sudah lama diinginkan namun belum memiliki waktu luang untuk itu.

 

5. Merawat diri

Ide kegiatan kelima adalah melakukan perawatan diri, mulai dari menggunakan masker atau sederet produk perawatan kulit lainnya yang banyak dan fungsinya berbeda pula yang biasanya tak pernah khatam Anda gunakan karena alasan keterbatasan waktu.

Sekarang, Kita bisa mengaplikasikan semua rangkaian perawatan yang mungkin memakan waktu banyak, karena pekerjaan pun bisa Anda kerjakan dari rumah.
Jadi, tidak masalah kan bekerja sembari ada selembar masker tertempel di muka? hehe

 

6. Mempelajari bahasa baru

Masa berdiam diri atau karantina di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari bahasa baru, misalnya dengan mengunduh aplikasi khusus bahasa yang banyak di internet

7.  Bernyanyi dengan karaoke online

Bagi kalian yang gemar bernyanyi, karaoke bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman selama mengurung diri di rumah tanpa harus melanggar kebijakan social distancing maupun physical distancing.

Nah saat ini ada aplikasi karaoke online yang unik dan menarik nih namanya Musigpro, aplikasi ini sudah tersedia di playstore, di fiturnya kita bisa bernyanyi lalu direkam oleh sistem kemudian dari sistem bisa menampilkan skor bernyanyi kita, wah menarik banget, di sistemnya terdapat sistem cerdas menggunakan Artifical Intelegent untuk menghitung skor yang kita dapatkan, selain itu ada kompetisi juga, jadi kita bisa ajak teman kita untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya bisa klik :

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)