8 Tips Agar Suara Bagus Saat Bernyanyi

Setiap orang kebanyakan suka dalam hal bernyanyi dan genre yang disukai pun macam-macam seperti POP, Reggae, Rock, Religi dan lain-lain. Namun banyak pula yang suaranya pas-pasan, yang penting bisa mengeluarkan suara sesuai genre musik yang disenanginya.

Karena memiliki suara yang bagus dan tidak fals saat bernyanyi merupakan suatu anugrah yang tidak dapat dilakukan oleh semua orang, selain itu tidak semua orang juga memiliki kepercayaan diri untuk bernyanyi dihadapan orang lain, entah takut suaranya tidak bagus ataupun yang lainnya.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar suara bagus dan tidak fals saat bernyanyi dengan beberapa teknik tertentu diantaranya

Tips Agar Suara Bagus Saat Bernyanyi

 

1. Melakukan Pernapasan dengan Benar

kantorpemuda.com

Melakukan beberapa latihan pernapasan dasar akan dapat membantu orang dalam mempelajari beberapa nada yang dapat dijangkau oleh suara kita.

Biasakan bernapas dari diafragma kita, dengan melakukan secara konsisten selama beberapa minggu akan mendapatkan perubahan yang lebih baik. Jangan bernapas dari dada, hal itu akan membuat kita terengah-engah. Jika kita bernafas dengan benar, bagian bawah perut kita akan berkembang, bukannya tulang rusuk kita.

 

2. Jangan memaksakan nada yang tinggi

British singer Adele performs the song “Skyfall” from the film “Skyfall,” nominated as best original song, at the 85th Academy Awards in Hollywood, California February 24, 2013. (Mario Anzuoni/Reuters)

Bila kita akan mencapai nada yang tinggi, pastikan jangan pernah memaksakan terlalu keras. Tenangkan diri kita dan biarkan dengan perlahan suara naik, tapi tetap kontrol suara kita. Jika kita terus menerus memaksakan nada yang tinggi, maka hasilnya justru mengeluarkan suara yang sumbang dan tidak enak di dengar.

Baca juga : 5 Cara Agar Tidak Stres di Tengah Pandemi Covid 19

 

3. Minum air putih yang banyak (bukan es/ yang dingin) atau teh hangat

gladinh.net.vn

Konsumsi minuman jenis ini merupakan hal yang terbaik untuk pita suara kita karena air membuat lembab atau melembabkan dan membantu menghilangkan kelebihan lendir yang berada di tenggorokan. Hindari minuman susu, minuman ringan, dan minuman sejenis lainnya karena ada kandungan laktosa dalam susu atau gula dalam minuman ringan akan dapat menyebabkan dahak dan lendir terbentuk di tenggorokan kita.

 

4. Latihan pemahaman frase

Pilihan waktu yang tepat untuk bernafas saat bernyanyi adalah antara frase, yaitu kelompok kata yang dinyanyikan secara bersama. Dalam tulisan biasa, frase seringkali dimunculkan dengan koma atau tanda baca lainnya, namun bisa saja tanda baca mungkin tidak ada di dalam lirik.

Pahami dahulu liriknya sebelum kita memulai untuk bernyanyi. Cari tahu dimana jeda yang bisa kita pergunakan untuk mengambil napas yang pas saat bernyanyi.
Latihan ini sangat penting, karena dapat membantu kita untuk mengetahui pengambilan jeda bernyanyi yang tepat tanpa harus menjadi tegang tidak nyaman, terengah-engah atau kehabisan napas.

 

5. Rileks

squrespace.com

Tips yang kelima adalah rileks, bangun rasa santai tidak tegang saat sebelum kita mulai bernyanyi, karena nada vokal yang tegang bisa membuat kita bahkan tidak menyentuh nada-nada, khususnya nada tinggi dengan baik. Biasakan rutin latihan vokal seperti mengucapkan “Ma… ma… ma…” dengan nada yang berbeda. Lakukan latihan ini setidaknya selema beberapa menit saja.

 

6.  Kontrol dan skala vokal

Skala yang dimaksudkan dalam hal ini adalah serangkaian nada yang dinyanyikan secara berurutan naik dalam nada, lalu kemudian kembali ke bawah. Latihan suara dengan mengikuti skala tertentu dapat menyesuaikan kontrol vokal yang tepat.
Latihan ini biasanya dikenal dengan nama solfa, kependekan dari solfege, yang kita kenal sebagai skala “do remi”.

Baca juga :

 

7. Nikmati diri saat kita bernyanyi

parenting.orami.co.id

Dan salahsatu yang paling penting adalah ini yaitu nikmati diri saat kita bernyanyi jangan tertekan, tunjukkan kepercayaan diri kita dengan sedikit tersenyum, jangan senyum-senyum sendiri juga tapi nanti dikira gila . hehe
Bernyanyi dan bersenang-senanglah

 

8.  Latih dan rekam suara saat bernyanyi

Biasakan untuk merekam suara kita saat bernyanyi yang bertujuan untuk mengetahui apakah suara kita terdengar enak atau tidak, nah saat ini sudah tersedia pula aplikasi yang namanya Musigpro, di aplikasi tersebut sudah terpasang sistem pintar menggunakan Artifical Intelegent, yang dimana saat kita bernyanyi kemudian direkam, maka suara kita akan diberikan skor oleh sistem tersebut, menarik banget

Tidak hanya itu, kita juga dapat membagikan atau bersaing dengan teman kita, seberapa tinggi skor yang di dapatkan & like yang di dapatkan pula setiap kita bernyanyi lalu direkam

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba untuk anda yang gemar bernyanyi tapi suara pas-pasan agar suara anda menjagi lebih bagus.
Apakah anda punya pengalaman tersendiri untuk melatih vokal agar ketika anda bernyanyi suaranya menjadi lebih bagus ?

 

Semoga bermanfaat

 

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)