singdawa single lagu

Artis: Singdawa Single: Kala – Galih

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata “Kontemplasi” bermakna “renungan dan sebagainya dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuh”. Yang lalu dielaborasi lagi dalam Kamus Webster: “digunakan sebagai pemikiran/diskusi dalam mencari solusi dalam menjalani hidup”. Lalu apa hubungannya dengan single terbaru ensemble tiga musisi dream pop asal Jakarta ini? Seperti single-single SINGDAWA sebelumnya, tema single teranyar mereka berikut ini masih berkisar pemikiran dan renungan bersifat kontemplasi seperti definisi di awal tulisan ini.

Tema boleh masih senafas, namun kali ini jauh lebih unik. Karena SINGDAWA merilis sekaligus dua lagu sebagai karya terbaru mereka. Dua lagu yang bila kita simak bergantian, akan terasa koneksinya. Ada sebuah diskusi yang terjadi antara masing-masing lirik di dua lagu bertajuk Kalla dan Galih ini. Keduanya dipersonifikasikan bagai sepasang kembar, yang melakukan perenungan atas hidup masing-masing.

Terpapar jelas proses pemikirannya, dialogis, hingga menawarkan sebuah konklusi. Berangkat dari baris lirik di Kalla yang memunculkan layaknya hidup setiap manusia… problematika:

Kala bayang gelap menghampiri….
Membawaku pergi dan terus mendekat
Kepada sang Gamang….

Mereka berdialog, Galih pun mencoba menenangkan sambil menawarkan konklusi yang pastinya tak bersifat dogma:

Semua waktu kelam membuatku melagu….
Mungkin baik tuk menghilang….
Janganlah gelisah
Hidupmu kan tenang
Baik, ku kan menghilang….

Walau atmosfer puitis sangat kental di lirik kedua lagu tersebut, tapi maknanya begitu telanjang dan jujur. Bahwa kadang konklusi dari banyak problem, faktanya cenderung untuk berdamai, mengambil jalan tengah, tanpa keriuhan, dan legowo dengan menghilang. Percakapan dialogis dua lagu yang sebenarnya sering terjadi di benak pribadi satu orang. Dalam bentuk perenungan dalam mencerna setiap hal dalam masalah yang dialami, berharap mampu menemukan titik solusinya. Begitulah kontemplasi.

Berat? Bisa jadi iya, bisa juga tidak karena begitulah realitas kita ketika menjalani hidup. Perwakilan dua sosok kembar Kalla dan Galih, selalu terjadi kok di pemikiran kita. Puitis, kontemplatif, begitu heavy… semua dibalut dalam musikalitas yang spacy khas dream pop. Dua lagu terpisah, namun diikat tema lirik dan warna musik di dua lagu tersebut.

Seakan ingin ikut menyeret kita audiens-nya untuk turut terlibat di dialog dua karya hasil cipta Reza (gitar, vokal), Aldhan (kibord, vokal), dan Nessa (sampler, vokal). SINGDAWA dengan cerdas menghantui kita audiens tanpa harus merasa terganggu. Malah keasyikan terlarut dalam lagu-lagu ini.

Lagu Cinta: Rio Adiwardhana Luncurkan Single Ke 5 Dan 6 Berjudul ” Bila Kau Dan My Love Song”

“Kami akan berproses lewat rilisan-rilisan single sejak awal… Selalu berjudul nama-nama manusia dengan tema masing-masing. Hingga akhirnya terkumpul untuk siap dijadikan album perdana kami mendatang,” jelas Singdawa. Pernyataan yang juga kesadaran bahwa ada ikatan kuat di antara tiga personel SINGDAWA, walau mereka sempat membubarkan diri di tahun 2021 karena masalah internal. Setahun berlalu, masing-masing menyelesaikan masalah pribadi masing-masing, akhirnya sepakat berkumpul dan berkarya bersama lagi sebagai SINGDAWA.

Padahal faktanya, mereka masing-masing pun dikenal sebagai session player dengan skedul yang super ketat. Aldhan di RAN, Reza bersama The Panturas, dan Nessa selalu jadi langganan backing vocal-nya Danilla. Namun komitmen lah yang mendudukkan mereka untuk tetap konsisten dan menyempatkan waktu untuk SINGDAWA . Yup, SINGDAWA pun akan terus berproses, dengan terus menikmati tiap momen dalam proses tersebut. Maka mari kita nikmati proses-proses tersebut lewat karya-karya SINGDAWA.