MuSigPro

Categories

Belajar Vokal Dasar Bersama MuSigPro Singing Academy
KURSUS VOKAL

Belajar Vokal Bersama MuSigPro Part 1: Teknik Pernapasan

Belajar Vokal bersama MuSigPro Vocal Academy. Vokal merupakan unsur yang berasal dari manusia, yakni berupa alunan nada-nada yang dihasilkan, dan dapat dimainkan tanpa bantuan alat musik apapun. Vokal dapat diolah sehingga dapat menghasilkan suara-suara yang baik dan jelas. Pengolahan vokal inilah yang kemudian kita kenal dengan teknik vokal. Dalam Ilmu Vokal Dasar, ada dua faktor penting yang harus dipelajari atau diketahui seseorang sebelum berlatih bernyanyi, yaitu: teknik pernapasan dan placement.

Pernapasan

Pernapasan merupakan sebuah teknik dalam belajar vokal yang digunakan untuk mengatur seberapa banyak udara yang masuk dan keluar dalam mengucapkan kata atau kalimat. Pernapasan sangat penting dalam bernyanyi, karena ketika bernyanyi udara yang dibutuhkan cenderung lebih banyak digunakan untuk mengatur kestabilan suara. Terdapat tiga teknik pernapasan, yakni teknik pernapasan dada, teknik pernapasan perut, dan teknik pernapasan diafragma.

Teknik Pernapasan Dada

Pernapasan dada adalah teknik pernapasan dalam belajar vokal yang melibatkan otot antar tulang rusuk. Teknik pernapasan dada mengharuskan kamu untuk mengisi udara dalam paru-paru bagian atas dengan cara membusungkan dada pada saat kamu menarik nafas. Dengan pernafasan dada, kamu akan menghasilkan nada-nada rendah. Namun kelemahan menggunakan pernafasan ini adalah, kamu akan menjadi cepat lelah dan kehabisan nafas.

Breathing Exercise
Breathing Exercise

Selain itu, jika kamu menggunakan pernapasan dada, kamu akan kesulitan mengambil nafas lagi jika sudah kehabisan nafas. Oleh karena itu, pernafasan ini kurang cocok digunakan saat bernyanyi.

Teknik Pernapasan Perut

Untuk Belajar Vokal, teknik yang perlu dipelajari selanjutnya adalah pernapasan perut adalah teknik pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Teknik pernafasan perut mengharuskan kamu untuk membuat perut menjadi besar atau mengembungkan perut sehingga dapat diisi udara. Untuk melakukan teknik ini, kamu bisa menarik nafas sedalam-dalamnya dan menahannya hingga beberapa detik supaya perutmu bisa mengembung.

Kemudian hembuskan secara perlahan-lahan melalui mulut selama beberapa detik. Lakukan secara berulang dengan menambah durasi waktu di setiap kali pengulangan. Dengan pernafasan perut, kamu akan menghasilkan suara yang sangat nyaring saat bernyanyi. Namun kelemahan menggunakan pernapasan perut adalah udara yang sudah kamu simpan didalam perut akan cepat habis sehingga kamu akan cepat letih. Oleh karena itu pernafasan ini kurang efektif untuk kamu gunakan saat bernyanyi.

Teknik Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma adalah teknik belajar vokal dengan mempelajari pernapasan yang terjadi akibat adanya kontraksi dan relaksasi otot-otot diafragma. Pernafasan diafragma atau pernapasan rongga perut ini sangat cocok digunakan untuk bernyanyi. Dengan menggunakan pernafasan rongga perut, kamu akan menghasilkan suara yang murni. Nafas yang dihasilkan lebih panjang dan ringan dibandingkan dengan menggunakan pernafasan yang lainnya.

Teknik ini mengharuskan kamu untuk menekan diafragma sehingga posisinya menjadi datar. Saat posisi diafragma datar, rongga dada dan rongga perut akan menjadi longgar dan membuat volume menjadi bertambah. Dengan demikian, udara dari luar dapat masuk ke paru-paru dan nafas yang keluar pun dapat diatur oleh otot diafragma.

Untuk melakukan teknik pernafasan ini, kamu perlu menarik nafas sedalam-dalamnya dan mendorong perut sejauh mungkin agar kamu bisa mengisi rongga perut kamu dengan udara. Kemudian hembuskan secara perlahan dan tarik nafas lagi tanpa merubah posisi pundak atau tanpa menggerakkan pundak kamu. Otot yang digunakan hanya otot diafragma jadi otot yang lain seperti pundak, dada dan wajah harus tetap lemas.

gabung sekarang: Kursus menyanyi online bersama MuSigPro Vocal Academy

Keluarkan suara dengan mengeluarkan nafas dari paru-paru ke atas. kamu bisa melatih otot diafragma dengan berbagai cara, salah satunya dengan posisi berdiri dan meletakkan kedua tangan di atas perut. Tariklah nafas sedalam-dalamnya tanpa menggerakkan pundak kamu dan rasakan posisi perut kamu semakin terdorong ke depan. Hembuskan secara perlahan melalui paru-paru dan lakukan secara berulang.

Meskipun pernapasan diafragma ini boleh adalah teknik pernapasan yang paling efektif jika kamu ingin bernyanyi, tapi pernapasan ini bukanlah hal yang awam dilakukan oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa latihan/pemanasan pernapasan diafragma yang cukup mudah untuk dilakukan sebelum kamu latihan bernyanyi:

Tarik dan buang napas 20x dalam 1 set

Saat melakukan pernapasan perut, perut akan mengembang dan pundak tidak akan naik turun, ini untuk menandai jika pernapasan yang kamu lakukan adalah pernapasan perut. Lakukan latihan ini dalam beberapa set untuk mulai terbiasa dan menyadarkan otot perut. Latihan seperti ini akan mempermudah kamu ketika mempelajari vokal lebih lanjut

Tarik dan buang panjang nafas menggunakan bunyi “s”

Tarik dan buang panjang nafas menggunakan bunyi “s” (seperti mendesis) dengan berbagai macam variasi ketukan dan tempo. Misal: mengeluarkan napas dalam 8 hitungan dan dibagi ke dalam 4 ketuk suara “s”, mengeluarkan napas dalam. Cara ini juga jangan sampai kamu lupakan ketika kamu belajar vokal

Tarik dan buang napas panjang dan putus-putus.

Selanjutnya yang perlu dipelajari dalam belajar vokal, adalah dengan buang napas panjang dan putus-putus, untuk mempermudah kamu bisa menggunakan huruf vokal dalam mengeluarkan suara, tapi ingat, masih menggunakan pernapasan perut ya. Misal: tarik napas dan keluarkan panjang dengan vokal a “aaaaaaaaaaaaaa”, atau putus-putus “a a a a a a a a a a”, dst.

Lip Thrill.

Cara belajar vokal dan pernapasan berikutnya yakni dengan melakukan lip trill. Bagi yang belum tahu, lip trill dilakukan dengan cara menggetarkan bibir. Tujuan melakukan lip trill adalah agar suara yang dikeluarkan tidak cempreng. Cara melakukan lip trill memang gampang-gampang susah. Pertama tarik napas panjang sembari rapatkan bibir, lalu lakukan lip trill. Caranya dengan mengalirkan udara melalui celah bibir hingga bibir bergetar dengan cepat. Jika sudah bisa, kalian bisa melakukan lip trill sembari bernyanyi semua nada naik turun sesuai rentang vokal. Kalian juga diperbolehkan bersenandung jika kesulitan melakukan lip trill. Cara ini berguna untuk memindahkan sumber suara dari tenggorokan ke mulut.

Lip Thrill Exercise
Lip Thrill Exercise, Source : Freepik

Bagi anda yang ingin mengikuti kursus vokal bersama MuSigPro Vocal Academy anda dapat mengisi form dibawah ini. MuSigPro Vocal Academy terbuka untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga remaja, para peserta akan dilatih oleh vocal coach profesional dengan biaya terjangkau dan didukung dengan aplikasi MuSigPro sebagai supporting toolsnya, peserta juga akan mendapatkan kurikulum MuSigPro Vocal Academy yang berstandard internasional. Daftarkan dirimu sekarang dengan mengisi formulir dibawah.


3 thoughts on “Belajar Vokal Bersama MuSigPro Part 1: Teknik Pernapasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *