MuSigPro

Categories

Belajar Vokal Bersama MuSigPro Part 2: Placement
KURSUS VOKAL, Tips bernyanyi

Belajar Vokal Bersama MuSigPro Part 2: Placement

Placement adalah keadaan dimana kita merasakan sensasi getaran dari suara kita dan pengaruhnya terhadap bunyi yang dihasilkan yang mempengaruhi teknik vokal kita. Placement atau cara penempatan suara dalam vokal, pada dasarnya dipengaruhi oleh cara rongga mulut dalam mengarahkan suara ke bagian rongga tertentu atau yang disebut bagian resonansi. Resonansi merupakan proses yang sangat penting untuk menentukan kualitas suara yang kita hasilkan juga bagaimana proyeksinya ke luar. kamu bisa melihat pada gitar akustik terdapat lubang pada badan gitar tersebut, itulah yang dikenal sebagai ruang resonansi. Suara manusia, dibandingkan dengan sebagian besar instrumen akustik, mempunyai keistimewaan yaitu ruang resonansi. Ruang ini meresonansikan vocal tone atau nada suara. 

Saat udara dari pernafasan diafragma ditembakkan, maka udara tersebut akan menggetarkan pita suara dan mengeluarkan bunyi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan seorang penyanyi adalah menempatkan udara yang baru saja ditembakkan tadi ke daerah resonansi yang benar. Daerah yang dimaksud terletak di seantero tengkorak manusia.

baca juga: 5 Vokal Remover terbaik

Terdapat beberapa ruang resonansi di tengkorak manusia. Sekitar hidung, rahang bawah, rahang atas, sekitar tulang baji, tengkorak belakang. Daerah resonansi yang benar adalah sekitar tulang baji, didepan, ke atas sedikit dari titik antara dua mata. Jikalau salah penempatan maka suara yang diproduksi juga akan salah, seperti pada orang kebanyakan. Placement sekitar hidung mengakibatkan suara hidung. Placement sekitar rahang bawah mengakibatkan suara rahang. Placement di tengkorak bagian belakang mengakibatkan suara yang mendem di belakang.

Penggunaan register

Pada tubuh manusia sudah terdapat 3 register yang dapat dipakai untuk menyanyi. Penggunaan register yang tepat mutlak dibutuhkan agar seorang penyanyi tidak kesulitan saat membunyikan nada.

Register Bawah atau Register Dada. Register yang dipakai saat mencapai nada-nada rendah, menghasilkan chest voice atau suara dada. Register ini dipakai dengan cara menekan dan mengembangkan bagian dada saat bernyanyi. Register ini membuat nada-nada rendah menjadi lebih besar, hangat dan mudah dicapai.

Register Tengah. Register ini otomatis terpakai saat seseorang bernyanyi. Tidak perlu ada usaha tertentu untuk menggunakan register ini.

Register Atas atau Register Kepala adalah register yang harus dipakai saat mencapai nada-nada tinggi, atau tinggi sekali, menghasilkan head voice atau suara kepala. Register ini digunakan dengan cara merelaksasi seluruh komponen pembentuk suara sehingga suara seolah-olah loss ke kepala. Suara yang terproduksi saat menggunakan register atas biasa disebut Falsetto. Jenis suara ini jika didukung dengan pernafasan (support) yang sangat kuat maka akan menjadi semi falsetto yang sangat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *