voxxes without you

Voxxes Mengajak Audience Mengenang Memori dalam Lagu “Without You”

Voxxes, grup band aliran Pop yang memiliki gaya kebebasan dalam memproduksi karyanya, juga dikenal erat mengusung roman sebagai tema besar menjadi harapannya dalam mengekspresikan cinta melalui karya-karyanya. Setelah menutup tahun 2022 dengan ‘Paris’ sebagai single kedua menuju album perdana, kini Voxxes kembali merilis single teranyar bertajuk ‘Without You’. Berbeda dengan single sebelumnya, ‘Without You menjadi kali pertama Voxxes membangun memori kepada orang-orang yang sudah tidak bisa menghabiskan waktunya dengan orang tersayang.

“Single ini akan jadi lagu sedih pertama dari album ‘Zero Hour’. ‘Without You’ sengaja akan dirilis mendekati Hari Valentine Karena lagu in merepresentasikan orang-orang yang penuh dengan memori baik di Bulan Kasih Sayang In.” Jelas Zhafari. Ditulis oleh Qashmal Zhafari, ‘Without You’ menggambarkan proses seseorang yang tengah membiasakan diri dalam kesendiriannya tanpa seorang pasangan di sampingnya. ‘Without You’ tertulis dan disenandungkan dengan syahdu dan sendu membawa single ketiga Voxxes sebagai warna baru dalam album perdananya mendatang.

Meski memiliki makna lirik yang sendu, ‘Without You’ menjadi materi yang menarik dan segar dengan adanya balutan musik yang menyenangkan. ‘Without You’ dipersembahkan sebagai narasi klasik dari kisah patah hati seseorang dengan rangkaian synthesizer serta hook yang menyenangkan dan menarik perhatian. “Beda sama dua single sebelumnya yang punya warna cerah, ‘Without You’ ini jadi yang paling moody dari sisi materi. Lagu ini bisa dibilang lagu upbeat, tapi punya makna dan rasa yang sedih secara nada dan lirik.” Jelas Zhafari.

Abby, gitaris dari grup musik yang telah menelurkan satu buah EP ini juga mengungkapkan bahwasanya lagu terbaru mereka cocok dinikmati ketika pendengar sedang merasa rindu dengan seseorang namun telah berada di fase yang tepat untuk mengikhlaskan. ” ‘Without You’ itu kalau menurut gua semacam treatment kita untuk menikmati kesedihan in a different way sih. Jadi mungkin kalau di fase kehidupan asli, lagu ini cocok buat didengerin pas lagi rindu dengan seseorang ketika kita udah di tahap ikhlas untuk merelakan”

Hal tersebut juga dipertegas oleh Tanjung sang keyboardist, “Secara lirik, memang lagu ini bisa dibilang yang paling sedih semenjak Cigarettes, mungkin lebih perih bahkan. Lucunya, lagu ini dibalut sama vibe yang gemas secara instrumennya”. Di sisi lain, RR yang merupakan produser dari semua karya-karya terbaik Voxxes memperjelas bahwa single terbaru mereka merupakan lagu yang cukup kuat secara penulisan materi. “ ‘Without You’ jadi salah satu lagu yang secara penulisan materinya memang enak banget sih” terang Tanjung.

“Lagu ini bisa dikategorikan sebagai lagu yang cukup easy listening. Selain karena aransemen musiknya yang mudah diterima, gua rasa ‘Without You’ sepertinya akan cukup relate dengan pengalaman orang-orang diluar sana”.  tambah Eky sang drummer. Dengan waktu produksi yang relatif cepat, ‘Without You’ disajikan secara matang dan penuh perhatian. Rekaman vokal Zhafari yang menghabiskan beberapa waktu untuk mendapatkan nuansa vokal yang maksimal menjadi salah satu tantangan terbesar di antaranya. Selain produksi musik, Voxxes juga masih menaruh perhatian besar dalam penyampaian lagunya melalui visualisasi artwork-nya, yang menggambarkan sepasang kekasih di tengah cerahnya kota Paris dengan sentuhan cahaya gelap pada visualnya sebagai gambaran bagaimana sebuah hubungan kerap berjalan.

Baca Juga Buat Lagumu Sendiri

“Artwork ini menggambarkan bahwa sebuah hubungan nggak selalu senang-senang aja, tapi juga ada kurangnya. Kalau nggak pas, pada akhirnya bisa selesai juga.” Jelas Zhafari. Single ketiga dari album ‘Zero Hour’ mendatang, ‘Without You‘ telah dapat dinikmati di seluruh layanan digital streaming platform yang juga akan segera diikuti oleh single terakhir Voxxes bertajuk ‘Spend the Night’ dari album pada Maret 2023 mendatang. Dengan dirilisnya Without You, besar harapan single ketiga Voxxes mampu menjadi penawar serta warna baru dari karya-karya Voxxes terdahulu. Selamat menikmati.

Written &Composed by  : Qashmal Zhafari

Arranged by                    : Qashmal Zhafari & Rayhan Rizki

Produced by                   : Rayhan Rizki

Guitars by                       : Abbyan Faizy

Bass by                           : Faris Rozaan

Drums by                        : Resky Pratama

Keys by                           : Rayhan Rizki

Vocals by                        : Qashmal Zhafari

Backing Vocals by         : Rayhan Rizki

Music Recorded at         : Malibu Studio

Vocal Recorded at         : SDP Studio

Operated by                   :  Faishal Tanjung & Rayhan Rizki

Mixed by                         :  Rayhan Rizki

Mastered by                   : Udana Studio

Performed by                 : Voxxes