Arya Novanda x Fariz RM
Arya Novanda x Fariz RM

‘Dat Thang’, Kolaborasi Iconic Arya Novanda dan Fariz RM

Satu lagi karya dari seorang pencipta lagu, gitaris, sekaligus vokalis asal Indonesia, Arya Novanda, yang telah merilis karya-karya luar biasanya di beberapa tahun terakhir. Kini, Arya berkolaborasi dengan Fariz RM dengan single berjudul ‘Dat Thang’. Lagu ini juga dirilis sebagai peringatan Hari Musik Nasional yang dirayakan di tanggal 9 Maret 2022 lalu.

Lagu ini merupakan kolaborasi pertamanya bersama Fariz RM yang dianggap oleh Arya merupakan ‘Disco Legend’. “Awalnya aku berekspektasi untuk kolaborasi di genre musik disko. Tapi setelah mengenal secara dekat, justru kita punya kesamaan influence di musik blues and funk juga rock and roll yang merupakan roots dari musik disko populer,” ungkap Arya.

Itulah kenapa akhirnya single ‘Dat Thang’ ini justru punya sentuhan blues and funk yang sangat kuat. Lagu menceritakan tentang gairah dan hasrat dari anak muda di gemerlap pesta kota dunia malam yang menggoda. Digarap selama kurang lebih 4 bulan, single ini dikatakan Arya sebagai penyatu pola pikirnya dengan Fariz RM. “Kolaborasi ini jadi penyatu pola pikirku dengan sosok Fariz RM. Dia tidak Cuma memainkan instrumen, tapi terlibat juga dalam proses komposisi dan membuat lagu ini jadi lebih bernyawa, dan menjadi musik yang otentik dan genre-less,” jelas Arya.

“Disamping itu, kolaborasi adalah salah satu cara untuk melanjutkan eksistensi pemusik sekaligus bertukar ilmu, junior belajar ke senior dan sebaliknya. Karena musik adalah suatu proses kesenian yang tak pernah berhenti sirkulasinya. Terus menjadi lintas generasi, baik dari sisi karya dan pendengarnya, tidak ada batasan usia,” lanjut Fariz RM.

Menurut Fariz RM, kolaborasi bersama ini terjadi karena mereka berdua punya selera musik yang sama ditambah lagi Arya merupakan sosok yang unik karena datang dari generasi milenial namun karya musik tahun 70-an banyak mempengaruhi karya-karyanya. “Sebagai pencipta lagu dan gitaris, dia punya metode yang tertata dan detail dalam penggarapan musiknya. Arya punya potensi yang luar biasa dan sungguh punya masa depan yang menjanjikan,” ujar Fariz RM.

Dat Thang merupakan single pembuka EP kolaborasi dari Arya Novanda dan Fariz RM yang akan dirilis tahun ini. EP ini nantinya juga akan dirilis secara internasional hingga penikmat musik dimanapun dapat mendengarkan dan menikmati karya-karya kolaborasi Arya Novanda dan Fariz RM”.

Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa ia akan merencanakan untuk berkolaborasi dengan Musisi Indonesia lainya“Harapan Arya dan Fariz adalah single ini bisa memberi warna baru di industri musik tanah air dan menjadi kado spesial di momen perayaan Hari Musik Nasional 2022” Single kolaborasi terbaru Arya Novanda bersama Fariz RM yang berjudul ‘Dat Thang’ sudah bisa didengarkan di seluruh digital streaming platform dan video music nya sudah di rilis di akun YouTube official dari Arya Novanda.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)