5 Genre Musik Terpopuler di Indonesia tahun 2021

Genre Musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya antara satu dengan lain. Musik juga dapat dikelompokan atau dikategorikan sesuai dengan kriteria yang lain, misalnya letak geografis. Sebuah genre dapat didefinisikan sebagai teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.

Musik tidak di pungkiri adalah merupakan salah satu hiburan menyenangkan bagi kebanyakan orang terutama di Indonesia, berbagai macam aliran musik mengisi setiap pendengar di masyarakat Indonesia, mulai dari aliran musik yang tenang, berirama, bahkan ada yang keras.

 

Tapi ternyata ada beberapa aliran musik yang populer di Indonesia seperti yang dikutip dari Musigpro, berikut ini

5 Genre Musik Terpopuler di Indonesia :

 

1. POP

Musik bergenre ini sangat digemari masyarakat, ada beberapa alasan mengapa musik ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, diantaranya adalah memang mungkin jenis musik ini sangat cocok dengan citarasa musik orang Indonesia yang suka dengan musik yang banyak mengambil corak dari genre-genre populer lain misalnya seperti beatnya, nadanya, serta liriknya juga disukai para kaum remaja, karena tema yang diangkat biasanya mengenai cinta, yaitu perasaan yang mendayu-dayu tentang menyukai lawan jenis. tema cinta biasanya didominasi oleh kesedihan dan kegalauan. hal ini merepresentasikan kondisi jiwa remaja yang masih labil dan dalam perkembangan menuju dewasa.

 

2. ROCK

Nah, berbeda dari musik POP, genre musik ini memiliki ciri khas dengan permainan alat musiknya yang menghentak dan juga energik ini. Banyak penggemar musik rock di Indonesia ini terutama pada kalangan remaja, bahkan musik ini tidak hanya sekedar musik saja, bahkan hingga mempengaruhi gaya mode remaja kekinian pula.

Band yang memiliki genre rock ini pun cukup banyak di Indonesia, diantaranya, Kotak, Netral, Jamrud, dan masih banyak yang lainnya.

 

3. REGGAE

Genre musik populer di Indonesia berikutnya adalah Reggae, genre musik reggae ini dipopulerkan oleh Bob Marley, dan berkembang pesat di Indonesia. Sebagian besar penggemarnya pun menyasar ke kalangan remaja, memang bisa dibilang musik ini cocok untuk citarasa anak muda, banyak band beraliran reggae ini pun dari kalangan muda.

Dengan ciri beat musik yang patah-patah membuat genre ini memiliki ke khas an tersendiri dan mudah dikenali.
Apalagi untuk genre musik reggae ini seperti memiliki warna khusus yakni merah kuning hijau yang mencolok bagi orang yang menyukainya, biasanya warna tersebut di gunakan untuk motif di baju, celana ataupun di topi.

 

4. METAL

Selain genre musik yang menghentak yaitu rock, ada genre musik lain dan memiliki tingkat permainan musik yang cukup sulit yaitu Metal, oleh sebab itu banyak orang yang sangat menggemari musik ini karena musik jenis ini yang memiliki nada yang keras dan juga rumit sangat cocok dijadikan untuk lagu pembangkit semangat. Musik metal ini juga memiliki subgenre yang cukup banyak juga seperti deathmetal, metalcore, dan lainnya.

Dan band-band metal ini juga beberapa memiliki nama yang cukup unik pula, bahkan beberapa sudah ada yang go Intenasional pula, contohnya band Siksa Kubur, band metal yang berasal dari jakarta ini mendapat perhatian khusus di dunia underground Internasional di Singapura dan Malaysia.

Selain itu ada band metal bernama Death Vomit, band metal asal kota Yogyakarta ini berhasil menggebrak kota Perth, Geelong, Sydney, Melbourne, dan Brisbane September 2010. Bersama band metal raksasa dunia seperti, Napalm Death dan Dying Fetus.

 

5. DANGDUT

Nah, memang jenis lagu yang satu ini sudah bukan rahasia lagi bagi rakyat Indonesia karena genre yang populer ini merupakan genre musik yang original asli dari Indonesia, dan tentunya banyak sekali penggemar dangdut yang bertebaran di Indonesia, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua.

 

Selain kelima genre musik diatas, masih banyak lagi genre musik lainnya yang ada di Indonesia, dan yang terpendting kita harus terus mengapresiasi dan mendukung karya musik lokal Indonesia agar semakin berkembang.

Diantara bentuk dukungan bisa berupa hafal dengan lagu-lagu karya Indonesia, bukannya malah menghafal lagu-lagu karya orang luar, salahsatu cara asik untuk menghafal lagu-lagu karya anak negeri adalah dengan bernyanyi, bernyanyi akan asik jika kita rekam kemudian kita dengarkan kembali suara kita.

Ada aplikasi menarik juga nih, bernama Musigpro, di dalam aplikasi tersebut juga telah terpasang sistem pintar menggunakan Artifical Intelegent, yang dimana saat kita bernyanyi kemudian direkam, maka suara kita akan diberikan skor oleh sistem tersebut, menarik banget

Tidak hanya itu, kita juga dapat membagikan atau bersaing dengan teman kita, seberapa tinggi skor yang di dapatkan & like yang di dapatkan pula

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)