Persiapan Mengikuti Lomba Menyanyi
Persiapan Mengikuti Lomba Menyanyi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Kompetisi Menyanyi

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Kompetisi Menyanyi – Dalam menyanyi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mengikuti kompetisi di Musigpro dengan baik. Menyanyi bukan hanya sekedar menyanyikan puisi. Penyanyi yang baik juga harus bisa menjaga sikap ketika sedang berkompetisi. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat mengikuti Kompetisi Menyanyi di MuSigPro Indonesia.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Kompetisi Menyanyi

1.      Sikap Badan

Selalu perhatikan postur tubuh Anda saat bernyanyi di MuSigPro. Dalam posisi berdiri atau posisi duduk, kita harus bisa menjaga postur tubuh. Dengan postur tubuh yang baik, kita akan mendapatkan kemudahan dalam proses bernafas. Dengan begitu, suara yang kita keluarkan akan terdengar bagus.

2.      Pernapasan

Pernapasan juga merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan saat bernyanyi. Bernapas saat bernyanyi sangat berbeda dengan bernapas saat berbicara sehari-hari. Kita harus bisa mengontrol nafas saat bernyanyi, ini bertujuan agar kita tidak kesulitan menyanyikan lagu dari awal sampai akhir. Berikut pernapasan yang perlu Anda perhatikan:

  • Pernapasan dada, pernapasan dengan mengisi udara di paru-paru bagian atas. Napas ini cenderung pendek dan tidak tepat untuk bernyanyi, terutama saat menyanyikan lagu bernada tinggi.
  • Pernapasan perut, pernapasan dengan cara membuat perut berlubang agar udara luar bisa masuk. Pernapasan ini juga tidak tepat untuk menyanyi, karena akan membuat kita cepat lelah.
  • Pernapasan diafragma, yaitu pernapasan saat diafragma mengencang atau mengencang (lurus), maka rongga dada dan rongga perut menjadi kendur, sehingga volumenya bertambah. Pernapasan adalah yang paling cocok digunakan saat bernyanyi.

3.      Pembentukan Suara

Kita juga harus memperhatikan pembentukan suara dalam bernyanyi. Proses pembentukan suara erat kaitannya dengan teknik pernapasan dalam bernyanyi. Yaitu pernapasan perut, dada, dan diafragma. Kita harus bisa menentukan pernapasan mana yang tepat, agar proses pembentukan suara berlangsung dengan baik dan benar. Dengan pembentukan suara yang tepat, suara yang dihasilkan saat bernyanyi akan terdengar dengan maksimal.

4.      Pengucapan (Artikulasi)

Dalam bernyanyi pengucapannya harus jelas, agar puisi yang dilantunkan terdengar bagus dan dapat dipahami oleh semua orang. Mulut harus terbuka lebar saat bernyanyi. Terkadang kita malas membuka mulut saat bernyanyi, sehingga suara yang keluar tidak jernih. Oleh karena itu, artikulasi saat menyanyi harus dilakukan secara rutin.

5.      Resonansi

Resonansi adalah penguatan suara dari suatu sumber. Dalam bernyanyi, yang dimaksud dengan resonansi adalah penguatan atau penguatan getaran suara dari pita suara.

6.      Vibrato Atau Vibrasi

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pelepasan getaran dalam suara. Teknik getaran digunakan untuk menunjukkan jiwa dari sebuah lagu yang kita nyanyikan. Hal ini juga memudahkan kita untuk mencapai nada tinggi dalam sebuah lagu. Oleh karena itu, kita harus melatih getaran.

Lagu Yang Cocok Dinyanyikan Saat Berkompetisi Di MuSigPro

Armada – Asal Kau Bahagia

Siapa yang tidak mengenal lagu ini dengan ritme yang lambat. Dirilis oleh salah satu band ternama dalam negeri, kamu bisa memilih lagu ini untuk karaoke pertamamu. Band beranggotakan lima orang dengan vokalis Rizal itu juga berhasil menyuguhkan lagu-lagu yang paling sering dinyanyikan di tempat karaoke. Hal ini karena selain enak didengar, lagu ini juga sangat mudah dinyanyikan dengan suasana mellow.

Baca Juga: Apakah Musik dapat mempengaruhi Produktivitas

Yura Yunita Ft. Glenn Fredly

Penyanyi lama Glenn Fredly juga sukses berkolaborasi dengan penyanyi baru dalam membawakan lagu hits ini. Bersama Yura Yunita menyanyikan lagu berjudul Cinta dan Rahasia membuat lagu ini juga sukses menarik perhatian publik. Anda dapat dengan mudah menyanyikan lagu ini dengan ritme yang lambat dan suasana yang lembut bersama teman-teman Anda.

Firman – Kehilangan

Salah satu peserta yang pernah mengikuti ajang kompetisi menyanyi di MuSigPro juga bisa dijadikan pilihan dengan lagunya yang berjudul Kehilangan. Lagu bertema cinta ini bisa membuatmu mudah menyanyikannya.

Demikian ulasan artikel tentang hal yang perlu diperhatikan saat mengikuti Kompetisi Menyanyi, semoga bermanfaat.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)