Teknologi AI dalam industri musik

Launching Teknologi AI Terbaru dalam Industri Musik oleh MuSigPro

Kemajuan teknologi digital telah merambah kedalam industri musik rupanya, mulai dari proses produksi musik, proses mixing dan mastering hingga dalam management industri musik sendiri tak lepas dari teknologi. Musisi dan pebisnis industri musik akhirnya harus ikut beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk menambah pundi-pundi pendapatan mereka melalui sektor digital, karena beberapa sektor pendapatan konvensional secara drastis juga mengalami penurunan apalagi ditengah musim krisis seperti ini. 

Digital Era juga menembus sektor industri musik dalam perspektif berbeda, salah satunya peran artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia musik. Akan sangat tidak mungkin untuk melepaskan trend konsumen dalam industri musik, analisa trend bermusik akan lebih mudah dipahami oleh artificial intelligence daripada tenaga manusia, hal ini dengan mudah bagaimana anda temui ketika anda menggunakan platform streaming, AI dengan mudah menganalisa preferensi musik anda dan menyuguhkan musik yang sesuai dengan selera bermusik anda.

Berbicara tentang Peran Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan dalam industri musik, MuSigPro sedang meluncurkan teknologi baru yaitu kecerdasan buatan untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam bernyanyi. Teknologi ini dapat menilai kualitas tarik suara seseorang. 

MuSigPro sendiri berawal dari kreasi seorang peneliti dari NUS National University of Singapore yang membuat kecerdasan buatan.

Sistem kecerdasan buatan ini dibungkus dalam platform bernyanyi berbasis aplikasi, aplikasi tersebut dapat secara automatis dan objektif secara instant mengukur kemampuan bernyanyi seseorang dengan menganalisa banyak instrumen, salah satunya adalah karakter suara, nada, pitch dan power. 

Setelah melalui beberapa test melakukan kompetisi bernyanyi secara nasional maupun regional, akhirnya MuSigPro di akhir tahun 2022 ini melakukan launching teknologi terbarunya untuk ikut meramaikan industri musik yang ada. 

MuSigPro sendiri berkantor di Singapura dan memiliki basis data yang berlokasi di India, MuSigPro rencananya akan meramaikan industri musik untuk pasar asia tenggara, sedangkan negara pertama yang digarap adalah Indonesia mengingat penikmat musik dan pecinta seni tarik suara di Indonesia sangatlah banyak.

Setelah dikemas dalam bentuk aplikasi, MuSigPro memberikan gamification berupa kompetisi menyanyi, dari kompetisi menyanyi tersebut seseorang dapat mendapatkan AI Score dan popular score, AI score didapat dari intelligence machine yang memberikan score, sedangkan popular score didapat dari jumlah pendengar dan banyaknya tombol “like” yang di klik oleh orang lain. 

Gamification tersebut terbukti dapat memberikan engagement untuk beberapa user ataupun partner. Misal yang dilakukan oleh perusahaan roti terkenal di Indonesia yang mengadakan kompetisi lomba menyanyi dengan syarat membeli roti dulu sebagai pendaftaran keikutsertaan dalam mengikuti lomba. Contoh berikutnya adalah kegiatan lomba menyanyi yang dilakukan oleh kantor kedutaan Bandar Seri Begawan, Untuk mengadakan kompetisi menyanyi memperingati kemerdekaan RI dengan menargetkan seluruh WNI yang ada di Brunei Darusallam pastilah tidak mudah, tapi dengan tools yang dimiliki MuSigPro semua itu jadi mudah dan sangat efisien. Selain itu MuSigPro juga berpartnership dengan salah satu perusahaan karaoke yang ada di China, Perusahaan ini menggunakan teknologi MuSigPro dengan melakukan open ip ke central data MuSigPro yang ada di India. 

Untuk meningkatkan engagement user dan sekalian launching website serta aplikasi MuSigPro di Indonesia, MuSigPro mengadakan kompetisi menyanyi online berhadiah bekerja-sama dengan Beehive Creative. Kompetisi ini berjudul Jogja Singing Star. kompetisi menyanyi ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu audisi menggunakan aplikasi MuSigPro, sedangkan tahap kedua yaitu offline menyanyi pada acara food Festival yang diadakan di Mall Malioboro pada tanggal 1 Desember 2022. Buat anda para penggemar seni tarik suara dapat mengikuti acara ini secara gratis. Cara-cara mengikutinya sudah tersedia di Instagram musigpro.

Bagi anda para pelaku usaha yang ingin bekerjasama dengan musigpro bisa langsung klik website musigpro dan langsung klik contact us, untuk berdiskusi dengan kami.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)