MuSigPro

Categories

Tips Menyanyi
Tips bernyanyi

10 Tips Bagi Penyanyi Pemula Untuk Menjaga Kualitas Vokal

Kali ini kami akan membahas tips bagi penyanyi pemula untuk menjaga suara tetap prima, tips bagi penyanyi pemula berikut telah disarankan oleh Michael J. Pitman, MD, dari New York Eye and Ear Infirmary, untuk membantu para penyanyi menjaga suara mereka dalam kondisi yang baik. Dia adalah seorang pengamat kesehatan suara dari Amerika Serikat

Minum Hingga 8-10 Gelas Air Putih (bukan minuman yang mengandung kafein)

Air mengencerkan lendir Anda dan melumasi pita suara Anda seperti minyak melumasi mesin mobil. Lendir yang kental menyebabkan gesekan dan trauma pada pita suara. Lebih banyak air, lebih sedikit gesekan, lebih sedikit trauma, suara lebih baik.

Pemanasan Suara Secara Teratur

Pemanasan sederhana direkomendasikan, terutama untuk audisi dan pertunjukan (seperti pelari yang melakukan pemanasan untuk maraton). Lebih baik lagi, ambil pendekatan musik klasik: lakukan glissandos (skala menurun) dan staccatos (latihan pernapasan bersela) dan messadivoce (mengendalikan intensitas volume).

Istirahatkan Pita Suara Anda

Suara Anda perlu istirahat, sama seperti Anda. Jadi, temukan waktu tenang setiap hari – terutama jika Anda sedang tur.

Tidur yang Cukup

Kedengarannya seperti akal sehat — dan memang begitu. Semakin banyak tidur yang Anda dapatkan, semakin Anda akan terjaga dan memiliki lebih banyak energi untuk pertunjukan.

Jangan Merokok

Merokok tidak baik untuk kesehatan pita suara
Merokok tidak baik untuk kesehatan pita suara

Secara medis memang telah diketahui bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan, selain itu merokok juga tidak bagus bagi kesehatan pita suara.

Gunakan Mikrofon Anda secara Baik dan Tepat

Tidak perlu bernyanyi di belakang ruangan. Biarkan mikrofon menjadi keras untuk Anda. Menggunakan mikrofon mencegah ketegangan suara Anda. Memastikan teknik memegang mikrofon juga penting (Jarak dekat dan jauhnya bibir dengan mikrofon) 

Monitor Suara dengan Tepat

Anda perlu mendengar diri Anda sendiri untuk mendapatkan umpan balik vokal. Gunakan monitor lantai atau monitor telinga untuk mengetahui seperti apa suara Anda, seperti apa suara band. Anda mungkin bernyanyi lebih keras dari yang Anda butuhkan dan membuat suara Anda tegang.

Kembangkan Teknik Menyanyi Anda

Pelatihan vokal tidak akan mengubah gaya Anda. Ini akan memperkuat suara Anda dan memungkinkan Anda untuk bernyanyi lebih lama, lebih keras, lebih sering dan tanpa kelelahan. Pelatihan vokal akan membantu Anda menjadi atlet vokal.

Kembangkan Suara Berbicara Anda sesuai Suara Nyanyian Anda

Anda berbicara 99% dari waktu dan bernyanyi 1%. Suara berbicara yang buruk sering menyebabkan ketegangan vokal yang akan terbawa ke dalam suara nyanyian Anda. Ini benar terutama dalam tur, saat memberikan wawancara radio dan media lainnya.

Yang Terpenting, Dengarkan Suara Anda

Seperti atlet lainnya, Anda akan menjadi orang pertama yang tahu kapan masalah dimulai. Jika suara Anda sakit, mundurlah. Ubah set Anda. Pilih lagu yang bisa Anda nyanyikan tanpa melelahkan suara Anda.

Demikian 10 tips apabila ingin memiliki suara yang bagus, dan merawat kualitas suara, anda dapat menemukan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan cara memperindah suara di musigpro.com

4 thoughts on “10 Tips Bagi Penyanyi Pemula Untuk Menjaga Kualitas Vokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *