MuSigPro

Categories

Tips Menjadi Influencer - MuSigPro
Lain-lain, Tips bernyanyi

7 Tips Menjadi Influencer di Industri Musik yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Kamu mau menjadi influencer musik yang sukses? Menjadi influencer musik memang menyenangkan, tapi apakah kamu siap untuk mengerahkan semua waktu dan usahamu untuk mencapai cita-citamu menjadi influencer musik? Karena menjadi seorang influencer sosial itu tidak mudah, apalagi disalah satu industri yang sangat fleksibel seperti musik dimana kamu dihadapkan pada banyak preferensi dan genre yang berbeda.
Namun semuanya worth to try, karena menjadi influencer dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Menjadi influencer adalah pekerjaan yang menguntungkan secara financial dan memberikan anda keleluasaan secara waktu dan personal.
Jika kamu seorang penggemar musik sejati, tidak akan menjadi hambatan bagimu untuk mendedikasikan sepenuhnya pada proses ini, karena tim redaksi MuSigPro telah merangkum 7 tips yang cukup praktis buat kamu yang ingin menjadi influencer musik terkenal. 

Hidup dengan Musik

Sebelum kamu memastikan diri ingin menjadi influencer musik, kamu harus mendedikasikan 100% hidupmu untuk musik. Kamu harus selalu update dengen perkembangan musik terbaru, selain itu kamu harus memperdalam understandingmu tentang dunia musik dengan memperbanyak membaca berita, artikel, majalah atau apapun yang memungkinkan untuk menambah pengetahuanmu tentang musik. Hal ini diperlukan bukan hanya untuk mencari sesuatu yang baru namun juga untuk mencari tahu aktifitas kompetitior terdekatmu saat ini.
Selain itu lebih baik kamu mempersempit fokusmu kedalam beberapa genre saja yang memiliki relevansi dengan pengetahuan dan ekspertismu. Karena tidak mungkin menguasai semua genre, jadi pastikan kamu menemukan segmenmu sendiri yang sesuai dengan preferensimu, pengalamanmu dan interest yang selama ini sudah kamu tekuni.

Membuat Strategi Konten

Setelah hal pertama tadi kamu selesaikan, step kedua adalah mempertimbangkan strategi konten. Ada beberapa langkah yang perlu kamu pertimbangkan untuk memilih konten yang tepat. Selain itu yang perlu kamu pikirkan adalah menggunakan channel yang mana kontenmu akan disebarkan

Menggunakan Blog Post

Blog post sering dianggap kuno kadang oleh masyarakat, namun yang perlu diketahui bahwa media ini media paling tepat untuk menyampaikan tentang materi-materi yang panjang, dan sering kali audiens mengharapkan sang influencer untuk memperdebatkan topik musik yang relevan melalui tulisan-tulisan yang ringan dan mudah untuk dibaca

Fotografi

Elemen visual adalah komponen fundamental lain dari strategi konten anda karena postingan dengan gambar terbukti mendapat lebih banyak engagement

Wawancara

Wawancara adalah salah satu cara mempromosikan hasil karya anda melalui sentuhan drama dan warna yang lain, hasil wawancara juga dapat dipublikasikan melalui potongan-potongan higlights ataupun kedalam artikel yang lebih panjang.

Analisa Musik

Pada akhirnya influencer musik perlu memantapkan diri mereka sebagai key opinion leader dalam bermusik, sehingga diperlukan pengetahuan yang mendalam serta musikalitas yang tinggi dalam bermusik ataupun dalam industri musik.

Memilih Channel yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam proses menjadi influencer musik adalah menentukan saluran promosi yang tepat. Semuanya dimulai dengan situs internet, yang menyarankan Anda untuk membuat situs yang menarik yang memamerkan karya Anda.
Selanjutnya adalah social media, karena sosial media adalah hal yang tidak terhindarkan saat ini bagi semua orang, oleh karena itu memiliki sosial media yang terawat dan memiliki konten yang mendukung akan mempermudah jalan anda sebagai influencer musik.

Gunakan Foto dan Tag Seseorang

Foto menjadi bagian sentral dalam social media, melibatkan orang lain memungkinkan anda untuk berinteraksi lebih banyak dan menjangkau lebih banyak audiens.
Selain itu dengan tagging orang lain artinya para pengikut orang yang anda tag juga akan lebih mudah mengakses konten anda

Berkolaborasi dengan influencer lain

Sekarang anak-anak muda kaum milineal sudah merubah paradigma, yaitu mengurangi kompetisi memperbanyak kolaborasi. Jika anda masih memandang influencer lain sebagai kompetitor maka anda akan terjebak dalam persaingan merebutkan audiens, padahal cara paling tepat adalah berbagi audiens, salah satu caranya dengan berkolaborasi karena hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Tips Menjadi Influencer - MuSigPro, source : pexels
Tips Menjadi Influencer – MuSigPro, source : pexels

Konsistensi

Konsistensi menjadi item terakhir yang paling penting, social media bukanlah one day wonder atau one week wonder, melainkan ketekunan untuk memberikan konten-konten terbaik setiap harinya. Diperlukan kreatifitas secara terus menerus untuk membuat audiens anda tertarik dan berkelanjutan. Itulah kenapa kita membutuhkan kalender konten yang membantu mengingatkan kita untuk terus mengupdate channel yang kita miliki dan memudahkan evaluasi di kemudian hari.

baca juga: Tips Menjadi Penyanyi Profesional Bagi Pemula

Kesimpulan

Menjadi influencer dibidang musik merupakan proses yang menantang dan memakan waktu, namun juga sangat bermanfaat apabila anda dapat menanganinya dengan benar. Semua kegiatan akan menjadi lebih mudah jika anda menerapkan ide-ide yang kami jelaskan di atas. Mungkin beberapa dari anda memiliki ide yang lebih baik, jadi anda dapat menambahkan ide anda melalui koloim komentar di bawah

4 thoughts on “7 Tips Menjadi Influencer di Industri Musik yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *