Teknik Menyanyi untuk Pemula
Teknik Menyanyi untuk Pemula

Teknik Menyanyi untuk Pemula Agar Suara Menjadi Bagus

Teknik Menyanyi bagi para pemula dan penyanyi amatir dengan metode sederhana yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Karena teknik menyanyi yang benar dapat menghasilkan suara menjadi bagus.

Menurut pelatih vokal terkenal asal Amerika, Carie Cole, suara adalah instrumen yang ada didalam tubuh, hal tersebut harus dipahami dulu oleh seorang penyanyi agar dapat menggunakan secara maksimal. Seperti misalnya saat menerapkan teknik sederhana pada waktu ingin menyanyi dengan nada tinggi, caranya adalah memposisikan dagu sedikit kearah bawah dan juga sedikit membungkukkan dada agar mendapat lebih banyak tenaga untuk mencapai nada tertentu.

Apabila anda serius untuk melatih olah suara anda, ada baiknya mencari guru les vokal namun apabila tidak memiliki waktu dan kesempatan, dan ingin memiliki suara yang bagus saat menyanyi anda dapat membaca beberapa teknik menyanyi melalui brainly ataupun membaca trik yang akan kami sampaikan dibawah.

Dibawah ini tips dan trik menyanyi yang bisa anda lakukan dirumah seperti dilansir dari laman WikiHow:

Rileks

Sebelum menyanyi pastikan anda dalam kondisi santai, kondisi yang tegang akan membuat anda tidak dapat menyentuh nada-nada tertentu apalagi nada yang tinggi. Lakukan latihan vokal secara rutin seperti meneriakkan “ma…ma…ma…” dengan nada yang berbeda-beda. Lakukan latihan ini secara rutin selama 15 menit setiap pagi dan petang, rasakan perbedaannya.

Jangan Memaksakan Nada Tinggi

Saat ingin mencapai nada tinggi jangan dipaksakan untuk keras. Lakukan dengan tenang dan pelan dan biarkan suara anda naik secara pelan-pelan namun tetap under control. Karena apabila anda memaksakan untuk mengeraskan nada tinggi maka hasilnya akan menjadi sumbang.

Perbanyak Minum Air Putih

MuSigPro, Minum Air Putih
MuSigPro, Minum Air Putih Bagus untuk kesehatan Tenggorokan

Minum air putih pada suhu ruangan, bukan es ataupun bukan teh hangat, karena air putih dengan suhu normal baik untuk pita suara. Konsumsi air putih yang cukup akan melembabkan tenggorokan dan membantu menghilangkan lendir yang dapat mengganggu saat anda ingin bernyanyi. Jangan minum susu, minuman bersoda atau minuman yang tinggi laktosa, karena akan menumbulkan dahak yang berlebid disekitar tenggorokan.

Latihan Pernapasan

Teknik pengambilan napas sangat penting dalam bernyanyi, untuk dapat bernyanyi dalam nada yang tepat dengan suara yang powerful sangat dipengaruhi oleh paru-paru. Pernapasan yang tepat juga sangat mendukung para penyanyi profesional untuk tampil di panggung secara atraktif.
Cara yang paling sederhana adalah dengan teknik pernafasan berbaring, anda cukup tidur berbaring dan meletakkan buku yang cukup besar sebagai beban kemudian bernafaslah secara normal, rasakan setiap bagian tubuh dan otot anda pelan-pelan, menarik napas lewat hidung dan mengeluarkan lewat mulut, lakukan setiap pagi selama 15 menit, atau 5 menit sebelum bernyanyi, apabila dilakukan dengan rutin maka anda akan memiliki suara yang lebih powerful di kemudian harinya.
Teknik ini adalah teknik untuk melatih pernafasan diafragma, yaitu jenis latihan pernapasan untuk memperkuat diafragma, sebuah otot penting yang membantu tubuh untuk bernapas. Latihan pernapasan ini juga disebut pernapasan perut.

baca juga: Tips agar suara menjadi bagus

Latih Pemahaman Frase

Waktu yang paling tepat untuk bernapas saat anda bernyanyi adalah diantara frase, dengan kata lain memilih kelompok kata yang dinyanyikan bersama-sama. Dalam sebuah tulisan atau artikel biasa, frase sering kali dimunculkan dengan sebuah koma atau tanda baca lain. Tapi saat anda bernyanyi biasanya tanda baca tidak ada dalam lirik, sehingga penting bagi anda untuk memahami lirik sebelum anda mulai menyanyi. Mencari tahu dimana titik jeda yang dapat kamu gunakan untuk menarik napas. Kemampuan ini penting untuk dilatih agar tidak terlihat tegang dan terkesan terengah-engah saat bernyanyi.

Rekam Suara Saat Bernyanyi

Teknik Menyanyi untuk Pemula Agar Suara Menjadi Bagus,
Teknik Menyanyi untuk Pemula Agar Suara Menjadi Bagus,

Penting bagi anda untuk mengevaluasi suara sendiri, itulah mengapa anda harus membiasakan diri untuk merekam suara anda saat menyanyi. Dengarkan suaramu saat menyanyi dan coba pertimbangkan dimana letak anda dapat memperbaiki kelemahan-kelemahannya. Penting sekali bagi anda untuk menggunakan alat bantu rekam atau aplikasi karaoke online yang anda dapat download di perangkat handphone anda seperti misalnya Smule, WeSingg, Starmaker dan MuSigPro untuk membantu anda mengevaluasi. Aplikasi karaoke online ini akan menilai kualitas anda bernyanyi, karena aplikasi karaoke online juga dilengkapi dengan artificial intelligence yang mampu menilai kualitas suara seseorang berdasarkan algoritma tertentu untuk mengukur pitch, timbre dan nada kedalam AI Score. AI Score ini anda dapat temui pada aplikasi MuSigPro

Lakukan dengan Tekun dan Disiplin

Bakat atau talent kadang sudah given, namun ketekunan dan kerja keras adalah faktor penentu. Mengembangkan teknik vokal, power, pitch control dan latihan rutin akan meningkatkan kualitas menyanyi di kemudian hari, namun yang harus diingat bahwa ini tidaklah instan.

Enjoy saat Bernyanyi

Menemukan kenikmatan saat bernyanyi adalah yang terpenting, jangan menyanyi dengan terburu-buru, rasakan feelnya dan terbang bersama lagu. Menyanyi membutuhkan kepercayaan diri dan perasaan yang terbawa oleh lagu baik senang maupun sedih sesuai warna sebuah lagu. Ketika anda dapat menikmati sebuah lagu maka orang lain yang mendengarkan juga akan merasa demikian.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)