strategi marketing dari industri musik
strategi marketing dari industri musik

4 Rahasia Strategi Marketing Dari Industri Musik Terungkap

Musik kadang kali memberikan inspirasi bagi para penikmatnya. Misalnya ada beberapa lagu juga yang dapat membuat pendengarnya menjadi lebih termotivasi karena lirik yang terkandung di dalamnya. Atau ada juga seorang videografer yang akhirnya juga terpacu membuat sebuah karya yang indah karena mereka juga merasa ingin merefleksikan lagu yang di sematkan di tiap videonya. Lalu bagaimana dengan para marketer ? Apakah dari sisi musik akan dapat berpengaruh bagi sebuah brand ?

Kalau kita lihat dari sisi dunia marketing, musik sendiri sebenarnya juga dapat memberikan banyak pelajaran yang berarti bagi para marketer. Mungkin bisa jadi tidak secara langsung musik akan mempengaruhi yang dalam artian bukan dari sisi lirik. Melodi ataupun hal lainnya yang dapat memberntuk sebuah lagu. Namun brand sendiri dapat belajar dari industri musik itu sendiri ataupun dari para musisi yang terlibat di dalamnya.

Salah satu pelajaran yang dapat di ambil oleh para marketer dari industri musik sendiri adalah bagaimana para artis maupun label yang menaunginya. Untuk dapat secara cepat beradaptasi dengan segala perkembangan dan perubahan jaman yang ada. Misal jaman dahulu mereka harus menjual secara cepat musik yang mereka buat dengan album fisik yang mereka keluarkan.

Namun saat ini mereka haruslah dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman. Dan cara mereka mempromosikan agar masyarakat luas dapat menjangkau dan bisa mendapat perhatian sehingga mau membelinya dengan digital dan secara legal.

Dan tidak hanya tentang cara promosi, pelajaran yang dapat diambil dari brand di industri musik adalah bagaimana cara mereka mencuri perhatian (brand awareness), membangun loyalitas, serta mendorong aksi. Hingga cara mereka mengedukasi dan menghibur melalui konten yang mereka sajikan.

Lalu Bagaimana strategi marketing yang dapat diambil dari industri musik itu sendiri ?

4 Rahasia Strategi Marketing Dari Industri Musik Terungkap

Mencuri Perhatian (Brand Awareness)

Mencuri Perhatian
Mencuri Perhatian

Bisa dikatakan saat ini membuat sebuah karya musik sudah mulai menjadi lebih mudah daripada beberapa tahun yang lalu. Kini melalui beragam software komputer, seseorang juga sudah bisa membuat karywa musik yang memiliki kualitas yang bagus dan siap untuk di edarkan. Bukan hanya soal produksi di sisi distribusi kini para musisi sudah banyak dimanjakan oleh kecanggihan dan kemudahan teknologi yang kini jauh berkembang ketimbang beberapa tahun yang lalu.

Baca juga : 5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

Dengan adanya media sosial ataupun channel-channel seperti YouTube, cara mempromosikan karya dan mencuri perhatian masyarakat luas pun seakan menjadi semakin cepat dan di mudahkan. Oleh karena itu dalam industri musik yang ketat ini, para musisi dan label yang menaunginya pun harus mempunyai banyak ide dan taktik agar dapat menonjolkan keunikannya dibanding dengan para pesaingnya sehingga tidak membuat bosan penontonnya.

Membangun Brand Loyalty

Membangun Brand Loyalty
Membangun Brand Loyalty

Di dalam industri musik sendiri bahwa banyak yang menganggap ia bisa dibilang fans, yang untuk di artikan sebagai konsumen. Namun perbedaannya antara konsumen dengan fans adalah konsumen itu akan mengkonsumsi konten karena baginya konten tersebut merasa berguna.

Sementara itu fans dapat menelan mentah-mentah, segala apapun karya atau konten yang diciptakan idolanya. Oleh karenanya para marketer dapat mempelajari para musisi bagaimana cara mereka merangkul konsumennya sehingga mau menjadi fans serta loyal dengan segala karya yang dibuatnya.

Baca juga : Hanya Modal Rp.650.000, Kini Denny Caknan Menjadi Milyader

Seperti yang dibangun oleh para musisi, salah satu cara untuk bisa meningkatkan loyalitas dari masyarakat yakni dengan memberikan mereka nama fansbase untuk membuat sebuah komunitas pecinta musik mereka. Dengan begitu, masyarakat pun tidak merasa asing dan mereka seakan merasa memiliki identitas yang sama. Dan dari situlah akhirnya loyalitas pun terbentuk dan akan semakin kuat karena perasaan saling memiliki ada di dalam komunitas tersebut.

Mendorong Aksi

Strategi Marketing untuk mendorong aksi
Strategi Marketing untuk mendorong aksi

Banyak juga para musisi yang membuat musik yang bertujuan agar karya yang mereka hasilkan akan banyak di dengarkan oleh orang sehingga dapat meningkatkan fans serta penjualan pada album mereka. Dan hal yang dapat kita ambil dari para musisi ini yakni kita perlu untuk membuat konten yang unik. Sehingga akan dapat menarik perhatian masyarakat secara luas dan membuat mereka mau terlibat untuk membagikan ke akun sosial pribadi mereka, hingga akhirnya lebih banyak orang yang mengenal dan mau mengkonsumsi apa yang telah disajikan, terlebih jika kontennya menjadi viral, maka akan lebih banyak orang yang tau dalam waktu yang singkat.

Baca juga : 6 Lagu Terpopuler Denny Caknan dengan Ratusan Juta Viewer

Tidak hanya soal membuat karya-karya yang baik dan unik, saat ini para pelaku di industri musik juga memiliki strategi marketing untuk mempromosikan lagu. Misalnya saja pada strategi marketing dalam #InMyFeelingsChallange atau yang lebih banyak dikenal dengan “Keke Challange” dimana Drake mempromosikan lagu yang ia nyanyikan dengan mengajak para penggemarnya untuk membuat sebuah tarian. Dan dari tantangan tersebut akhirnya dapat membuat banyak orang menjadi tertarik untuk mengikuti dan memperdengarkan lagu yang sedang ia promosikan. Alhasil strategi marketing tersebut membuatnya berhasil untuk membuat bayak masyarakat luas yang menyukai lagu tersebut dan menaikkan jumlah fans.

Konten yang mengedukasi sekaligus menghibur

Di era saat ini, fans tidak hanya menuntut para musisi untuk menghasilkan sebuah karya yang baik, namun para fans saat ini juga memiliki keinginan untuk mengenal lebih jauh sang idolanya. Alasannya saat ini sebuah cerita yang ada dibalik lagu tersebut pun menjadi hal yang penting juga untuk mereka katahui. Karena hal ini banyak juga para artis dan penyanyi yang kini juga turut membagikan cerita kehidupan mereka sehari-hari dengan memberikan sebuah video atau vlog singkat mengenai bagaimana ia sedang melakukan rekaman, atau cerita-cerita dibalik layar ketika sedang melakukan tur musik ataupun cerita-cerita kehidupan yang mana justru menceritakan sisi kehidupan sang idola, dan ini membuat konsumsi publik juga.

Pengalaman yang dibagikan para artis, penyanyi atau musisi ini akan membuat fans menjadi lebih senang dan akan menjadi lebih fanatik lagi. Oleh karenanya, salah satu yang bisa dilakukan brand adalah menjadi “Manusia”. Misalnya dengan menampilkan konten-konten yang sifatnya behind the scene seperti yang dilakukan oleh para musisi ini. Yang berguna untuk masyarakat akan merasa memiliki kedekatan yang lebih dengan brand tersebut.

Baca juga : 10 Lagu yang Bikin Semangat Kerja di Rumah

Di industri musik sendiri memang memberikan banyak inspirasi serta strategi marketing yang dapat di ambil oleh para marketer. Mulai dari taktik mereka dengan meningkatkan awareness, cara mereka berpromosi, hingga taktik mereka untuk mendorong penjualan. Melihat brand dari sudut pandang seorang arti memang strategi marketing ini dapat efektif dalam strategi marketing yang sedang di jalankan.

Ada banyak channel untuk menyebarkan lagu-lagu yang telah musisi atau industri musik buat, bisa dari kanal YouTube ataupun aplikasi karaoke. Dan manfaat lebih channel seperti aplikasi karaoke adalah para fans dapat menjadi lebih dekat dengan musisi karena para fans akan langsung menyanyikan lagu yang musisi ciptakan.

Untuk aplikasi yang direkomendasikan untuk berkaraoke secara online, kamu bisa coba aplikasi karaoke online seperti MuSigPro.

Aplikasi Karaoke Online MuSigPro

Di aplikasi ini, kamu bisa bernyanyi serta berkaraoke secara online bersama teman-teman dan serta kamu juga dapat melatih vokalmu. Dan yang membuat aplikasi ini tambah semakin menarik, MuSigPro juga menyematkan AI untuk dapat menilai suaramu, ketika kamu sedang bernyanyi, lalu setelah itu kamu akan mendapatkan skor untuk setiap lagu yang kamu nyanyikan tersebut.

Tidak hanya itu, ada lagi yang menarik. Kamu bisa mengikuti kontes bernyanyi secara online yang saat ini sedang diselenggarakan dari Musigpro. Dan kamu berkesempatan mendapatkan hadiah setiap minggunya

Baca juga :

 

Kontes Karaoke Berhadiah Setiap Minggunya

Yuk jangan sampai kelewatan yaaa. Mulai saat ini kompetisi karaoke online di MuSigPro berhadiah setiap minggunya! Wihii kamu bisa mendapatkan 50rb rupiah setiap minggunya. Caranya gimana???

kontes karaoke berhadiah
kontes karaoke berhadiah


Ramein yuk kontes ini. Download aplikasinya dan boleh juga nih komen dibawah kira-kira lagu apa tuh yang kalian mau nyanyiin di aplikasi MuSigPro

untuk informasi selengkapnya mengenai kontes karaoke ini. kamu bisa langsung download aplikasinya melalui playstore dengan klik  gambar dibawah ini :

atau dapat klik link dibawah untuk syarat dan ketentuan kontes menyanyi gratisnya :

https://blog.musigpro.com/kompetisi-menyanyi-gratis-untuk-umum-berhadiah-setiap-minggu/

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)