Hanya Kebetulan atau Plagiat, Musik K-POP ini Mirip Lagu Barat

Lagu K-POP masih banyak diganderungi oleh para kawula muda di Indonesia, salahsatu faktornya karena parasnya yang cantik ataupun ganteng membuat banyak penggemarnya di Indonesia selain itu musik K-POP juga enak untuk di dengar pula.

Banyak juga yang menyebutkan, lagu atau musik K-POP ini menyatukan semua orang yang berbeda bahasa maupun budaya.

Namun ada beberapa lagu yang saat didengarkan dengan teliti, beberapa lagu K-POP ini terdengar memiliki kemiripan dengan lagu barat
Akhirnya, banyak orang juga menduga beberapa lagu ini merupakan hasil contekan.

Apa saja lagu yang Kebetulan atau Plagiat, Musik K-POP ini Mirip Lagu Barat

 

1. Girls Generation

Party, lagu milik girl band Korea Girl Generation yang dirilis 2015 silam ini, ada di album Lion Heart. Lagu ini merupakan kembalinya Girls Generation di perindustrian K-POP stelah Jessice Jung hengkang.

Namun saat diperdengarkan secara lebih teliti, di beberapa bagian, khususnya di reff, lagu ini mirip dengan “California Gurls” (2010) yang dinyanyikan oleh artis populer Katy Perry. Tekanan melodi dan kata “Party” dan “California Gurls” pada lagu ini yang sangat terasa.

 

2. EXID

Pada deretan kedua lagu berjudul “Ah Yeah” yang dinyanyikan oleh girl band bernama EXID ini memang membuat girl band ini menjadi nominasi di acara Mnet Asian Music Award. Lagu dengan nuansa dance ini membuat penikmat musik pun ikut terhibur.

Namun setelah di perdengarkan secara lebih jelas, lagu ini lebih mirip karya The Black Eyed Peas yang berjudul “My Hump” yang dirilis 2005 silam. Ritme yang  di dalam lagu “Ah Yeah” dan “My Hump” memiliki kesamaan setelah di perhatikan kembali.

Baca juga : 8 Tips Agar Suara Bagus Saat Bernyanyi

 

3. Shinhwa

Bahkan, boyband senior sekelas Shinhwa ini pun juga tak luput dari tuduhan plagiat. Lagu yang berjudul “Venus” yang dinyanyikan oleh boyband Shinhwa yang dirilis tahun 2012 yang ada di album The Return.

Lagu yang kental dengan nuansa R&B serta yang dicampur dengan nuansa elektrik ini terdengar mirip seperti musik milik Taio Cruz yang berjudul “Break Your Heart” dan dirilis 2009 silam.

 

4. TVXQ

Di dalam lagu “Mirotic” membuat fans sertianya langsung jatuh cinta, yang dirilis pada 2009 silam. Lagu ini bernuansa melodi dance. Dan masih berasa harmonisasi vokal di personel TVXQ dan pada saat itu masih lima orang, yakni Junsu, Yoochun, Jaejoong, Yunho, dan Changmin.

Namun sangat disayangkan juga, lagu yang di nyanyikan boyband TVXQ ini yang diduga juga mirip dengan karya yang dinyanyikan oleh Sarah Conor yang berjudul “Sexy As Hell” dan dirilis pada tahun 2008 silam. Dari awal lagu “Mirotic” hingga sampai akhir, semuanya terdengar mirip. Bahkan, pada penekanan kalimat “Under My Skin”.

 

5. Taeyeon

Salah satu personel girlband Girls Generation ini yang memiliki kemampuan vokal yang sudah tidak diragukan lagi ini juga terkena tuduhan mencontek juga. Dalam single solonya, yang berjudul “I” dan sukses besar, namun disebut-sebut mirip dengan “Out of the Wood” pada satu tahun sebelumnya sekitar tahun 2014.

Dua lagu itu sama-sama menampilkan kemampuan vokal penyanyinya masing-masing. Bukan melodi dan musiknya yang terdengar mirip, namun beberapa ritme lagunya yang banyak orang anggap nyaris sama.

 

Itu lah beberapa Musik K-POP yang kebetulan mirip dengan lagu barat.

Selain mendengarkan lagu-lagu K-POP yang enak didengar, banyak orang juga yang bernyanyi menirukan sosok yang digemarinya pula, biasanya dengan sesama penggemar K-POP orang lebih suka untuk bernyanyi bersama-sama dengan teman, namun pada saat pandemi Covid-19 ini banyak kegiatan dilakukan dirumah saja alias menjaga jarak dengan orang lain, maka hal tersebut banyak orang mulai terbiasa akan online, apa-apa dilakukan secara online, bahkan karaoke bernyanyi pun saat ini juga dilakukan dengan online, banyak aplikasi karaoke online yang bermunculan juga.

Ada salahsatu aplikasi yang canggih dan unik juga namanya Musigpro, di aplikasi tersebut kita dapat bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegent, nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Semoga bermanfaat.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)