MuSigPro

Categories

Photo by Soundtrap on Unsplash
Lifestyle, Tips bernyanyi

5 Macam Teknik Vokal Dalam Bernyanyi

Ada banyak banyak macam teknik vokal, namun 5 macam teknik vokal dalam bernyanyi ini menjadi patokan secara umum. Apakah saat ini kamu ingin belajar teknik vokal dalam bernyanyi?

MuSigPro telah menulis rangkuman 5 macam teknik vokal dalam bernyanyi. Sebelum merujuk kedalam teknik vokal mari kita cari tahu pengertian teknik vokal secara mendasar.

Pengertian Teknik Vokal

Teknik Vokal adalah cara untuk memproduksi suara yang baik dan efisien, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, nyaring dan tentu memiliki nilai teknik dalam bernyanyi.

Dan mempelajari teknik vokal akan menjadi sangat penting, kenapa ? Karena hal ini akan sangat mempengaruhi pada kualitas suara serta dapat menjaga anatomi di tubuhmu agar dapat tetap stabil.

5 teknik vokal dalam bernyanyi

Berikut ada beberapa unsur teknik vokal dalam bernyanyi :

1. Intonasi

Intonasi yaitu tinggi rendahnya suatu nada pada kalimat yang memberikan penekanan dalam kata-kata tertentu di suatu kalimat.

teknik vokal dalam bernyanyi
foto tentang belajar teknik vokal dalam bernyanyi

Sedangkan teknik intonasi merupakan ketepatan tinggi rendahnya bunyi pada setiap nada, yang dalam setiap jumlah suku kata memiliki penekanan yang berbeda-beda pula.

Jika seseorang yang mengelola intonasi dengan baik biasanya akan menghasilkan suara yang nyaring, jernih dan nyaman didengar pula.

Baca juga : Teknik Bernyanyi Untuk Pemula

Ada beberapa cara untuk melatih intonasi dengan baik, yakni :

  • Bernyanyi dengan tempo yang lambat, kemudian lebih cepat.
  • Menyanyi dengan tempo yang bervariasi
  • Bernyanyi dengan nada bervasriasi yang dimulai dari nada bawah ke nada yang lebih tinggi dengan artikulasi na, ka, la, serta ra.

Untuk contohnya seperti berikut :

conto intonasi dan cara melatih intonasi

  • Lalu bernyanyilah dengan tangga kromatis

Contohnya :

gambar intonasi

 

2. Artikukasi

Teknik Artikulasi ini adalah cara pengucapan kata-kata dalam bernyanyi agar pesan yang terdapat di dalam lagu dapat di mengerti dan dipahami oleh para pendengar

Berikut diantaranya faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk mendapatkan artikulasi yang baik serta benar :

  • Sikap Badan
    Dengan sikap badan yang benar akan membantu kamu memperlancar sirkulasi udara sebagai energi utama pendorong produksi suara.Lalu posisikan badan yang baik dan benar dalam bernyanyi, untuk posisinya seperti berikut :
    1. Pastikan kepala harus tegak dan pandangan lurus ke depan
    2. Tulang punggung harus lurus
    3. Dada juga sedikit membungsung
    4. Kedua kakimu terpancang kukuh di lantai dan buat sedikit renggang
  • Posisi Mulut
    Dan ternyata posisi mulut berpengaruh juga lo, pada proses pembentukan suara kamu, jika pada bentuk dan posisi mulut kamu tidak sesuai maka akan mempengaruhi pada suara yang dihasilkan yang menyebabkan suara tidak nyaring.Bentuk dan posisi pada mulut yang benar saat mengeluarkan suara diantaranya sebagai berikut :1. Buka mulut kamu selebar tiga jari secara vertikal, sehingga suara yang kamu buat tidak keluarnya lemah dan bulat.
    2. Bentuk gigi seri kamu yang disebelah atas tertutup setengah bagian
    3. Posisi pada bibir bawah kamu ditekan pada gigi seri sebelah bawah supaya kekuatan suara kamu tidak berkurang
    4. Aliran udara juga du arahkan ke langit-langit supaya kenapa ? agar suara yang keluar akan menjadi jelas dan lantang

Baca juga : Tips Menjadi Percaya Diri Saat Bernyanyi

  • Latihan Vokalisis
    Nah tujuan utama latihan ini adalah untuk memelihara dan menyempurnakan huruf vokal ataupun huruf konsonan, maka suara yang kamu hasilkan akan menjadi merdu dan indahCoba dapat perhatikan gambar bentuk mulut huruf vokal berikut :
    Gambar bentuk mulut huruf vokal
    Atau kamu dapat lihat video berikut :

3. Resonansi

Resonansi pada saat bernyanyi adalah suatu gejala yang dimana bunyi yang dikembalikan dari suatu ruangan, mirip seperti gema yang timbul karena pantulan suara yang berasal dari ruangan yang berdinding keras.

Jika kamu sedang belajar teknik vokal yang baik, resonansi ini sangat berperan penting dalam membuat pita suara agar lebih nyaring dan indah.

Baca juga : 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

Kenapa ? Karena suara yang di hasilkan oleh pita suara hanya seukuran 1,5 – 2 cm saja sehingga memang sangat lemah. Oleh karenanya sangat diperlukan latihan untuk membentuk resonansi secara alami.

4. Pernafasan

pola teknik vocal pernafasan

Pernafasan ini juga merupakan salah satu teknik vokal yang paling penting dan harus di latih terus menerus, tidak bisa hanya sekali latihan sudah, itu salah.

Sebab, seorang penyanyi pasti akan membutuhkan udara yang keluar masuk ke dalam paru-paru.
Jika kamu tidak sering melatih teknik pernafasan, maka lagu yang akan kamu bawakan nanti hasilnya akan cenderung putus-putus tidak sampai dan terdengar memaksa seperti orang ngos-ngosan.

Untuk teknik pernafasan dalam bernyanyi terbagi dalam tiga macam :

  1. Pernafasan Dada
  2. Pernapasan Perut
  3. Pernafasan Diafragma

 

5. Pembawaan

Foto pembawaan saat bernyanyi yang baik

Untuk teknik yang terakhir ini adalah salah satu teknik yang wajib dimiliki oleh penyanyi apalagi saat melakukan pertunjukan musik.

Seseorang yang bahkan sudah ahli dalam bernyanyi, namun tidak bisa membawakan lagu dengan baik, pasti hasilnya tidak maksimal dan kurang menarik untuk di minati.

Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembawaan lagu yaitu

  • Tempo
  • Tema
  • Dinamik
  • Irama
  • Ekspresi
  • Pesan
  • Gaya bernyanyi

Baca juga :

 

Kesimpulan

Nah itu lah penjelasan mengenai 5 teknik vokal dalam bernyanyi, selain teori-teori yang sudah di jelaskan secara lengkap, pastinya harus praktek dong, jangan hanya sekedar teori yang sudah paham, namun prakteknya 0, yuk mulai praktek, jika kamu ingin prakteknya sendiri kamu juga dapat memanfaatkan teknologi, seperti  aplikasi seperti MuSigPro, disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang sudah tersedia di aplikasi, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja, lalu kita mulai menyanyi maka suara kita akan terekam otomatis, lalu akan muncul skornya juga di aplikasi, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang ada di aplikasi menggunakan artifical intelegence.

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat ataupun pasanganmu dan dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, bahkan  kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard di aplikasi tersebut, yang mana akan menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak lo

Gambar Peringkat MuSigPro berdasar AI Score

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Saat ini, MuSigPro memiliki program baru yaitu MuSigPro Vocal Academy, sebuah program kursus online untuk melatih dan meningkatkan kemampuan bernyanyi kamu, bagi kamu yang ingin mengikuti kursus vokal bersama MuSigPro Vocal Academy anda dapat mengisi form dibawah ini. MuSigPro Vocal Academy terbuka untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga remaja, para peserta akan dilatih oleh vocal coach profesional dengan biaya terjangkau dan didukung dengan aplikasi MuSigPro sebagai supporting toolsnya, peserta juga akan mendapatkan kurikulum MuSigPro Vocal Academy yang berstandard internasional. Daftarkan dirimu sekarang dengan mengisi formulir dibawah.


Tetap semangat berlatih, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

 

4 thoughts on “5 Macam Teknik Vokal Dalam Bernyanyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *