MuSigPro

Categories

MuSigPro - Teknik Bernyanyi Untuk Pemula
Entertainment, Lain-lain, Lifestyle, Lomba Menyanyi, Tips bernyanyi

Teknik Benyanyi untuk Pemula Seperti Para Penyanyi Profesional

Teknik Bernyanyi yang baik dan benar untuk para penyanyi pemula agar mendapatkan kualitas dan teknik bernyanyi seperti para penyanyi profesional. Kemampuan menyanyi tidaklah didapat secara instan, diperlukan kerja keras untuk meningkatkan suara dengan berlatih secara disiplin dan menjaga gaya hidup agar kesehatan pita suara tetap terjaga.
Dalam bermusik, mempelajari suara atau rentang vokal sangat penting karena menjadi basic untuk teknik mempelajari alat musik yang lain.
Latihan vokal adalah bentuk memperbaiki kualitas suara dengan beberapa tahapan-tahapan yang dapat dilakukan secara rutin, karena pada dasarnya timbre vokal adalah bawaan dan anda tidak dapat benar-benar memilih tessitura. Namun teknik dan musikalitas dapat dilatih agar kemampuan bernyanyi menjadi lebih baik.

Teknik Benyanyi untuk Pemula Seperti Para Penyanyi Profesional

Untuk memperoleh teknik bernyanyi yang lebih baik ada baiknya mencari coach vokal untuk latihan les vokal secara privat atau menghadiri sekolah musik agar mendapatkan pengalaman baru dalam bernyanyi. Namun ada baiknya sebelum anda mencari guru vokal untuk melatih anda secara pribadi, anda dapat mempelajari 10 teknik latihan vokal sederhana yang anda dapat pelajari dirumah secara mandiri.

1. Pemanasan Suara

Anda tidak dapat menyanyikan lagu yang sulit seperti lagunya Michael Buble atau lagunya Adele tanpa latihan yang serius. Sebelum anda dapat menyanyikan lagu-lagu sulit tersebut anda perlu melakukan pemanasan pada semua bagian tubuh anda agar dapat menghasilkan power suara seperti yang diharapkan dalam jangka waktu yang lama.
Menghindari minuman bersoda, produk-produk susu, makanan berminyak dan merokok selalu disarankan agar tidak mengganggu tenggorokan anda ketika anda akan bernyanyi. Vibrato akan menjadi lebih baik saat anda telah melakukan pemanasan yang cukup, dengan melakukan pemanasan berarti anda telah melemaskan banyak otot disekitar mulut, leher dan tenggorokan yang akan anda gunakan selama bernyanyi.

2. Latihan Pernapasan

Teknik pengambilan napas sangat penting dalam bernyanyi, untuk dapat bernyanyi dalam nada yang tepat dengan suara yang powerful sangat dipengaruhi oleh paru-paru. Pernapasan yang tepat juga sangat mendukung para penyanyi profesional untuk tampil di panggung secara atraktif.
Cara yang paling sederhana adalah dengan teknik pernafasan berbaring, anda cukup tidur berbaring dan meletakkan buku yang cukup besar sebagai beban kemudian bernafaslah secara normal, rasakan setiap bagian tubuh dan otot anda pelan-pelan, menarik napas lewat hidung dan mengeluarkan lewat mulut, lakukan setiap pagi selama 15 menit, atau 5 menit sebelum bernyanyi, apabila dilakukan dengan rutin maka anda akan memiliki suara yang lebih powerful di kemudian harinya.
Teknik ini adalah teknik untuk melatih pernafasan diafragma, yaitu jenis latihan pernapasan untuk memperkuat diafragma, sebuah otot penting yang membantu tubuh untuk bernapas. Latihan pernapasan ini juga disebut pernapasan perut.

3. Belajar Memproyeksikan Suara Anda

Voice Projection sering disebut juga dengan acoustic resonance, dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan suara yang bulat, atau dengan kata lain membuat konsentrasi tekanan pada suara lebih fokus atau tidak menyebar. Untuk bernyanyi dengan keras memang boleh saja namun yang perlu diperhatikan ketika dipaksakan untuk bersuara keras maka sebaran suara akan lebih melebar sehingga output yang keluar tidaklah bulat atau mantap. Disinilah diperlukan latihan untuk memproyeksikan suara yang ada miliki, permainan otot perut sangat diperlukan untuk belajar memproyeksikan suara ini.
Suara dapat dianalogikan sebagai permainan instrumen udara atau angin. Membutuhkan power (napas), sumber suara (Pita suara), amplifikasi (tulang, tenggorokan, kerongkongan dan ruang-ruang kosong pada tubuh). Keindahan suara adalah perpaduan semuanya. Memproyeksikan suara berarti berlatih menggunakan kesemuanya untuk mendapatkan suara seperti yang anda harapkan, tentu saja dibutuhkan latihan yang bertahun-tahun serta disiplin yang tinggi agar anda dapat memiliki kualitas suara yang bagus.

4. Teknik Suara Hidung

Setelah mampu memproyeksikan suara, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis apa yang sesuai dengan karakter suara anda misal anda seorang mezzo-soprano, bariton atau bahkan penyanyi kontemporer?
Disini pentingnya rongga hidung anda, karena rongga hidung ini yang berperan sebagai kotak suara sebagai sumber resonansi untuk akhirnya menjadi output suara yang anda keluarkan.
Teknik melatih suara hidung sering juga disebut dengan sengau. Teknik suara hidung ini biasa dipakai seorang vokalis untuk membantu mencapai suara tinggi, jadi tanpa adanya teknik suara hidung akan sulit mendapatkan suara tinggi. Artis Indonesia yang sering menggunakan teknik ini adalah Agnes Monica dan Ariel Noah, anda bisa perhatikan bagaimana cara mereka bernyanyi, cara mereka mengambil nafas, cara mereka memegang microphone dan sebagainya.

5. Melatih Attack, Decay, Sustain dan Release (ADSR)

Dalam teknik bermusik sering kita kenal istilah sarung suara, sarung suara perlu dipelajari agar seorang penyanyi lebih paham tentang perubahan suara seiring waktu.
Attack, adalah waktu yang diperlukan untuk awal kenaikan level dari nol hingga puncak dimulai pada waktu tertentu, seorang penyanyi perlu mengadaptasi teknik attack ini pada proses bernyanyi mereka agar tidak kehabisan napas ditengah jalan.
Decay, adalah waktu yang diperlukan untuk mempertahankan level attack ke level selanjutnya. Kembali teknik pernapasan menjadi sangat penting disini, sebelum bernyanyi seorang penyanyi akan mempelajari tuts dan nada agar dia paham kapan harus berimprovisasi kapan harus normal agar tidak terkesan memaksakan.
Sustain, adalah level seorang penyanyi mempertahankan attack pada periode tertentu. Sering kita dengar sebuah lagu yang memiliki nada tinggi yang sangat panjang dan bertingkat. Tidak semua penyanyi mampu menyanyikannya dengan benar.
Release, adalah waktu yang dibutuhkan level nada untuk menghilang secara kontinyu hingga habis, anda tidak dapat melakukannya apabila tidak memiliki teknik pernapasan yang baik.
Diperlukan seorang penyanyi untuk memahami secara mendalam tentang timing dan cara membuat suara dengan benar. Memperindah suara dengan improvisasi boleh saja, tapi apabila akhirnya anda kehilangan roh dari sebuah lagu akan menjadi percuma.

6. Mempelajari Teknik Membebaskan Suara

Memiliki suara yang indah dengan musikalitas yang tinggi adalah impian banyak orang, lihat bagaimana seorang Anang Hermansyah bernyanyi. Dia adalah penyanyi  yang mampu memainkan suara yang indah dengan bantuan tulang belakang leher untuk memperindah improvisasi. Ia memiliki fleksibilitas yang sangat baik, ia tahu betul kapan harus mengencangkan otot-otot sekitar ini kapan membuatnya rileks.
Beberapa step dibawah bisa anda coba untuk mempelajari teknik membebaskan suara lebih baik kedepannya.

Pemanasan Leher, bisa dengan menolehkan leher sejauh mungkin ke kiri kemudian kekanan, lalu lakukan gerakan memutar, lakukan secara rutin dan berulang.

Memutar Bahu, Putar bahu anda ke depan secara repetitif, kemudian balik kebelakang, lakukan secara rutin tiap pagi dan sebelum tidur, rasakan perbedaanya.

Menguap, menguap adalah rangsangan yang terjadi untuk melemaskan otot-otot disekitar mulit dan tulang dagu.

Memutar Lidah, Letakkan lidah anda didepat gigi dan lidah, kemudian putar searah jarum jam kemudian putar berlawanan. Letakkan lidah anda dilangit-langit kemudian tahan, lakukan secara rutin setiap harinya untuk memperkuat otot lidah dan memperjelas artikulasi.

7. Mencari nada yang sesuai dengan karakter dan power

Setiap penyanyi memiliki karakter vokal sendiri-sendiri, setiap karakter vokal memiliki jangkauan masing-masing. Setiap jenis suara berkaitan erat dengan nada tertinggi dan nada terendah yang dapat dicapai, baik ketika berteriak, berbicara seperti biasa ataupun sedang bernyanyi.

MuSigPro - Teknik Bernyanyi untuk Pemula
MuSigPro – Teknik Bernyanyi untuk Pemula

Sopran, Sopran atau sering dikenal dengan soprano adalah karakter suara tertinggi pada perempuan dewasa, biasanya suara ini mampu menjangkau nada C4 atau bahkan hingga G5. Sopran sendiri dibagi menjadi tiga berdasarkan warna vokal, rentang suara, timbre dan ketangkasan suara, yaitu dramatic soprano untuk karakter suara yang bertenaga, lyric soprano untuk karakter suara yang lebih ringan. Sedangkan coloratura adalah karakter suara yang memiliki jangkauan yang tinggi dan ketangkasan yang ekstrim.

Mezzo-Sopran, Mezzo berarti sedang, artinya tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu rendah, jenis suara yang bisa dijangkau ini adalaha A3 sampai A5.

Alto, atau sering disebut juga dengan contralto adalah jenis suara permpuan dewasa yang rendah biasanya pada rentang F hingga D2

Tenor, Tenor merupakan suara tertinggi untuk pria. Jenis suara ini antara rentang B sampai G1.

Countertenor, sering juga disebut dengan contra tenor, orang dengan karakter suara ini biasanya memiliki kemampuan teknik falsetto yang baik untuk mencapai nada tinggi dibanding tenor.

Bariton, atau baritone adalah jenis suara pria dewasa yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah, jangkauan nadanya adalah A sampai F1.

Bass, bass adalah jenis suara prida dewasa yang cukup rendah, jangkauan suaranya adalah E hingga C1.

Dari kesekian jenis suara ini, manakah yang cocok dengan anda? Ketika anda sudah mengetahui karakter suara anda maka langkah selanjutnya adalah mencari lagu yang tepat dengan karakter anda. Karena keindahan bernyanyi adalah penggabungan teknik suara, karakter suara dan jenis lagu yang tepat dipadukan secara sempurna.

8. Melatih Deklamasi

Melatih deklamasi berarti menyempurnakan artikulasi, artikulasi yang jelas tanpa dibuat-buat akan menyempurnakan teknik bernyanyi. Lihat bagaimana Anji bernyanyi, ia memiliki artikulasi yang jelas dan padat. Banyak cara untuk untuk menyempurnakan artikulasi salah satunya dengan latihan tongue twister.

9. Latihan Vokalisasi

Berlatih vokalisasi dapat meningkatkan fleksibilitas anda dan membantu menemukan squillo yang baik dengan fonem sederhana. Latihan yang rutin untuk mengucap a i u e o dengan berbagai gaya dan berbagai volume dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot disekitar mulut anda.

10. Meningkatkan Fleksibilitas Lidah.

Berdasarkan para ahli musik dan juri-juri pencarian bakat, fleksibilitas lidah adalah pangkal dari vokalisasi, oleh karena itu penting bagi para penyanyi untuk melatih fleksibilitas lidahnya. Latihan yang rutin diperlukan, senam linguistik dapat anda lakukan secara disiplin tiap pagi dan sore hari, rasakan perbedaan dari hasil latihan anda.

baca juga : 5 Macam teknik vokal 

Setiap orang memiliki keinginan untuk memiliki suara bagus agar dapat menyanyi dengan indah, namun yang perlu anda ingat adalah kemampuan bernyanyi yang bagus dan benar tidak diperoleh secara instant, butuh kerja keras dan kedisiplinan yang tinggi untuk berlatih tiap hari dan memperkaya musikalitas secara keseluruhan. Cara-cara diatas adalah cara yang anda dapat lakukan sendiri dirumah. Cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi MuSigPro, anda dapat mulai mendownloadnya disini dan mengetahui score anda, score tersebut adalah gambaran dari nilai kualitas suara anda, lakukan latihan yang rutin dan kembali lihat perbedaan score anda, apakah naik atau justru sebaliknya malah turun. Ada baiknya anda mulai untuk melirik latihan vokal dengan coach profesional untuk mempercepat proses anda berlatih dan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru dengan orang yang lebih handal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *