Mau jadi penyanyi ? Ikuti 5 tips ini melatih vokal sendiri dirumah

Walaupun kegiatanmu hanya dirumah saja, namun itu tidak membuat kamu untuk mengembangkan talenta dan melatih diri untuk berrkegiatan yang produktif. Apalagi jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi penyanyi, nah kamu bisa lho isi kegiatan dirumahmu dengan melatih vokal sendiri dirumah, agar kamu dapat mewujudkan cita-citamu untuk menjadi penyanyi profesional, lalu bagaimana caranya ?

Ikuti 5 tips ini melatih vokal sendiri dirumah

 

1. Terapkan teknik pernapasan dengan posisi tubuh yang tepat

Nah sebelum kamu memulai untuk latihan vokal, yang harus kamu pelajari adalah cara penapasan yang benar. Kebanyakan teknik bernyanyi itu bermula dari cara mengontrol waktu pernapasan. Kamu dapat membiasakann diri dengan berlatih teknik pernapasan yang benar misal dengan penapasan menggunakan perut, lalu mencoba membuangnya dengan perlahan. Saat bernyanyi nanti, pastikan kamu dapat mengambil napas dahulu sebelum kamu menyanyikan pada baris yang baru.

Posisi tubuh atau postur tubuh juga memudahkan kamu untuk bernyanyi menjadi lebih mudah dan rileks, seperti saat kamu berolahraga, postur tubuh yang baik akan dapat memaksimalkan fisik serta raga kamu dalam bernyanyi.
Hal pertama yang dilakukan adalah dengan tegakkan punggung kamu agar memudahkan dalam pernapasan, pastikan juga tidak tegang saat bernyanyi, rileks kan badan kamu, lalu buka langit-langit pada mulut agar aliran udara yang masuk menjadi lebih banyak.

 

2. Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum mulai bernyanyi

Dengan melakukan pernapasan yang baik akan memudahkan kamu untuk mencapai tinggi nada tertentu, serta dapat mengurangi resiko pada cedera di daerah tenggorokan. Pastikan juga saat pemanasan dapat mencakup nada yang rendah maupun nada tinggi, sehingga aktifitas pemanasan tersebut akan membuat tenggorokan kamu akan menjadi lebih rileks dan tidak kaget saat sudah mulai bernyanyi.

Baca juga : 5 teknik vokal dalam bernyanyi

 

Perlu diingat juga, saat kamu melakukan pemanasan tidak perlu juga sampai dengan menghasilkan suara yang bagus. Namanya juga pemanasan, tan gpenting, kamu dapat meregangkan sudut pada mulut yang sebesar-besarnya, serta melatih getaran pada lidah saat mulai nada tertinggi hingga turun pada nada yang rendah.

 

3. Kenali juga karakter vokal pada diri sendiri

Setiap orang di dunia ini juga memiliki jenis suara yang beda-beda pula, seperti memiliki ke khas an tersendiri, karena sudah di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa berbeda-beda. Jadi jangan selalu membanding-bandingkan atau menyama-nyamakan suara yang satu dengan yang lain ya, karena dengan mengenali suara pada diri sendiri akan dapat membantu dalam memaksimalkan kualitas suara yang kamu punya.

Yang pertama kamu harus mengetahui mengenai rentang vokal pada dirimu sendiri, jangan sampai memaksakan diri untuk mencapai pada nada-nada diluar kemampuan.

Baca juga : 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

Selain itu juga, kamu harus melatih pada pelafalan juga ketika saat bernyanyi. Pelafalan yang baik pula akan sangat membantu pendengar mengerti apa yang kamu ucapkan. Di samping itu penghayatan yang baik pula sangat diperlukan saat bernyanyi, sehingga tidak hanya suara yang bagus dan merdu saja, namun pesan dibalik lagu itu akan mudah tersampaikan dengan baik juga kepada para pendengar.

 

4. Pelajari berbagai tips dari penyanyi profesional

Selain kamu mengikuti tips-tips melatih vokal dirumah diatas, kamu juga dapat mencari tips yang diberikan oleh penyanyi profesional favorit kamu. Di era modern serta era teknologi ini. Akan sangat mudah untuk dapat mencari tutorial ataupun pengalaman yang di bagikan oleh penyanyi yang terkenal. Bisa berupa video, bacaan, ataupun podcastnya.

Baca juga :

 

Kamu juga bisa menyimak tips serta pengalaman yang dibagikan oleh banyak publik figur penyanyi. Seperti Aura Kasih, Vicky Shu, Tasya Romala, dan masih banyak yang lainnya yang kerap membagikan kiatnya dalam berbagai video yang mereka unggah di akun pribadi mereka.

 

5. Sempatkan lakukan latihan di sela-sela kesibukanmu

Kunci dari semua itu adalah konsisten dengan latihan dan praktek terus setiap hari. Kamu dapat bernyanyi dengan lagu-lagu favorit kamu, serta kamu juga dapat mencoba bernyanyi dengan karaoke, alias tanpa suara vokalis aslinya. Jadi kamu dapat bernyanyi menggunakan suara asli kamu sendiri yang di iringi oleh nada lagu tersebut.

Kabar baiknya saat ini kamu nggak perlu repot untuk datang ke tempat karaoke yang mahal untuk mulai melatih suara, kamu dapat bernyanyi karaoke secara online menggunakan aplikasi MuSigPro.

Disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang sudah ada di aplikasi, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja. Lalu saat kita mulai menyanyi maka suara kita akan terekam otomatis di sistem yang ada di aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul skornya juga di aplikasi, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang di sematkan pada aplikasi tersebut, dengan menggunakan artifical intelegence.

 

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat, keluarga ataupun dengan pasanganmu yang dan dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, bahkan  kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dibawakan orang lain juga.

Di aplikasi juga ada juga leaderboard di aplikasi tersebut. Yang mana akan menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak, seperti gambar berikut :

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Tetap semangat untuk berlatih ya. Dan dapat meraih cita-citamu untuk menjadi penyanyi profesional, jika artikel ini bermanfaat untuk kamu. Boleh dibagikan ke teman kamu, agar manfaat ini tidak berhenti di kamu saja 🙂

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)