5 Cara Agar Tidak Stres di Tengah Pandemi Covid 19

Masih ditengah pandemi covid 19 yang belum usai saat ini banyak orang mulai merasa stres entah dikarenakan terlalu memikirkan kesehatan agar harus tetap vit, ataupun justru stres karena tidak memiliki uang untuk biaya hidup ataupun untuk membayar cicilan yang masih belum terbayarkan padahal ia telah di rumahkan oleh perusahaan tempat ia bekerja.

Stres dapat mempengaruhi kesehatan pada sistem imunitas di dalam tubuh manusia. Pada saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang tinggi.

Akibatnya, pada tubuh mengalami peradangan yang mana akan dapat melemahkan sistem pada kekebalan tubuh.

Selain itu juga, stres akan dapat menurunkan pula kadar limfosit atau biasa disebut dengan sel darah puth yang dapat membantu melawan infeksi.

Dan yang perlu diketahui semakin rendah tingkat pada limfosit, semakin tinggi pula resiko kita terkena virus.
Banyak kebijakan yang tidak pasti mengenai penanganan covid 19, dan banyak PHK terjadi dimana-mana ini akan semakin membuat rasa ketakutan dan kecemasan.

Apalagi, himbauan agar kita bekerja, sekolah, dan banyak aktifitas-aktifitas lainnya yang menganjurkan akan dapat dikerjakan melalui rumah saja.

Iya boleh saja, tapi banyak perusahaan juga yang tidak mau tahu, tetap harus kerja dari kantor yang mana itu akan membuat kita rentan tertular penyakit-penyakit seperti covid 19, dan penyaki yang lainnya.

Untuk megatasi penjabaran di atas tadi, Alangkah lebih baik kita juga perlu melakukan manajemen stress.

Lalu Bagaimana 5 Cara Agar Tidak Stres di Tengah Pandemi Covid 19

1. Olahraga Teratur

Olahraga membantu melepaskan hormon endorfin yang mana berfungsi mendorong perasaan bahagia dan meningkatkan suasana hati yang gembira.

Dan pada saat situasi pandemi ini, olahraga yang dilakukan di gym pun tidak di anjurkan oleh pemerintah, karena di tempat gym tempat berkumpulnya orang, serta peralatan-peralatan gym pastinya di pegang juga kan dengan orang lain, yang kita tidak tau, dia membawa penyakit seperti covid 19, walaupun dia terlihat sehat (OTG).

Baca juga :  7 kegiatan produktif yang bikin masa PSBB & karantina tidak membosankan

 

2. Terapkan diet sehat pada diri

Stres juga bisa membuat keinginan kita untuk makan dengan makanan yang tak sehat pun juga meningkat, yang mana ini dapat justru akan memperburuk situasi dan hati kita.

Untuk menghindari makanan yang tak sehat, kita bisa  membuat camilan yang sehat dan juga bisa menjaga nutrisi tubuh tetap terjaga.

3. Tetap terhubung dengan orang lain

Dan yang ketiga adalah tetap terhubung dengan orang lain tetap berkomunikasi dengan orang lain dengan memanfaatkan teknologi dengan menggunakan layanan telepon atau video call, jika misal harus tetap menjaga jarak atau yang bekerja harus WFH ataupun yang sekolah masih harus teteap SFH (School From Home), karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial.

Baca juga :  5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

 

Dengan memanfaatkan teknologi, kita tetap masih bisa berbincang-bincang dengan keluarga serta teman untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh.

4. Mulai usaha kecil-kecilan

Di masa pandemi ini banyak terjadi PHK di perusahaan-perusahaan yang menyebabkan pengangguran dimana-dimana, dan penghasilan yang biasanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari pun berkurang bahkan tidak ada. Dengan keterampilan yang dimiliki, kita bisa membuka usaha kecil-kecilan mulai dari menjual kripik, makanan cemilan ataupun nasi yang di box, guna menambah penghasilan untuk kebutuhan pokok dirumah.

Baca juga : 

5. Menghibur diri dengan bernyanyi

Bernyanyi adlaah seni yang hampir semua orang bisa memasukinya, siapa pun juga dapat menyumbangkan hati serta jiwa mereka.

Dan faktanya bahwa dengan bernyanyi itu menyenangkan dan dapat membuat anda menjadi lebih bahagia, lagipula itu adalah kegiatan rekreasi. Bisa dibilang sama untuk pada semua jenis musik pada umumnya. Hal lebih khusus tentang bernyanyi, baik yang dilakukan sendiri ataupun bebarengan tidak seperti hanya mendengarkan musik.

Tidak hanya itu, manfaat musik lainnya juga membantu meningkatkan kemampuan kita dalam sains (seperti matematika). Dengan bernyanyi juga membawa sejumlah manfaat bagi mata pelajaran artistik, akan memberi kita pada pemahaman seni yang lebih baik, dan membantu kita untuk memahaami nilai-nilai kemanusiaan dengan lebih baik.

Kita juga bisa melatih suara kita dengan bernyanyi melalui online, Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke online seperti MuSigPro.

Di aplikasi tersebut kita bisa sambil bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Semoga bermanfaat

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)