Tips Menjadi Percaya Diri Saat Bernyanyi

Pasti kamu pernah deh merasakan malu, minder, ataupun tidak percaya diri saat di ajak bernyanyi dengan teman, atau pernah ditunjuk untuk maju ke depan untuk bernyanyi. Contohnya saat sedang ada acara hiburan di kampung ataupun di sekolah, kampus maupun di tempat kerja.

Berikut Tips Menjadi Percaya Diri Saat Bernyanyi

Ya, minimal tidak malu-maluin lah . hehe
Hampir semua orang juga menyukai musik dengan beragam genre yang ada. Tapi memang tidak sesuai dengan yang di harapkan, karena yang  diinginkan langsung suaranya bagus seperti Krisdayanti ataupun Glen Fredly, namun kenyataannya kok jauh banget ya . hehe
Eitss, tapi tunggu dulu, walaupun gak bisa suara kita mirip seperti musisi yang sudah terkenal tersebut, paling tidak, kita sudah bernyanyi dengan benar, dan pastinya yang utama adalah tidak malu-maluin kan ?
terus caranya bagaiamana ? yuk ikuti tips berikut :

 

Sudah Mengetahui Lirik

Nah untuk langkah awal ini adalah yang hampir di alami semua orang ketika ingin bernyanyi apalagi saat di panggung ataupun di depan banyak orang, dan ini menjadi faktor yang membuat diri kita malu atau tidak percaya diri. Biasanya orang bingung saat di panggung karena lupa lirik lagu.

Jadi, untuk menghindari faktor penyebab tidak percaya diri, alahkah lebih baik jika kita sudah mengetahui lirik lagu, yang dibarengi dengan nadanya. Jadi harus lebih rajin latihan juga ya pastinya.

Baca juga : 5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

 

Mendengar Lagu Berulang Kali

Untuk tips berikut ini masih ada kaitannya dengan tips yang pertama tadi mengenai Mengetahui Lirik, yaitu dengan mendegar lagu berulang kali. Dan dengan semakin sering mendengar lagu, maka otomatis nada, tempo, dan berbagai elemen yang ada di dalam lagu semakin tersimpan di dalam otak. Nah kemudian rekaman inilah yang nanatinya akan mendukung kita untuk bernyanyi semakin baik lagi dari sebelumnya.

 

Jangan Takut Membuat Kesalahan

Tips selanjutnya ada pada masalah diri sendiri yaitu takut akan kesalahan yang dilakukan sendiri, semakin kita takut dalam membuat kesalahan, maka perasaan takut tersebut membayang-bayangi terus, maka kita tidak akan bisa untuk bernyanyi dengan maksimal. Seseorang akan cenderung menjadi malu, dan bisa jadi tidak ingin ada rasa untuk bernyanyi.

Bukankah para ahli sekalipun pasti juga pernah melakukan kesalahan ? seperti Thomas Alva Edison seseorang penemu listrik ini juga harus melakukan kesalahan 1000 kali agar bisa menemukan listrik yang hari ini masih sangat bermanfaat untuk manusia saat ini.

Lalu bernyanyilah dengan apa adanya dan ikuti, nikmati lagunya.

Baca juga :

 

Tenangkan Dirimu

Sebelum kamu bernyanyi, alangkah baiknya kamu menenangkan diri sebelum memulai bernyanyi, apalagi jika kamu akan tampil di panggung untuk bernyanyi. Setiap orang untuk tips ini punya caranya sendiri untuk menenangkan diri. Beberapa tips untuk menenangkan diri kamu juga bisa coba, seperti berikut :

a. Berdoa
b. Menarik nafas yang panjang
c. Menepuk-nepuk pundakmu
d. Berbincang-bincang pada orang sekitar
e. Berpositif thinking
f. Berpikirlah bahwa penonton kita adalah para malaikat yang baik yang siap mendengarkan lagu kita dengan ceria

 

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips menjadi percaya diri saat bernyanyi yang dapat kamu terapkan agar kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya yang masih malu ketika kamu bernyanyi apalagi saat di tunjuk tampil ke depan di panggung untuk benyanyi menghibur penonton. Dan pastinya terus latih dengan kamu bernyanyi, agar semakin lama akan semakin terbiasa dan hafal dengan lirik, maka akan semakin percaya diri juga kita untuk bernyanyi.

Jika kamu tidak punya wadah dalam melatih suara, kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke online seperti MuSigPro.

Di aplikasi tersebut kita bisa sambil bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Tetap semangat dalam berlatih,  semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

 

 

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)