4 Produk AI Canggih Ini Ada Di Kehidupan Kamu Sehari-hari, Sadarkah Kamu ?

Sekilas yang kita pahami atau yang sering kita lihat, Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artifical Intelegence (AI) yang biasa kita kenal sebagai robot juga hanya muncul di film-film fiksi ilmiah. Namun tanpa kamu sadari, kamu juga pernah menggunakan alat / produk yang di dalamnya tertanam kecerdasan buatan atau Artifical Intelegence. Teknologi ini terdapat pada aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari lo, seperti aplikasi Siri, Spotify, Google, Netflik, dan masih banyak yang lainnya.

Semakin hari pada pengembang atau pegiat teknologi berlomba-lomba untuk membuat teknologi secanggih mungkin dan secerdas mungkin.

 

Berikut 4 Produk AI canggih yang Ada Di Kehidupan Kamu Sehari-hari

Asisten Virtual (Siri, Google Now, Cortana)

Aplikasi yang mungkin kamu sering atau pernah gunakan diantaranya Siri, Google Now, dan Cortana, aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi asisten virtual yang tersedia di tiga platform besar yakni IOS, Android, dan windows mobile.

Ya seperti tujuan utamanya yakni asisten virtual, aplikasi ini dapat membantu kita untuk berbagai macam aktifitas kita sehari-hari langsung menggunakan suara kita.

Seperti kamu dapat bertanya, “Dimana restoran terdekat?” atau “Apa jadwal saya untuk hari ini?” maka aplikasi ini akan menjawabnya sesuai dengan pertanyaan kamu.

Di aplikasi ini tertanam algoritma yang canggih, dengan menangkap suara yang kamu ucapkan lalu di oleh sistem dengan mencocokkan data suara yang kamu sampaikan, kemudian jika cocok diteruskan ke sistem di smartphone kita agar dapat mengeksekusi perintah yang diperintahkan oleh suara kita.

Baca juga : 5 Cara Agar Tidak Stres di Tengah Pandemi Covid 19

 

Iklan Produk Daring

Pernah dong menemukan atau disuguhkan iklan-iklan yang kamu cari atau kamu lihat sebelumnya di situs belanja online? Nah iklan-iklan tersebut dapat muncul karena teknologi AI serta Algoritma khusus yang dapat menganalisis produk yang kamu beli sebelumnya ataupun produk yang terakhir kamu lihat di situs belanja online.

Untuk contoh penerapan ini digunakan oleh perusahaan besar seperti Google dan Facebook, untuk google digunakan untuk google ads remarketing dan untuk facebook menggunakan Fb Ads Pixel.

 

Pelayanan Konsumen Virtual

Semua situs belanja online ataupun situs company profile milik perusahaan pasti berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan baik, termasuk menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pelayanan konsumen atau customer service. Namun, tidak semua situs belanja online atau situs company profile perusahaan menyediakan karyawan khsus yang berfokus hanya untuk mengerjakan hal itu. Oleh karenanya kehadiran teknologi AI ini sangat dibutuhkan.

Baca juga : 6 Lagu Terpopuler Denny Caknan dengan Ratusan Juta Viewer

Apa saja yang dapat dilakukan teknologi AI ini untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam melayanani pelanggan dengan baik dan dapat di kontrol ?

Dibeberapa situs belanja online dan company profile perusahaan menerapkan fitur chatbot. Yakni untuk merespons pertanyaan yang kamu tanyakan di chat, dan semua jawaban yang diberikan atas otomatis.

Fitur canggih ini dapat memahami bahasa dan pilihan kata yang dapat kamu gunakan untuk menemukan jawaban yang kamu inginkan. Fitur ini juga dikembangkan dari salah satu cabang ilmu AII, yakni pemrosesan bahasa alami atau natural language processing (NLP).

Baca juga : 

 

Layanan Musik dan Film Daring

Pernah menggunakan aplikasi seperti Spotify atau Netflix ? Pastinya sudah ya, karena aplikasi ini sangat populer di dunia. Fitur yang tertanam di dalam aplikasi ini adalah teknologi AI yang dapat merekomendasikan judul musik, dan film sesuai minta atau berdasarkan hal yang sesuai dengan keinginanmu.

Dengan menggunakan algoritma yang cerdas, aplikasi-aplikasi ini dapat mempelajari msuk atau film pilihan yang dapat sistem pilihkan sesuai dengan keinginanmu.

Selain aplikasi spotify dan netflix, ada aplikasi yang tak kalah canggih juga nih. Buat kamu yang menyukai dunia musik khsususnya dalam bernyanyi. Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke online seperti MusigPro.

 

Di aplikasi tersebut kita bisa sambil bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya. Dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik. Skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Semoga bermanfaat

 

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)