5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

 

Kamu pasti sering kan melihat orang yang mengcover lagu-lagu yang populer yang biasanya bernyanyi sambil memainkan gitarnya pula, lalu kamu juga ingin mengikutinya, namun terkendala dengan kamu masih belajar bitar.

Dan masih banyak mencari-cari bentuk chord gitar serta posisi nada di fretboard gitar, dan itu tidak mudah bagi seorang pemula, apalagi jika kunci-kunci gitar tersebut berbeda dengan kunci gitar yang dasar, misalkan f minor.

Nah untuk membantu kita dalam mencari chord gitar yang sesuai, ada beberapa website juga yang menyediakan chord-chord gitar, sangat bermanfaat sekali bagi para gitaris terlebih oleh seorang pemula yang sedang mempelajari gitar.

Peralihan dari Buku Chord Lagu Konvensional ke Situs Chord Lagu

Jika kamu pernah merasakan saat zaman dahulu, kamu harus membeli buku kumpulan chord-chord lagu terlebih dahulu, ketika kamu ingin belajar musik atau mengcover lagu. Di dalam lagu itu pun juga biasanya dibuat per jenis lagu, misal lagu anak-anak, lagu dangdut, lagu POP, maupun lagu bergenre dangdut koplo.

Bahkan ada juga buku lagu yang dibuat per nama band nya atau penyanyi, misal Band Slank, Peterpan, Iwan Fals, dan masih banyak yang lainnya.

Namun saat ini semua berpindah ke digital, alias buku-buku chord yang biasanya ada di toko-toko buku, sudah mulai beralih ke digital ke website-website ataupun aplikasi-aplikasi.

 

Kelebihan Mendapatkan Chord dan Lirik Lagu Populer dengan Mengakses Melalui Website

  • Tidak perlu membeli buku-buku chord lagu, yang mana harganya akan lebih mahal ketimbang mengakses melalui internet
  • Lebih praktis dan mudah, kamu tidak perlu membawa-bawa buku chord lagu, cukup hanya dengan mengakses melalui smartphone kamu.
  • Efisien, kamu dapat mencari chord lagu berdasarkan jenis, penyanyi, serta judul lagu yang diinginkan
  • Chord dan lirik lagu akan selalu lebih update dengan lagu-lagu baru yang cepat & banyak yang bermunculan

Namun, tidak semua situs chord lagu yang menyediakan chord yang mudah di terapkan pada setiap pemula yang sedang belajar, maka pilihlah situs chord lagu yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut Daftar 5 Situs Terbaik Untuk Mencari Bentuk Chord Gitar

Nah berikut kami rangkum ke dalam 5 situs terbaik untuk mencari bentuk chord gitar yang sesuai dengan kebutuhanmu baik yang pemula ataupun yang sudah memahami.

1. Chordtela.com

Untuk situs chord lagu terbaik pertama ada chordtela.com, nah untuk situs ini cocok untuk para pemula. Situs ini pun juga memiliki lagu-lagu terupdate, dan memberikan kenyamanan buat kamu, walaupun kamu masih pemula.

Di situs ini juga memiliki tampilan yang sangat sederhana, dan yang paling enak, karena tidak ada iklan yang mengganggu, kamu bisa mencari beragam genre musik pula, mulai dari dangdut, pop, campursari, hip-hop, dan masih banyak yang lainnya.

Di Chordtela.com ini juga dilengkapi dengan aat transpose chord. Alat transpose ini akan sangat berguna jika kamu ingin memainkan chord lagu di situs website ini, misalnya jika kamu mencoba pada lgu Ada Apa Denganmu milik Peterpan, yang awalnya adalah Chord D. Disini kamu juga bisa me transpose ke chord C, sehingga chordnya yang ada di lagu itupun juga otomatis berubah.

Baca juga : 5 Cara Agar Tidak Stres di Tengah Pandemi Covid 19

2. Chordlagu.id

Di deretan kedua ada chordlagu.id, situs chord yang di realease pada tahun 2018 ini memiliki tampilan desain yang smooth dan kece serta konten chord lagunya pun paling update saat ini diantara situs chord lagu lainnya. Di situs ini juga sudah memiliki chord gitar yang cukup banya hingga lebih dari 5000 lagu populer baik dalam negeri maupun yang barat, fitur yang di sematkan pada chordlagu.id ini juga terdapat fitur submit chord dan request chord.

 

3. Chordfrenzy.com

Untuk situs ini adalah dikenal sebagai pioneer situs penyedia chord gitar di Indonesia, pasalnya situs ini di luncurkan pada tahun 2006 lampau, sudah cukup lama, dan masih eksis sampai saat ini, chordfrenzy.com ini memiliki lebih dari 3000 chord gitar terutama pada lagu-lagu populer di Indonesia.

Baca juga :  Hanya Modal Rp.650.000, Kini Denny Caknan Menjadi Milyader

 

4. Musikord.com

Di tempat keempat ada Musikord.com. Situs ini dibilang masih terbilang baru, di situs ini juga menawarkan beragam fitur yang patut dicoba. Terutama pada fitur Request Chord dan Contribute. Jadi siapa saja yang ingin melakukan request chord dan siapa saja yang ingin berkontribusi untuk menambahkan chord-chord baru yang telah di request oleh pengguna lain tersebut.

Baca juga : 

5. Chordqu.com

Di urutan terakhir ada satu lagi nih situs chord dan lirik lagu, situs ini bisa dijadikan pilihan terbaik pula, dengan tampilan website yang kekinian, dan nyaman untuk dilihat mata.

kamu bisa mencari lagu-lagu keinginanmu di kolom pencarian, karena situs ini banyak memiliki koleksi chord dan lirik lagu, serta mempunyai fitur yang memudahkan pemula untuk belajar gitar dengan fitur transpose dan autoscroll, cocok banget nih buat kamu yang sedang belajar dan yang lebih memudahkan lagi ada fitur video dari youtube yang sudah terpasang juga di 1 halaman dengan chord lagu, jadi kamu bisa mencocokkan juga dengan nada yang asli dari lagunya. Recomended lah ini situs buat kamu.

 

Kesimpulan

Nah bagaimana ? diantara situs-situs tersebut yang mana yang ingin kamu pilih ? Bisa dicoba dulu ya, di sesuaikan sesuai kebutuhan kamu, bila masih pemula, pastikan memilih yang mudah digunakan, tidak justru malah membuat jadi pusing dan ribet. hehe

Selagi belajar bermusik menggunakan gitar kita juga bisa sambil belajar melatih suara kita dengan bernyanyi, kita juga bisa melatih suara kita dengan bernyanyi melalui online, Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke online seperti MuSigPro.

Di aplikasi tersebut kita bisa sambil bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Semangat belajar musiknya, dan artikel ini semoga bermanfaat buat kamu.

 

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)