Suka Menyanyi ? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi Untuk Kesehatan

Manfaat bernyanyi adalah menjadi salah satu cara seseorang dalam mengekspresikan perasaan atau mengungkapkan isi hati. Banyak orang yang mengekspresikan perasaan melalui media suara dengan bernyanyi, dan saat ini sudah banyak lagu-lagu yang cocok untuk banyak kondisi perasaan orang.

Selain itu, dalam bernyanyi juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan. Contohnya saat kamu merasa sedang banyak pikiran dan stres karenanya, kita bisa menghibur diri dengan cara bernyanyi.

Dan dalam bernyanyi tidak hanya dimainkan oleh seseorang yang memiliki suara merdu saja. Namun bisa dilakukan oleh hampir semua orang karena kegiatan ini memang dapat menjadi sarana efektif untuk menghibur diri.

Banyak genre / tipe musik juga yang dapat dimainkan sesuai kesukaanmu atau saat kondisi-kondisi yang sesuai, misal jika kita sedang murung, bersedih hati, mungkin lagu yang sesuai saat kondisi tersebut adalah lagu yang di dalamnya ada lirik dan nada yang mengandung perasaan semangat dan menyenangkan, karena jika yang dinyanyikan dengan tipe galau atau sedih, justru akan membuat kamu merasa tambah sedih. Banyak sekali manfaatnya kalau kita bernyanyi.

Nah Suka Menyanyi ? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi Untuk Kesehatan

1. Memacu Produksi Hormon Endorfin lebih banyak

ketika kondisi kita sedang tidak mood, tentu pastinya perasaan jadi tidak enak, hawanya seperti emosi atau murung saja, lalu kita mencari agar mood kita bisa kembali lagi. Banyak orang yang mengatasinya dengan cara bernyanyi ataupun mendengarkan musik. Dan ternyata pilihan untuk bernyanyi adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan bad mood kamu.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Ketika kita bernyanyi, pastinya kita juga harus mengatur pola pernapasan, agar saat bernyanyi nada dan liriknya sesuai yaitu saat kita mengambil dan mengeluarkan oksigen. Dan perlu kamu ketahui, ternyata hal ini dapat membuat lancar peredaran darah kita.

Dimana sirkulasi darah yang lancar maka akan memperlancar juga pasokan darah ke otak kita. Lalu aliran darah tersebut ke otak dan dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Dan pada saat kamu bernyanyi, secara tidak langsung, kita melatih diri kita untuk meningkatkan daya ingat. Nah buat kamu yang sering lupa, cocok banget nih terapi dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan bernyanyi.

Baca juga : 10 Lagu ini Cocok Untuk Menemani Olahraga Kamu

 

 

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Nah untuk manfaat yang ini pastinya banyak orang yang mengidam-idamkan kan, yakni memperbaiki postur tubuh . hehe, karena bernyanyi dengan sikap yang benar akan mampu memperbaiki postur tubuh pada seseorang. Lalu sikap tubuh yang benar seperti apa ? pastinya kamu bertanya tentang hal demikian. Untuk sikap posisi tubuh pada saat bernyanyi yang benar yakni berduri atau duduk dengan tegak.

Jika kamu bernyanyi pada posisi demikian, maka postur tubuh kamu lama kelamaan akan membaik pula dari sebelumnya.

Dengan postur tubuh yang baik akan dapat menguatkan tulang dan otot kamu juga. Jadi bernyanyilah dengan posisi yang benar ya, agar postur tubuhmu dari hari ke hari akan semakin membaik juga.

 

4. Memperpanjang Umur

Penelitian dari Universitas San Fransisco menunjukkan bahwa dengan bernyanyi akan bisa mengurangi resiko kematian bagi lansia. Karena terbukti, ketika sudah terbiasa dengan posisi tubuh tegak baik saat berdiri maupun saat duduk, akan dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Sehingga akan memperkecil kemungkinan mereka jatuh dan kecelakaan yang bisa menimbulkan dampak yang fatal jika hal tersebut terjadi

Baca juga : 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

 

5. Meningkatkan Stamina

Dengan vokal yang lantang dan dengan jelas akan menjadi salah satu unsur penting yang harus terpenuhi dalam bernyanyi. Artinya, kita pastinya membutuhkan oksigen yang banyak pula agar vokal kita bisa terdengar lantang dan jelas.

Baca juga :

 

Dan saat bernyanyi kita melatih paru-paru dan tenggorokan. Paru-paru jika kita latih terus menerus dengan bernyanyi akan membuat menjadi lebih kuat. Dan itu sesungguhnya bisa meningkatkan stamina pada dalam tubuh kita

 

Kesimpulan

Nah itulah 5 manfaat bernyanyi. Selain itu bernyanyi juga sebagai wadah mengekspresikan diri dan menghibur diri, ternyata bernyanyi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Maka dari itu buat kamu yang memiliki suara yang kurang bagus jangan minder, jangan malu. Anggaplah itu sebagai terapi untuk membuat tubuhmu sehat. Jadi saat ini kita juga bisa bernyanyi dengan menyenangkan melalui online, Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke online seperti MuSigPro.

Di aplikasi tersebut kita bisa sambil bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan yang paling spesialnya lagi di aplikasi ini suara kita ketika kita rekam, maka akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Tetap sehat dan bahagia,  semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)