kriteria penilaian lomba menyanyi
source okezone

Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi

Pada saat penyelenggaraan lomba vokal / menyanyi secara sendiri atau yang biasa di kenal menyanyi solo tingkat RT dan bahkan tingkat dewa hhehehe. Mungkin ada beberapa penyelenggara lomba menyanyi yang mungkin kurang begitu tahu kriteria apa saja yang di nilai untuk lomba menyanyi ini. Saat saya melakukan penyeledikan, ternyata ada parameter khusus dan cara penilaian menyanyi yang baik dan benar. Bahkan penilaian menyanyi ini dibedakan berdasarkan Style/Jenis Musik. Wow saking detailnya ya.

Tapi dalam artikel ini saya hanya membagikan ilmu yang saya dapat mengenai penilaian menyanyi terhadap Penyanyi Pop Solo Trendy (Solo itu artinya tunggal ya, Bukan kota Solo pastinya. hehe). Nah yang dibahas ini mengenai penyanyi tunggal yang menyanyikan jenis musik Pop. Tapi apa aja sih yang termasuk lagu-lagu pop, intinya yang masih terdengar pop gan. Misalnya pop rock, pop jazz, R&B dan lainnya. Pokoknya, yang kira – kira masih terdengar ada nuansa pop nya.

Balik lagi ke permasalahan awal mengenai penilaian menyanyi, okay kita bahas kriteria – kriterianya berdasarkan pendapat Adjie Esa Poetra

Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi :

 

1. Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi dari Segi Vokal
kriteria vokal

Hal yang satu ini ada empat unsur ya untuk penilaian menyanyi ini, yaitu : Kejelasan Nada yang dinyanyikan, Kejelasan Artikulasi bahasa kalimat lagu yang dinyanyikan, Kejernihan Suara maksudnya adalah suaranya memiliki karakter tersendiri dan tidak dimirip – miripin dengan artis yang nyanyi lagu itu gitu bro. hhehe, Tenaga Suara yang dinyanyikan pada saat nada – nada tinggi.

2. Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi dari Segi Penjiwaan

Ternyata bukan hanya artis movie aja yang pake penjiwaan nangis dan bahagia, penyanyi pula ada penjiwaan ternyata. Makanya penting tuh memahami isi lirik lagu, jadi jangan asal kayak baca koran kalau menyanyi. Harus penuh penghayatan, tapi jangan berlebihan pula ya. Yang ada kalo berlebihan malah ga jadi nyanyi dan memenangkan lomba menyanyi, tapi malah jadi pemain movie hhehe.

Baca juga

3.Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi dari Segi Teknik/Talent

Nah yang satu ini untuk mengukur sejauh mana tingkat kefasihan penyanyi untuk menguasai lagu yang memiliki kesulitan bisa tinggi untuk menyanyikannya. Kita dapat tahu dari dua penyanyi yang telah menguasai lagunya masing – masing. Misalnya saja Penyanyi pertama menyanyikan lagu anak – anak dan Penyanyi kedua menyanyikan lagu jazz. Nah kita udah tahu tuh jagoan yang mana hhehe

Selain itu kemampuan improvisasi atau melakukan variasi yang direncanakan ( impromptu ) tapi dengan syarat lagu tersebut menjadi lebih menarik dengan itu. Kalo jadi kurang menarik malah jadi Blunder kalo bahasa sepak bola. Misalkan kedua penyanyi menguasai satu lagu yang sama, namun ada perbedaan, penyanyi pertama menguasai dan berimprovisasi yang membuat lagu tersebut menjadi semakin menarik dan lebih enak didengarkan.

Kompetisi Menyanyi MuSigPro-Mo
Ikuti Lomba Menyanyi Terbaru di MuSigPro-Mo 2022

4. Kriteria Penilaian Lomba Menyanyi dari Segi Penampilan

Kebayang tuh penyanyi lagu religi dengan setelan penampilan Rocker. Kira – kira nyambung ga ?? hhihi. Oleh karena itu penampilan ini pula penting untuk dinilai sebagai kriteria / parameter penyanyi. Selain itu, penampilan pula dapat menambah rasa greget seorang penyanyi dalam menyanyikan lagunya bahkan penonton tambah terpukau dengan penampilan penyanyi pada saat lomba menyanyi tersebut.

Nah cukup segitu dulu ya bahasannya, nanti saya tulis lagi mengenai hal – hal menarik lainnya mengenai musik dan kontes menyanyi gan. Ngomong-ngomong ilmu ini . Semangat terus untuk terus berlatih menyanyi ya sis and gan hhihi

Ini ada kriteria penilaian lomba menyanyi juga dari saudara kita pak welly nugraha :

 

Baca juga :

 

Kamu dapat belajar menyanyi untuk merasa percaya diri agar dapat ikut lomba menyanyi, salah satunya, kamu dapat gunakan aplikasi MuSigPro, disitu kamu dapat menyanyi dan akan direkam suara kamu, lalu sistem akan menampilkan skor hasil dari kamu menyanyi.

Selain skor kamu dapat bersaing bersama teman-temanmu untuk mendapatkan Like yang tinggi di aplikasi tersebut, selain itu ada leaderboard juga disini, sehingga dapat melihat siapa yang mendapatkan akumulai dari Like dan skor yang tertinggi.

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)