6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

Bernyanyi sudah tidak diragukan lagi memang salah satu kegiatan yang banyak orang suka. Selain bernyanyi adalah sebagai sarana hiburan, bernyanyi juga dipercaya oleh banyak orang dapat membantu dirimu untuk mengurangi tingkat stres jika kamu sedang memiliki masalah ataupun aktifitas sehari-hari. Di zaman modern seperti saat ini memang tingkat stres seseorang meningkat, apalagi saat pandemi korona seperti saat ini, banyak orang yang kekurangan, karena berbagai macam seperti PHK ataupun menurunnya daya beli masyarakat.

Bernyanyi ini juga bisa untuk meningkatkan mood kamu, jika kamu sedang tidak mood atau tidak ada semangat untuk menjalani aktifitas sehari-hari.

Dan di dalam bernyanyi pastinya kita akan mengeluarkan suara dan juga lantunan nada. Dan setiap orang memiliki suara yang berbeda pula, ada yang serak, melengking, ataupun yang lainnya. Biasanya seorang penyanyi ternama juga memiliki suara yang khas nan merdu.

Kamu pun juga bisa membuat suara yang bagus dan merdu pula, jadi jangan minder dulu ketika kamu suaranya kurang enak di dengar atau tidak merdu. Sebenarnya ada kok beberapa cara yang bisa membuat suara kamu menjadi merdu, mulai dari les vokal maupun dengan beberapa kali latihan dan menyesuaikan dengan jenis lagu yang cocok untuk suara yang kamu miliki.

Berikut 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

1. Tips membuat suara merdu dengan rajin minum air putih

Tips yang pertama ini siapa sangka bahwa dengan kamu banyak minum air putih bisa membantu kamu membuat suara menjadi merdu. Hal ini dikarenakan dengan meminum air putih yang cukup setiap harinya akan dapat membantu kamu dalam memperbaiki semua organ tubuh. Jadi sesuai anjuran setidaknya kamu meminum 8 gelas air putih setiap harinya akan membuat kamu menjadi sehat. Karena fungsi organ untuk mengeluarkan suara pun ikut menjadi lebih sehat. Dan hasilnya suara kamu kian hari akan semakin baik dan merdu, sembari sambil dilatih terus menerus.

Rutinlah meminum air putih ini minimal 8 gelas setiap harinya, selain dapat membuat suara kamu menjadi merdu, minum air putih juga dipercaya dapat mencerahkan kulit kamu dan juga mencegah dari dehidrasi akibat dari kekurangan cairan tubuh. Jadi memang banyak manfaatnya, gak akan rugi deh.

 

2. Tips membuat suara merdu dengan minum air jahe

Minuman ini dikenal dengan manfaat menghangatkan tubuh, namun ternyata minum air jahe juga dapat membuat suara kamu menjadi lebih bagus dan merdu. Dan sebenarnya sudah banyak dan bukan menjadi rahasia lagi jika para penyanyi juga percaya akan khasiat yang terkandung dari jahe ini dalam membuat suara menjadi bagus. Biasanya juga para penyanyi meminum air jahe sebelum mereka tampil di panggung untuk bernyanyi.

Hal ini berfungsi untuk membantu membersihkan di tenggorokan sehingga suara yang dihasilkan pun juga akan lebih bersih. Kamu dapat membuat air jahe ini sendiri dengan memarutnya dan mencampurkan air panas bisa juga ditambah dengan madu agar rasanya menjadi lebih nikmat, namun jika kamu tidak mau ribet, bisa juga membeli yang sudah kemasan yang praktis.

Air jahe yang hangat ini juga dipercaya dpaat memperlancar saluran pernafasan, sehingga akan sangat bagus jika diminum untuk dapat meningkatkan kualitas suara kamu agar menjadi lebih merdu dan pastinya yang di idamkan yakni enak di dengar oleh para penonton.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum lah air jahe ini secara rutin yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum kamu tidur.

Baca juga : 5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

 

 

3. Tips membuat suara merdu dengan minum air kencur

Selain 2 tips diatas seperti minum air putih dan air jahe, ada 1 bahan herbal asli Indonesia juga nih yang dapat membuat suara kamu menjadi merdu dan bagus yakni kencur. Ya kencur ini sudah digunakan sejak lama untuk pengobatan seperti radang tenggorokan, batuk, bahkan jika kamu mengalami sakit perut juga. Namun yang berhubungan dengan suara yang bagus lebih ke tenggorokan, karena manfaat kencur ini mampu untuk menghilangkan lendir yang banyak terdapat di saluran pernafasan kamu.

Selain itu kencur juga berasalah dari bahan alami yang mana aman untuk dikonsumsi oleh segala jenis usia dan tidak menyebabkan efek samping pastinya. Dan juga mendapatkan dan membuatnya pun juga mudah, kamu bisa merebusnya atau jika kamu nggak mau ribet, kamu bisa membelinya di tukang jamur keliling atau membeli yang sudah dalam kemasan sachet akan sangat praktis nan mudah.

 

4. Tips membuat suara merdu dengan melatih pernafasan

Jika ketiga tips tadi berkaitan erat dengan yang kita minum untuk mendapatkan suara merdu dan bagus, untuk tips kali  ini mengenai pernafasan yakni dengan melatih pernafasan kamu, dengan mengatur pernafasan adalah unsur terpenting dalam bernyanyi. Jika kamu mengikuti kursus vokal, teknik pernafasan adlaah materi yang sangat sering dipelajari juga. Seorang penyanyi yang dapat menagtur pernafasan akan dapat menyanyikan dalam berbagai nada baik itu nada yang tinggi ataupun nada rendah.

Baca juga : 5 teknik vokal dalam bernyanyi

 

Sering juga bagi para pemula, yakni kehabisan suara saat melakukan nada yang tinggi. Ini bisa terjadi karena kita kurang dalam melatih pernafasan dan berujung menjadi fals. Namun kamu jangan khawatir lagi, saa t ini kamu juga bisa kok melatiha pernafasan dari rumah, nah berikut langkah-langkahnya :

  1. Duduk dengan posisi bersila, lalu tegakkan posisi punggung kamu, pastikan posisi kamu dalam keadaan rilex
  2. Tarik nafas panjang dan alirkan di bagian perutmu
  3. Tahan pada bagian perut kurang lebih sekitar 10 detik, ini dilakukan untuk melatih pernafasan perut
  4. Keluarkan nafas secara perlahan dari mulut
  5. Lakukan ini secara ruti yakni pada pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sembari kita juga mendapatkan udara yang segar di pagi hari

Untuk melatih pernafasan dada juga caranya sama seperti langkah-langkah di atas. Hanya untuk perbedaannya kalau yang di atas itu perut, kamu dapat ganti menjadi pernafasan di dada, sehingga dapat membuka diafragma kamu.

Lakukan secara rutin ya latihan pernafasan ini, agar kamu mampu untuk bernyanyi menjadi lebih bagus.

5. Tips membuat suara merdu dengan latihan teknik bernyanyi

Selanjutnya adalah dengan latihan teknik bernyanyi. Teknik bernyanyi menjadi sangat penting untuk dipelajari, sebenarnya juga sangat banyak teknik bernyanyi yang perlu kamu pelajari juga, jika kamu ingin menjadi penyanyi profesional. Namun pada kesempatan kali ini kita akan bahas dasar-dasarnya saja ya, karena jika dijelaskan semua akan menjadi sangat panjang.

Baca juga :

Teknik bernyanyi ini seperti pernafasan, posisi tubu, dan juga seperti cara membuka mulut.
Pada pernafasan sangat penting buat kamu melatih agar kamu dapat mengatur tinggi rendahnya suara menyesuaikan dengan nada.
Sementara untuk posisi tubuh yang benar dapat membantu kamu memaksimalkan pada suara kamu yang kamu keluarkan.
Sedangkan cara membuka mulut bermnafaat untuk artikulasi suaramu agar terdengar lebih jelas.

Untuk selengkapnya kamu juga bisa mempelajar teknik bernyanyi melihat panduan-panduannya melalui platform seperti Youtube, atau kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti MuSigPro, disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang sudah tersedia di aplikasi, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja, lalu kita bernyanyi dan suara kita akan terekam, lalu akan muncul skornya juga di aplikasi, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang disematkan di aplikasi menggunakan artifical intelegence.

 

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat ataupun pasanganmu dan dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, bahkan  kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard di aplikasi tersebut, yang mana akan menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak lo

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

6. Tips membuat suara merdu dengan melakukan pola hidup yang sehat

Dan tips terakhir yang membuat suara kamu merdu adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Selain dapat membuat suara kamu merdu dan bagus ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Dan sebisa mungkin kamu wajib menghindari memakan yang terlalu banyak kanduang minyaknya ataupun yang manis-manis. Dan kamu juga perlu menghindari rokok, karena dapat membuat tenggorokanmu menjadi tidak sehat dan akan mempengaruhi suara yang kamu hasilkan.

Baca juga : Suka Menyanyi ? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi Untuk Kesehatan

Pastikan kamu juga rutin untuk melakukan olahraga guna menjaga kebugaran tubuhmu. Dengan tubuh yang bugar maka akan dapat menghasilkan suara yang maksimal juga, dan juga ditambah dengan teknik bernyanyi yang baik. Seperti di tips yang kelima sebelumnya, maka suara kau akan menjadi lebih sempurna.

 

Kesimpulan

Demikian artikel ini mengenai Tips membuat suara merdu dan bagus. Ikuti tips-tipsnya jika kamu ingin mendapatkan suara yang merdu dan bagus agar saat bernyanyi kita akan semakin percaya diri dan mantap. Apalagi jika kita disuruh untuk tampil di panggung untuk bernyanyi.
Saat ini, MuSigPro memiliki program baru yaitu MuSigPro Vocal Academy, sebuah program kursus online untuk melatih dan meningkatkan kemampuan bernyanyi kamu, bagi kamu yang ingin mengikuti kursus vokal bersama MuSigPro Vocal Academy anda dapat mengisi form dibawah ini. MuSigPro Vocal Academy terbuka untuk segala usia mulai dari anak-anak hingga remaja, para peserta akan dilatih oleh vocal coach profesional dengan biaya terjangkau dan didukung dengan aplikasi MuSigPro sebagai supporting toolsnya, peserta juga akan mendapatkan kurikulum MuSigPro Vocal Academy yang berstandard internasional. Daftarkan dirimu sekarang dengan mengisi formulir dibawah.


Jika mau memiliki pertanyaan seputar pembahasan kali ini, kamu dapat menuliskan di kolom komentar dibawah

Dan Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)