5 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental, Dan Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Musik sudah tidak dipungkiri menjadi media hiburan yang banyak di minati oleh banyak orang. Musik disini juga cocok untuk menemani setiap aktifitas kita, seperti ketika kita belajar, bekerja, bersantai, bahkan ketika kita hendak ingin tidur. Selain sebagai sarana hiburan, musik ternyata juga meyimpan banyak manfaat lain untuk kesehatan mental kita.

Di musik juga terkadang menjadikan sebagai sarana untuk menenangkan diri dan ada yang menganggap sebagai pelarian bagi orang yang sedang memiliki banyak pikiran. Dan mereka menganggap musik ini dapat memberikan ketenangan dan rasa nyaman dalam jiwa. Namun yang pastinya itu semua juga tergantung dengan jenis musik apa yang didengarkan.

Musik disini bisa menjadi peningkat energi, relaksasi, dan dapat mengubah suasana hati & pikiran seseorang. Berikut

5 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental, Dan Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Dapat Meningkatkan Kinerja

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat meningkatkan kinerja
Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat meningkatkan kinerja

Untuk manfaat musik untuk kesehatan mental yang pertama adalah dapat meningkatkan kinerja. Kita ulik sejenak, kinerja yang seperti apa ? Kinerja maksudnya adalah kinerja kognitif. Pada penelitian menunjukkan bahwa musik latar, atau musik yang di dengarkan ketika pendengar berfokus pada kegiatan lain, hal ini dapat meningkatkan kinerka pada tugas-tugas yang bersifat kognitif terhadap orang dewasa.

Baca juga : Suka Menyanyi ? Berikut 5 Manfaat Bernyanyi Untuk Kesehatan

Jadi saat anda sedang mengerjakan berbagai tugas, anda bisa sedikit untuk menyalakan musik yang anda butuhkan sebagai sarana meningkatkan kinerja anda. Daripada mendengarkan lagu dan lirik yang rumit, pilihlah lagu instrumental karena lagu yang rumit justru akan berpotensi mengganggu pikiran yang akan berakibat ke kinerja anda.

Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat musik untuk kesehatan mental yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya ingat. Telah banyak orang juga yang menikmati dengan mendengarkan musik ketika ia sedang beljar, tapi ada juga yang berpendapat bahwa itu hanya membuat tidak konsen / menjadi gangguan.

Dalam penelitian menunjukkan pula bahwa itu mungkin bisa saja membantu, namun tergantung juga pada berbagai faktor, seperti jenis musik dan pendengar musik. Dalam studi yang lain pun juga menemukan bahwa ketika siswa yang sering & senang mendengarkan musik cenderung siswa belajarnya menjadi lebih baik, ketika mereka mendengarkan musikk yang netral. Ini juga bisa terjadi karena jenis musik yang dipilih ini tidak mengganggu dan lebih mudah untuk diabaikan.

Jadi, walaupun musik memiliki efek pada daya ingat orang, hasil yang di dapatkan pun juga bervariasi tergantung individu masing-masing yang menangkapnya. Jika anda justru cenderung merasa terganggu oleh adanya musik, mungkin anda lebih cocok untuk belajar tanpa musik.

Dapat Mengurangi Gejala Depresi

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat mengurangi depresi
Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat mengurangi depresi

Manfaat musik untuk kesehatan mental berikutnya adalah dapat mengurangi gejala depresi. Para peneliti juga menemukan bahwa terapi musik dapat juga mejadi pengobatan yang aman serta efektif untuk berbagai gangguan pikiran, termasuk juga depresi.

Di sebuah studi ilmiah yangmuncul dalam World Journal of Psychiatry menemukan bahwasanya selain mengurangi tingkat depresi dan kecemasan yang terjadi di pasien yang menderia pada kondisi neurologis, terapi musik ini tidak menunjukkan tanda-tanda efek samping yang negatif.

Baca juga : 10 Lagu ini Cocok Untuk Menemani Olahraga Kamu

Satu studi juga menemukan bahwasanya walaupun musik dapat memberikan dampak pada suasana hati, jenis musik yang dipilih juga menjadi faktor yang penting pula. Para peneliti juga meneukan bahwa jika seseorang mendengarkan musik klasik dan meditasi, maka akan menawarkan manfaat untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman.

Dapat Meningkatkan Mood

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat meningkatkan mood
Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat meningkatkan mood

Manfaat musik untuk kesehatan mental yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan mood atau suasana hati seseorang. Kita telah mengetahui dengan musik akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan bahwa musik ini memainkan perang yang amat penting dalam menghubungkan gairah. Dan suasana hati serta pikiran seseorang. Dan dapat mencapai suasana hati yang lebih baik dari sebelumnya.

Dapat Mengurangi Stres

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat mengurangi stres
Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental dapat mengurangi stres

Manfaat musik untuk kesehatan mental yang terakhir adalah musik dapat mengurangi stres. Anda dapat mencoba musik yang berpusat pada melodi yang mediatif. Dan hal tersebut memang diciptakan untuk menenangkan hati serta pikiran agar dapat terelaksasi.

Pada sebuah studi di tahun 2013 lalu. Seorang peserta mengambil bagian dalam satu daru tiga kondisi yang sebelum terkena stres lalu mengambil tes stres psikososial. Beberapa dari peserta mendengarkan musik yang menenagkan, lalu yang lain mendengarkan suara gemericik air. Lalu sisanya tidak menerima rangsangan pendengaran.

Baca juga : Hobi Menyanyi ? Berikut Langkah Jitu Jaga Kesehatan Gigi & Mulut

Dan hasilnya pun cukup mengejutkan yakni menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respon stres pada manusia, terutama pada sistem saraf otonom. Mereka yang telah mendengarkan musik justru cenderung pulih lebih cepat setelah mengalami stres.

Kesimpulan

Itulah beberapa Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental, Dan Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat dengan mudah yang bisa kamu ketahui, agar dapat mengurangi stres kamu juga bisa bernyanyi. Apalagi di era saat ini menyanyi bisa dilakukan dengan cara yang seru dan asik, misalnya dengan menyanyi secara online atau karaoke online.

Baca juga : 8 Tips Agar Suara Bagus Saat Bernyanyi

Jika menggunakan aplikasi MuSigPro, kamu tidak hanya bisa mengasah bakat dalam hal bernyanyi dengan mengikuti kontes karaoke online, namun juga bisa beradu suara dengan teman, sahabat, ataupun pasangan kamu. Tentunya, di aplikasi MuSigPro juga memiliki banyak sekali lagu-lagu menarik.

Kamu juga berkesempatan untuk unjuk gigi dengan kemampuan menyanyimu. Sebab, di sini kamu juga bisa berduet atau bahkan berduel dengan temanmu untuk melakukan karaoke dengan versi terbaik.

Aplikasi yang Menggunakan Teknologi Canggih

Dan hal paling menarik lagi dalam aplikasi karaoke ini adalah menghadirkan juri yang sangat unik pula lho, yakni Artificial Inteligence (AI). Seperti yang kita tahu juga. AI robot ini merupakan sebuah teknologi canggih di era saat ini yang mampu berpikir seperti layaknya manusia. Dengan melalui aplikasi ini. AI ini diciptakan untuk menilai kualitas suara yang kamu nyanyikan secara otomatis melalui skor yang di dapatkan. Oleh karena itu, aplikasi MuSigPro sangat bisa diandalkan untuk karaoke online dan melatih cara menyanyi kamu agar menjadi lebih baik lagi.

Kontes Karaoke Apresiate to tenaga medis “Kisah Seorang Perawat”

Online singing contest dalam rangka apresiasi tenaga medis di Indonesia yang terus bekerja keras selama pandemi. Perawat saat ini berada pada saat yang cukup tegang. Pekerjaannya selama shift bekerja cukup terkuras oleh kesibukannya selama covid, saatnya rehat sejenak dg menyanyi online.

Lagu “Kisah Seorang Perawat” adalah bentuk terimakasih publik kepada perawat atas kerja-kerasnya selama ini. Bentuk rasa terimakasih CH Production dan MuSigPro kepada semua tenaga medis khususnya perawat

Baca juga :

untuk informasi selengkapnya mengenai kontes karaoke ini. kamu bisa langsung download aplikasinya melalui playstore dengan klik  gambar dibawah ini :

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)