7 Lagu Jawa Didi Kempot yang Paling Sedih

Lagu jawa Didi Kempot. Saat ini siapa yang tidak kenal dengan sang maestro lagu jawa yakni Didi Kempot serta lagu-lagunya ? Apalagi jika kamu berasal dari suku jawa, yang pastinya kamu sangat familiar dengan penyanyi asal Solo yang bergenre campursari ini.

Namun pada pertengahan tahun 2020 ini beliau telah meninggalkan kita menuju ke tempat terbaik di sisi-Nya. Dan beliau meninggalkan sejuta kenangan indah serta karya-karya yang begitu luar biasa untuk kita yang masih hidup saat ini, dan menariknya, penggemar lagu Didi Kempot tidak hanya orang-orang tua, namun suudah menyasar ke generasi muda dan milenial, bahkan ada yang umur belasan tahun sudah hafal beberapa lagu Didi Kempot yang hits juga.

Dan oleh para fans Didi Kempot, ia sempat dijuluki sebagai “The Godfather of Broken Heart” karena memiliki gaya bernyanyi yang begitu khas dan melekat dihati para penggemarnya dengan lirik nada yang mendayu-dayu.

Bahkan orang yang tidak mengerti arti dari lagu yang kebanyakan menggunakan bahasa jawa ini pun juga turut melebur menyukai lagu-lagu dari Didi Kempot ini. Jika kamu mengetahui lirik lagu-lagu Didi Kempot ini, arti yang terkandung di dalamnya sangat dalem, dan menyayat hati lho.

Namun jangan khawatir jika kamu tidak mengerti bahasa jawa, kita akan berikan makna yang terkandung dibalik lagu-lagu Didi Kempot ini.

Berikut 10 lagu jawa didi kempot yang paling sedih :

1. Sewu Kutho

Lirik Lagu Sewu Kuto:

Sewo kuto uwis tak liwati
Sewu ati tak takoni
Nanging kabeh
Podo rangerteni
Lungamu neng endi
Pirang tahun aku nggoleki
Seprene durung biso nemoni

Wis tak coba
Nglaliake jenengmu
Soko atiku
Sak tenane aku ora ngapusi
Isih tresno sliramu

Umpamane kowe uwis mulyo
Lilo aku lilo
Yo mung siji dadi panyuwunku
Aku pengin ketemu
Senajan sak kedeping moto
Kanggo tombo kangen jroning dodo

 

Sewu Kutho yang memiliki arti Seribu Kota ini menjadi lagu Didi Kempot yang mempopulerkan namanya di permusikan di Indonesia.

Lagu ini diciptakan oleh Didi Kempot dan Arie Wibowo, yang mengisahkan mengenai seorang kekasih yang pergi dan tak tahu lagi akan keberadaannya, walaupun sudah seribu kota telah dilalui dan seribu orang ditanya, namun sang kekasih tetap tak di ketemukan.

Baca juga : 7 Lagu Romantis Untuk Kamu yang Sedang LDR

Dengan rasa rindu yang dalam, sangat di nanti-nantikan, walaupun bertemu hanya sekejap mata saja.

 

2. Layang Kangen

Lirik Lagu Layang Kangen:

Layangmu tak tompo wingi kuwi
Wis tak woco opo karepe atimu
Trenyuh ati iki moco tulisanmu
Ra kroso netes eluh ning pipiku

Umpomo tanganku dadi suwiwi
Iki ugo aku mesti enggal bali
Ning kepriye maneh mergo kahananku
Cah ayu entenono tekaku

Reff:
Ra maido sopo wong sing ora kangen
Adoh bojo pingin turu angel merem
Ra maido sopo wing sing ora trenyuh
Ra kepethuk sawetoro pingin weruh
Percoyo aku, kuatno atimu
Cah ayu entenono tekaku

Lagu ini cocok bagnet nih buat kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasanganmu yang jauh disana, yang sedang galau dan kangen dengan sang kekasih.

Lagu ini pun juga sering dinyanyikan juga oleh Via Vallen yang maknanya memang dalem dan menceritakan akan kerindungan yang jauh darinya, dan ingin pulang untuk bertemu dengannya.

Baca juga : 5 lagu paling romantis yang cocok buat kekasih

 

3. Tangise Ati

Lirik Lagu Tangise Ati:

Udan deres, wayahe wis wengi
Njur kelingan lungamu dek wingi
Opo wis dadi gegarising pesthi
Kowe bakal cidro janji

Senajan uripku rekoso
Kabeh mau bakale tak tompo
Nuruti gedhang yuaning roso
Bebrayan urip klawan ndiko

Reff:
Kowe lungo tanpo kabar nganti seprene
Laraning ati sing nyonggo aku dewe
Ora ngiro yen bakal ngene dadine
Wis wis yo wis yen ngono yo wis tak lilakake

 

Di dalam lagu ini mengandung sebuah pelajaran hidup khususnya dalam percintaan yakni suatu hubungan tidak bisa di paksakan karena suatu hubungan di dasarkan dengan saling sayang. Dan cara mengikhlaskan apa yang tidak bisa kita miliki, walaupun itu berat namun tetap harus di jalankan, karena hubungan yang baik adalah memberikan jalan yang terbaik untuk orang terkasih.

Baca juga : 5 Situs Chord Gitar Terbaik, Menemani Kamu Bermain Gitar

Lagu ini juga cocok banget nih buat kamu yang sedang ditinggal oleh kekasih, entah itu karena sang kekasih sudah tidak sayang lagi, atau karena suatu hal yang mengharuskan hubungan di sudahi.

 

4. Cidro

Lirik Lagu Cidro:

Wis sakmestine ati iki nelongso
Wong seng tak tresnani mblenjani janji
Opo ora eling naliko semono
Kebak kembang wangi jroning dodo

Kepiye maneh iki pancen nasibku
Kudu nandang loro kaya mengkene
Remok ati iki yen eling janjine
Ora ngiro jebulmu lamis wae

Gek opo salah awakku iki
Kowe nganti tego mblenjani janji
Opo mergo kahanan uripku iki

Mlerat bondo seje karo uripmu
Aku nelongso mergo kebacut tresno
Ora ngiro seikine cidro

Sudah tau arti kata cidro ini ? Buat yang belum tau, jadi arti dari cidro ini memiliki arti “Luka yang mendalam” atau juga bisa berarti “Mengingkari janji”.

Nah, lagu ini pun menggambarkan tentang kesedihan karena sang kekasih yang telah tega berselingkuh dengan orang lain, dengan perasaan yang jengkel karena telah mengingkari janji akan selalu sayang, namun ternyata pergi mendua dengan orang lain.

Buat kamu yang sedang sakit hati karena telah diselingkuhi, lagu ini cocok nih buat kamu sebagai penghibur diri.

 

5. Suket Teki

Lirik Lagu Suket Teki:

Aku tak sing ngalah
Trimo mudur timbang loro ati
Tak uyako wong kowe wis lali
Ora bakal bali

Paribasan awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu jebule sumpahmu
Ra biso digugu

Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki

Lagu ini juga cocok untuk semua kalangan, biasanya lagu ini juga kerap di nyanyikan saat sedang ada acara, misal sedang ada acara hajatan, acara kantor, bahkan olahraga juga.

Pada lagu ini Didi Kempot menggunakan kiasan dimana ada seorang yang menanam pagi, namun yang tumbuh bukan padi malah justru ilalang.

Baca juga : 6 Lagu Terpopuler Denny Caknan dengan Ratusan Juta Viewer

Dan arti dari lagu ini adalah mengenai seseorang yang menjalani hubungan dengan kekasihnya namun tidak bahagia karena dibohongi dan dicurangi, dan ia hanya bisa mengalah. Lalu pada akhirnya ia pun memilih untuk mundur dan mengakhiri hubungannya karena merasa tidak kuat karena terus sakit hati.

 

6. Banyu Langit

Lirik Lagu Banyu Langit:

sworo angin angin sing ngeridu ati
ngelingake sliramu sing tak tresnani
pingin nangis ngetoke eluh neng pipi
suwe ra weruh senadyan mung ono mimpi

ngalemo ngalem neng dadaku
tambanono roso kangen neng atiku
ngalemo ngalem neng aku
ben ra adem kesiram udan ing dalu

banyu langit sing ono dhuwur khayangan
watu gedhe kalingan mendunge udan
telesono atine wong seng kasmaran
setyo janji seprene tansah kelingan

Di lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang menunggu kekasihnya yang sebelumnya telah janji akan kembali, namun kekasih yang dinanti setelah sekian lama itu pun tidak ada tanda-tanda akan kembali, sakit rasanya pasti.

 

7. Stasiun Balapan

Lirik Lagu Stasiun Balapan:

Ning stasiun balapan
Kuto solo sing dadi kenangan
Kowe karo aku
Naliko ngeterke lungamu

Ning stasiun balapan
Rasane koyo wong kelangan
Kowe ninggal aku
Ra kroso netes eluh ning pipiku

Da a… Dada sayang
Da… Slamat jalan

Di lagu terakhir deretan 7 lagu Jawa Didi Kempot paling sedih versi MuSigPro ada lagu Didi Kempot yang merupakan lagu paling populer dan telah melewati lintas generasi ini adalah Stasiun Balapan.

Walaupun lirik lagunya ini sangat sedih, namun agar tetap menghibur diri ditengah kesedihan lagu ini memiliki lantunan nada yang asyik lho dan enak buat joget.

Lagu yang terkandung di dalamnya mengenai penantian yang panjang akan kekasih yang telah meninggalkannya di Stasiun Balapan Solo.

 

Kesimpulan :

Nah, itu dia Sobat MuSigPro, dan masih banyak lagi lho lagu Didi Kempot yang bagus-bagus lainnya. Kalau kamu sedang gundah gulana, galau, kamu dapat menghibur diri dengan bernyanyi lagu-lagu Didi Kempot ini dengan berkaraoke, kamu juga bisa berkaraoke online menggunakan aplikasi MuSigPro

Disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang tersedia di aplikasi, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja, kemudian saat kita mulai bernyanyi maka suara kita akan terekam otomatis di sistem di aplikasi tersebut, kemudian akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor tersebut di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang di sematkan pada aplikasi, dengan menggunakan artifical intelegence.

Baca juga : 10 Lagu Hits Indonesia yang Cocok Buat Karaokean

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat, keluarga untuk menghilangkan rasa sedih kamu, dengan hiburan ini kamu dapat bersaing juga untuk mendapatkan skor tertinggi, bahkan  kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dibawakan orang lain juga.

Di aplikasi juga ada juga leaderboard, yang mana akan menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak juga, seperti gambar berikut :

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Tetap semangat dan jangan bersedih, ingat jodoh gak akan kemana, jika tulisan ini bermanfaat untuk kamu, boleh dibagikan ke teman kamu, agar manfaat ini tidak berhenti di kamu saja 🙂

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)