album kpop

Tercuan, 6 Album K-POP Terlaris pada Tahun 2020

Pandemi yang membuat semua lini bisnis berjatuhan, namun tidak menghalangi industri musik K-POP Korea untuk berkreasi dan merilis album pada 2020. Para fans K-POP pun turut menyambut karya-karya tersebut hingga penjualan pada album K-POP turut meningkat.

Berdasarkan data resmi dari Gaon Chart, peningkatan penjualan ini sudah terlihat pada semester pertama pada 2020. Dan pada Juli 2020, Gaon pun merilis data yang menunjukkan 18,08 juta kopi album, dan telah terjual dalam kurun waktu 6 bulan saja. Serta penjualan itu pun meningkat sekitar 40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

“Menurut data kami, sudah lebih dari 30 juta album yang telah terjual dari Januari-Oktober 2020,” kata Peneliti Gaon, Kim Jin-woo.

Mereka pun memperkirakan penjualan pada album K-POP secara fisik baik di dalam ataupun luar negeri diperkirakan bisa mencapai 25 juta keping sampai akhir 2020. Angka itu pun melonjak tajam dibandingkan dengan data penjualan pada 2019 lalu, yakni 25 juta keping album K-POP.

Gaon Chart adalah tabulasi popularitas mingguan lagu dan album di Korea Selatan yang mana diproduksi Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) dan disponsori oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Berikut 7 Album K-POP Terlaris pada Tahun 2020 :

1. Map of the Soul : 7 – BTS

Album K-POP Map of the Soul : 7 ini adalah album K-POP yang dirilis oleh BTS pada awal-awal tahun 2020 lalu, tepatnya sekitar 21 Februari. Jin juga mengungkapkan bahwa Album Map of the Soul : 7 ini menjadi upaya BTS melihat kembali kebersamaan mereka yang telah menjadi tim selama tujuh tahun.

Dan album K-POP ini memiliki salah satu lagu yang berjudul ON yakni kolaborasi antara BTS dan solois Australia, Sia. Selain itu, Solois Troye Sivan juga turut berkontribusi pada album K-POP ini. Ia berada dibelakang layar, dan turut menulis lagu Louder than Bombs.

Album Map of the Soul :7 milik BTS ini terjual hingga 4.349.651

 

2. BE (Deluxe Edition) – BTS

Album K-POP selanjutnya yang terlaris adalah masih milik BTS yakni BE (Deluxe Edition) album ini dirilis di penghujung tahun2020 lalu. Album K-POP milik BTS ini dirilis pada 20 November dan terjual lebih dari 2.273.987 kopi dalam satu pekan.

Meski tidak melampaui penjualan album mereka Map of the Soul:7 (3.378.633), capaian album BE ini dinilai baik karena di album K-POP milik BTS ini hanya memiliki satu versi. Dan tak hanya itu juga, BE (Deluxe Edition) ini juga lebih mahal dibandingkan pada album-album sebelumnya.

Harga untuk satu album BE (Deluxe Edition) di Indonesia dijual pada harga kisaran Rp.600ribu – Rp.740ribu rupiah. Sementara itu pada album Map of the Soul:7 di Indonesia dijual pada harga sekitar Rp.325ribu – Rp. 340ribu rupiah.

Album BE (Deluxe Edition) ini merupakan album kedelapan BTS, yang berisi cerminan rasa jujur, emosi, dan perasaan yang kompleks dari para member yang menghadapi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Album BTS ini mengandung rasa ungkapan ketakutan, juga perasaan yang tak berdaya dan tidak nyaman.

Pada album BTS ini berisikan delapan lagu, yang termasuk Dynamite dan sukses dipasaran.

Untuk secara keseluruhan album BE (Deluxe Edition) BTS ini terjual hingga 2.655.843.

 

3. NCT Resonance Pt.1 – NTC

NCT Resonance Pt.1 ini merupakan album pertama yang berasal dari proyek NCT dengan 23 anggota. Pada album tersebut, SM Entertainment juga memperkenalkan dua member baru NCT yaitu Shotaro dan Sungchan.

Beberapa lagu yang dirilis dalam unit di NCT U adalah Make A Wish (Taeyong, Jaehyun, Doyoung, Lucas, Jaemin, Xiaojun, dan Shotaro), Misfit (Taeyong, Hendery, Mark, Johnny, Jeno, Sungchan, dan Yangyang), dan From Home (Taeil, Yuta, Kun, Renjun, Doyoung, Haechan, dan Chenle).

Album NCT Resonance Pt.1 milik NCT ini terjual sekitar 1.453.630.

 

4. Heng:garae – SEVENTEEN

Diurutan ke empat ada album Heng:garae milik Seventeen, dan ini menjadi album pertama milik Seventeen yang paling banyak terjual sejak debut mereka. Mini album Seventeen ini terjual lebih dari 1,04 juta keping hanya dalam lima hari setelah Seventeen merilisnya pada 22 Juni 2020.

Album mini ini memiliki enam lagu yang bertajuk Fearless, Left & Right, I Wish, My My, Kidult, dan Together. Para member juga turut aktif terlibat dalam pembuatan lagu-lagu ini, terutama Woozi, S.Coups, Vernon, Wonwoo, Hoshi dan mingyu.

Heng:garae menceritakan pesan serta dorongan pada generasi muda yang saat ini menghadapi stres yang lebih dari sebelumnya karena peningkatan tekanan dan persaingan di tengah masyarakat.

Album Seventeen Heng:garae ini terjual 1.406.710.

 

5. The Album – BLACKPINK

Pada urutan selanjutnya berasal dari girl band BLACKPINK dan merupakan album penuh perdana BLACKPINK. Album ini telah dipesan lebih dari 1 juta keping sebelum resmi dirilis pada tanggal 2 Oktober 2020 yang lalu. Angka itu pun menjadikan BLACKPINK sebagai girlbannd Korea pertama yang melampai hingga 1 juta kopi pra-pemesanan.

Untuk Album blackpink ini berisi delapan lagu, termasuk hit How You Like That, Ice Cream yang berkolaborasi dengan penyanyi kelas dunia Selena Gomez.

BLACKPINK juga menyatakan bahwa ingin menampilkan perkembangan mereka dalam cara mereka bermusik serta pesan-pesan harapan dan energi positif kepada lebih banyak orang melalui THE ALBUM.

Album BLACKPINK penuh perdana The Album ini terjual 1.246.535

 

6. Delight – Baekhyun EXO

Untuk yang terakhir ada album kedua milik Baekhyun EXO yang dirilis pada 25 Mei 2020 lalu. Album Delight ini berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi. Baekhyun ini merupakan solois pertama dalam 19 tahun terakhir yang mencapai rekor tersebut.

Album Delight ini teridir dari tujuh lagu dengan genre musik R&B. Lewat album ini Baekhyun juga ingin memberikan kegemberiaan kepada lebih banyak orang yang mendengarkannya.

“Dan karena saya memiliki kekuatan supernatural ‘light’ dalam EXO, saya ingin memasukkan ‘light’ juga dalam judul album solo. Saya lebih memilih Delight untuk memberi kesan bahwa itu terhubung ke album debut solo saya, CIty Lights,” kata Baekhyun pada beberapa waktu yang lalu.

Mini album Delight milik Baekhyun EXO ubu terjual sekitar 1.023.587.

Baca juga :

Itulah 6 album K-POP terlaris pada tahun 2020.

Jika kamu ngefans dengan lagu-lagu KPOP tersebut biasanya kamu juga suka dan bahkan hafal lagu-lagu itu, dan kalau kamu bernyanyi tapi tidak ada tantangan kurang ada greget juga kan ? hehe
Kamu bisa coba aplikasi seperti MuSigPro. Untuk bernyanyi karaoke secara online.

Di aplikasi tersebut kita bisa bernyanyi, dengan nada dan lirik yang sudah di sediakan kita hanya mengikuti ritme dan liriknya, dan di aplikasi ini suara kita akan terekam, maka akan muncul skornya juga yang muncul di aplikasi, sangat menarik sekali, skor di dapatkan berdasarkan sistem cerdas yang menggunakan artifical intelegence.

Nah dengan skor tersebut kita bisa saling berbagi dengan teman dan sahabat untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi selain itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard d aplikasi tersebut, yang menampilkan deretan ranking berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)