teknik pernapasan
teknik pernapasan

3 Cara Meningkatkan Kualitas Suara Hanya Dengan teknik Pernapasan

Latih Teknik Pernapasan dengan benar, akan mampu meningkatkan kualitas suara. Dan yang menjadi salah satu aspek penting lagi dalam bernyanyi adalah bernapas dengan aturan yang benar. Selain teknik bernapas akan membantumu dalam menyanyikan nada yang panjang dan dengan suara yang lantang pula. Cara ini pun cukup efektif dalam mempertahankan kualitas suaramu agar tetap bagus.

3 Cara Meningkatkan Kualitas Suara Hanya Dengan teknik Pernapasan

Teknik pernapasan tertentu juga akan membuat pita suara akan bebas tekanan sehingga anda akan mampu untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Dan agar kamu tahu cara teknik pernapasan yang baik yang dibutuhkan saat bernyanyi, pelajari teknik pernapasan dan cara menjaga postur tubuhmu agar kamu bisa menyanyi dengan baik.

1. Bernapaslah menggunakan diafragma

teknik pernapasan menggunakan diafragma
teknik pernapasan menggunakan diafragma

Saat kamu bernyanyi, pastikan juga kamu bernapas dalam-dalam menggunakan diafragma atau otot perut. Dengan demikian, kamu tidak menyimpan terlalu banyak udara yang ada di tenggorokan dan akan membuat suaramu menjadi tegang serta tidak bagus.

Baca juga : 5 Macam Teknik Vokal Dalam Bernyanyi

Lakukan langkah ini untuk memastikan teknik pernapasan dengan bernapas menggunakan diafragma :

Berdirilah secara tegak dan sambil memegang sisi luar pinggang (antara tulang panggul dan tulang rusukmu di sisi paling bawah). Kemudian tarik napasmu dalam-dalam sampai jari tanganmu saling menjauh satu sama lain.
Ada juga cara lain, yakni berbaringlah dengan terlentang di lantai kemudian tarik napas dalam-dalam sampai otot perutmu mengembang, tapi pastikan dada tidak ikut mengembang.

Langkah diatas cukup efektif dalam membantumu mengetahui seperti apa teknik pernapasan menggunakan diafragma

2. Lakukan teknik pernapasan kombinasi

teknik pernapasan kombinasi
teknik pernapasan kombinasi

Saat kamu bernyanyi, usahakn tarik napas melalui hidung dan mulut. Jika kamu menarik napas hanya dengan melalui hidung, asupan udara menuju paru-paru akan sedikit.
Begitu halnya jika kamu menarik napas hanya melalui mulut. Aliran udara akan bisa mengeringkan pita suara yang mana akan menjadi tegang dan memiliki dampak buruk pada kualitas suara yang kamu hasilkan.

Baca juga : Arti Intonasi dan Intonasi Suara dalam Bermusik

Latih teknik pernapasan ini berulang kali agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Teknik pernapasan dengan mengatur embusan napas

teknik pernapasan dengan embusan napas
teknik pernapasan dengan embusan napas

Aspek penting lainnya dalam bernyanyi dan bernapas adalah dengan menghembuskan napas sedikit demi sedikit dan dengan merata. Cara ini pun cukup efektuf untuk membantu kamu menjaga suara tetap stabil. Dan bahkan saat kamu bernyanyi. Agar bisa dalam teknik pernapasan ini, kamu bisa mengatur napas, dan tarik napasmu dalam-dalam menggunakan diafragma lalu buang napas sambil mengeluarkan suara seperti “ssss” yang panjang selama 10 detik.

Baca juga :

 

Latihlah teknik pernapasan ini secara rutin dan benar dengan membuang napas sambil mengeluarkan bunyi “ssss” dan dengan konsisten.

Tingkatkan Lagi Kualitas Suaramu dengan Teknik Pernapasan yang benar

Jika kamu ingin bernyanyi dan menjadi profesional di dunia tarik suara tentunya kamu akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat bernyanyi dengan bagus. Salah satu cara bernyanyi yang baik adalah dengan banyak berlatih dan belajar bernyanyi, salah satunya adalah mengetahui teknik pernapasan dengan benar.

Tips Belajar menyanyi sendiri

Tips untuk belajar menyanyi sendiri tentunya pastikan tujuan yang ingin kamu capai, serta tetap konsisten untuk mendapatkan tujuan yang sudah kamu rancang sebelumnya, banyak lihat referensi seperti saat ini sudah banyak tersedia di internet seperti di YouTube ataupun media online lainnya.

Jika kamu ingin prakteknya sendiri kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti MuSigPro, disitu kamu dapat bernyanyi, dengan nada serta lirik yang sudah tersedia di aplikasi, kita pun hanya mengikuti ritme serta liriknya saja, lalu kita mulai menyanyi maka suara kita akan terekam otomatis di aplikasi, lalu akan muncul skornya juga, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang tersemat di aplikasi menggunakan artifical intelegence.

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat ataupun pasanganmu dan kamu juga dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, Tidak hanya itu kita juga dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard di aplikasi tersebut, yang mana akan menampilkan deretan ranking skor tertinggi dan like terbanyak lo

 

Gambar Peringkat MuSigPro berdasar AI Score

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)