intonasi adalah

Intonasi Adalah? Temukan Jawabanya Dalam Artikel Berikut

Intonasi adalah sebagai sebuah bentuk dari tinggi maupun rendahnya nada yang akan terdapat pada sebuah kalimat yang akan memberikan sebuah penekanan pada berbagai macam bentuk kata tertentu yang terdapat pada sebuah kalimat.

Arti Intonasi dan Intonasi Suara dalam Bermusik

Intonasi menurut ahli

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), intonasi adalah lagu kalimat atau tinggi rendahnya nada
Serta menurut para ahli arti intonasi adalah sebagai berikut
Intonasi adalah kerjasama antara nada, tekanan, durasi serta perhentian-perhentian yang menyertai suatu tutur, yang mana dari awal hingga perhentian yang terakhir (Horys Keraf, 1991)

Arti intonasi adalah memiliki pengertian yang berbeda jika sekiranya digunakan dalam bahasa dan jika seandainya dipakai pada seni vokal. Tetapi sesungguhnya justru saling menunjang dan memperkaya khasanah pengaturan teknik latihan ini bagi seorang penyanyi maupun musisi dan komponis. Banyak suku kata yang mempunyai teknik pengucapan tersendiri, berbeda dengan pengucapan kata-kata lain dikarenakan berbeda tekanan atau jumlah suku kata. Komponen – komponen tertentu mempunyai kekuatan sehingga dapat menciptakan suara yang khas, lembut, tinggi maupun rendah pada inonasi.

 

Pengertian Intonasi dalam Bahasa

Arti intonasi adalah pada bahasa mengandung arti: \\\\\\\”Kerjasama antara tekanan nada, tekanan waktu dan perhentian-perhentian yang menyertai suatu tutur dari permulaan pada awal sampai ke perhentian akhir\\\\\\\”. Unsur penyebab utama yakni tak sama nyaringnya suara komponen-komponen dari arus ujaran saat disuarakan.

Keberhasilan intonasi dalam bermusik di sini amat ditentukan oleh:

a. Tekanan dinamik pada intonasi

Tekanan keras yang diletakkan atas sebuah suku kata dan berfungsi untuk membedakan arti bagi suku kata tertentu. Dan jika sekiranya tekanan keras hal yang demikian dipindahkan tempatnya akan berpengaruh pada timbulnya perubahan pengertian tersebut.
Contoh intonasi tekanan dinamik:

réfuse = berarti terlihat
refu\\\\\\\’se = berarti menolak
do\\\\\\\’orIopen = berarti berjalan terus
doorlo\\\\\\\’pen ; menjalani, menamatkan

b. Tekanan musikal pada intonasi

Wujud bentuk pada tekanan musikal ini mempunyai peranan untuk membedakan arti suatu kata. Tekanan musikal dapat menampilkan nada menurun, nada rata, nada menurun kemudian menaik dan nada mendaki.

intonasi musik
Contoh intonasi tekanan musikal:

kau = kutu busuk
kau = monyet
kau = tiba
kau = anjing
kau = tebal

c. Tekanan kualitas pada intonasi

Tekanan yang terjadi sebab pada suatu vocal dinyatakan lebih panjang dari vocal yang lain.
Contoh intonasi tekanan kualitas :

bala = kekuatan, pasukan
bala = muda, si kecil / anak
bhara = yang mengandung, menganugerahkan
bhara = bobot

Dalam bahasa Indonesia bahkan sering kali kita jumpai penerapan pada beberapa nada tertentu untuk menandakan suasana tertentu pula.
Contohnya:
Beberapa nada rendah dipergunakan untuk melukiskan suasana yang sedih padahal nada-nada tinggi bisa dipergunakan untuk melukiskan suasana senang / bahagia atau geram atau marah. Walaupun tekanan kuat untuk menyusun bunyi / nada nyaring, bunyi rendah dapat dipergunakan tekanan lemah.

Pengertian Intonasi dalam Olah Vokal

Intonasi mengandung arti kecermatan suatu nada (pitch). Suara nadanya yang pas akan menciptakan bunyi nada jernih dan nyaring serta enak didengar, sebaliknya nada yang tak pas akan menciptakan bunyi fals.
Untuk membuat intonasi yang bagus dibutuhkan:

a. Pendengaran yang bagus
Pendengaran yang bagus amat menolong seseorang untuk menciptakan nada yang jernih.

b. Kontrol pernafasan
Seseorang seharusnya dapat mengatur pemanfaatan pernapasannya. Hal ini pun lebih-lebih untuk membuat nada yang tinggi maupun nada-nada rata.

c. Sense of music (rasa musikalitas)
Perasaan musik atau talenta semestinya benar-benar dimaksimalkan kepada seorang penyanyi supaya dia dapat meniru tempo, gerak ritme ataupun menirukan suara nada pertama sewaktu akan menjalankan insetting. Latihan sebuah kalimat nyanyian dengan bermacam-macam nada dasar amat menolong mempertajam rasa musikalitas seseorang.

Baca juga :

 

Teknik-teknik latihan Intonasi

Untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam menjalankan latihan intonasi seharusnya dilihat hal-hal sebagai berikut:

Tahap pertama seharusnya dilaksanakan dengan tempo yang lambat dan meningkat ke tempo yang lebih cepat.
Tahap selanjutnya seharusnya dijalankan dengan tempo yang bervariasi.
Interval yang dipergunakan dalam menjalankan latihan sebaiknya diawali dari interval dekat dan meningkat ke interval jauh.

menjalankan latihan dengan nada-nada pure berjalan dengan bagus, barulah latihan ditingkatkan dengan mempergunakan nada kromatis.
Jumlah nada-nada yang dipergunakanpun semestinya diawali dengan nada-nada yang nilainya makin lama makin kecil serta jumlahnya meningkat.
Mencoba lagu yang cocok dengan tahap-tahap latihan yang sedang dilaksanakan.

 

Kesimpulan

Nah itu lah penjelasan mengenai arti intonasi dalam bernyanyi, selain teori-teori yang telah di jelaskan secara lengkap, pastinya harus praktek dong, jangan hanya sekedar teori yang telah paham, namun prakteknya 0, yuk mulai praktek, jika kamu ingin prakteknya sendiri kamu serta dapat memanfaatkan teknologi, seperti  aplikasi seperti MuSigPro, disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang telah tersedia di aplikasi, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja, lalu kita mulai menyanyi maka suara kita akan terekam otomatis, lalu akan muncul skornya serta di aplikasi, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang ada di aplikasi memakai artifical intelegence.

 

Dengan skor tersebut kita dapat saling share dengan teman, sahabat ataupun pasanganmu dan dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, bahkan  kita dapat memberikan like untuk per lagu yang dinyanyikan

Ada serta leaderboard di aplikasi tersebut, yang mana akan menampilkan deretan rating berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak lo

Untuk mendownloadnya dapat klik :

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)