MuSigPro

Categories

bernyanyi unisono
Lifestyle, Tips bernyanyi

Pengertian Bernyanyi Unisono Serta Teknik Vokal

Bernyanyi merupakan salah satu kesenian yang lumayan banyak peminatnya.

Bernyanyi ataupun olah vokal ialah kegiatan pendidikan yang memerlukan teknik khusus agar tidak mengganggu pita suara kita. Bernyanyinya pun dapat dicoba perseorangan ataupun kelompok.

Dalam bernyanyi kelompok dapat dicoba dengan satu suara, 2 suara, 3 suara, ataupun lebih. Menyanyi semacam itu disebut bernyanyi secara unisono.

Pengertian Bernyanyi Unisono

Dilansir di situs Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud), bernyanyi secara unisono adalah bernyanyi yang tidak bisa dilakukan seseorang diri, namun dilakukan oleh sekumpulan orang dengan satu suara.

Bernyanyi unisono adalah bernyanyi yang membutuhkan kerja sama serta saling melengkapi sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni yang indah. Bernyanyi unisono adalah bernyanyi yang umumnya disebut bernyanyi dengan satu suara.

pengertian unisono
pengertian unisono

Secara etimologi, kata unisono adalah berasal dari kata“ uni” yang berarti satu serta“ sono” yang berarti suara.

Dengan demikian bernyanyi unisono adalah satu aktivitas olah suara dalam jumlah banyak orang.

Menyanyikan suatu lagu secara berkelompok bisa dicoba dalam bentuk paduan suara atau koor.

Paduan suara ialah sebutan yang menunjuk kepada ansambel musik yang terdiri atas penyanyi- penyanyi ataupun musik yang dibawakan ansambel tersebut.

Dalam paduan suara bila memakai unisono maka mengharuskan seluruh penyanyinya menyuarakan nada yang sama.

Demikian pula dalam musik ansambel, seluruh alat musik dimainkan dengan nada sama. Unisono ataupun lagu dengan satu suara ini umumnya diciptakan oleh penciptanya dalam pola yang simpel.

Lagu unisono adalah lagu yang terdiri atas satu melodi utama. Melodi ialah rangkaian dari nada- nada yang sudah dipilih untuk mewakili kemauan pencipta lagu supaya cocok dengan tema serta arti lagu tersebut.

Contoh Bernyanyi secara Unisono :

Pada waktu pandemi ini semua sekolah dilaksanakan secara online, padahal bernyanyi secara unisono ini dilakukan secara bersama-sama. Lalu bagaimana dong bisa dinyanyikan secara bersama-sama ?
Tenang, saat ini bernyanyi secara unisono juga bisa dilakukan secara online kok, seperti contoh bernyanyi unisono secara online seperti video berikut :

Teknik Solmisasi

Solmisasi tangga nada terdiri atas do re mi fa sol la si do. Untuk melakukan teknik ini, kamu tidak juga harus mengikuti pada aturan solmisasi do, re, mi, fa dan seterusnya.

teknik solmisasi

Kamu bisa juga mengacak pada urutannya, seperti do, re, mi, fa, sol, fa, mi, re, do, ataupun berbagai pola lainnya pada solmisasinya.

Baca juga : Tips Menjadi Percaya Diri Saat Bernyanyi

Menyanyikan suatu lagu butuh menerapkan latihan vokal supaya bisa membiasakan besar rendahnya nada, sehingga bisa selaras antara nada serta suara.

Seseorang penyanyi profesional, wajib memahami, melatih serta pula mengolah vokal yang dipunyai.

Teknik vokal

Dilansir dalam karya Teknik Vokal Paduan Suara (2008) karya Simanungkalit sebagian teknik vokal yang wajib dicermati ialah intonasi, artikulasi, phrasering, pernapasan, resonansi, serta sikap badan.

Dikutip dari jurnal Metode Bernyanyi Jenis Lagu Folklore/ Etnik Dalam Paduan Suara (2003) Lamhot Basani Sihombing, teknik vokal dijabarkan dalam sebagian hal berikut:

Pernapasan

Pernapasan ialah salah satu faktor penting dalam bernyanyi, karena untuk memperoleh kemampuan pernafasan yang baik dalam bernyanyi membutuhkan waktu yang lama.

 

Beberapa teknik bernafas :

Pernapasan Dada

Pernafasan dada ialah teknik yang dicoba dengan teknik mengisi udara ke dalam paru- paru bagian atas. Metode pernafasan dada ini kurang baik digunakan dalam bernyanyi.

Pernapasan Perut

Pernafasan perut ialah teknik yang dicoba dengan cara perut menggembung, rongga perut membesar sehingga udara dari luar masuk penuhi perut.

pernapasan perut

Metode Pernafasan ini tidak tahan lama buat menahan hawa serta buat menghasilkan napas kurang menemukan kekuatan dari otot- otot perut.

Oleh sebab itu paru- paru jadi lemah serta letih. Pernafasan ini pula kurang menguntungkan digunakan buat bernyanyi.

Baca juga : 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

Pernapasan Diafragma

Pernafasan diafragma yang terletak pada sekat rongga dada serta rongga perut.

Pernafasan diafragma ialah teknik yang bisa dicoba dengan cara udara yang terdapat di paru- paru bisa ditahan dengan tidak merasa lelah sehingga napas dikeluarkan secara hemat serta teratur oleh diafragma dan otot- otot punggung bagian samping kiri serta kanan.

Artikulasi (Pengucapan)

Artikulasi suara merupakan cara mengucapkan kata- kata sembari bersuara. Tingkatkan cara pengucapan kata- kata supaya mudah di mengerti.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikulasi dinyatakan sebagai lafal, pengucapan kata, serta perubahan rongga dan ruang dalam saluran suara untuk menciptakan bunyi bahasa.

Frasering

Mengutip Karl- Edmund Prier, SJ (2011) dalam buku yang bertajuk“ Kamus Musik” menjelaskan Frasering merupakan sejumlah birama yang merupakan satu kesatuan serta diakhiri dengan jelas, dengan perhentian sedangkan( koma) di tengah kalimat serta perhentian yang menyakinkan pada akhir (titik).

Resonansi

Resonansi merupakan usaha untuk memperindah suara dengan memakai rongga- rongga udara yang ikut bergetar disekitar mulut serta kerongkongan.

resonansi

Baca juga :

Intonasi

Intonasi merupakan besar rendahnya suatu nada yang wajib di jangkau dengan tepat.

Sikap Badan

Sikap badan yang baik pada dikala bernyanyi merupakan cara berdiri ataupun duduk dalam posisi yang benar.

Sehingga memberikan keleluasaan pada proses pernapasan serta akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

 

Kesimpulan

Nah itu lah penjelasan mengenai Arti Unisono serta teknik vokal dalam bernyanyi, selain teori-teori yang sudah di jelaskan diatas, yang pasti kamu harus lakukan praktek juga dong, jangan hanya sekedar teori yang sudah paham sedemikian rupa, namun prakteknya masih belum, yuk mulai praktek, jika kamu ingin prakteknya secara mandiri kamu juga dapat memanfaatkan teknologi, seperti  aplikasi MuSigPro, disitu kamu dapat  bernyanyi, dengan nada serta lirik yang sudah tersedia di aplikasi tersebut, kita hanya mengikuti ritme serta liriknya saja yang ada di aplikasi itu, lalu kita mulai menyanyi maka suara kita akan terekam, lalu disitu juga akan muncul skornya, sangat menarik, skor di dapatkan berdasarkan sistem pintar yang tersemat di dalam aplikasi menggunakan artifical intelegence tersebut.

 

Dengan skor tersebut kita bisa saling share dengan teman, sahabat ataupun pacarmu dan dapat bersaing mendapatkan skor tertinggi, tidak hanya itu kita dapat memberikan like untuk setiap lagu yang dinyanyikan

Ada juga leaderboard di aplikasi MuSigpro, yang mana akan menampilkan deretan ranking yang di urutkan berdasarkan skor tertinggi dan like terbanyak lo

Gambar Peringkat MuSigPro berdasar AI Score

Untuk mendownloadnya dapat klik :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *