melatih vokal
melatih vokal

6 Cara Melatih Vokal Agar Suara Menjadi Merdu Hanya Dari Rumah Saja

MuSigPro.com – 6 Cara Melatih Vokal Agar Suara Menjadi Merdu Hanya Dari Rumah Saja, ternyata juga bisa. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kualitas suaramu menjadi lebih merdu dan indah.
Ya, karena suara juga sangat perlu untuk dilatih dan dibentuk. Tujuannya apa ? tentu saja agar suara yang kamu miliki menjadi lebih merdu.

Biasanya orang banyak berpikir bahwa saat melatih vokal harus di tempat kursus vokal ataupun mengundang guru les vokal untuk privat, tapi ternyata kamu bisa lakukan melatih vokal dengan mandiri dan dirumah saja.
Penasaran bagaimana cara melatih vokal agar suara menjadi merdu hanya dari rumah saja ?

Berikut 6 Cara Melatih Vokal Agar Suara Menjadi Merdu Hanya Dari Rumah Saja

Melansir dari Wikihow, simak ulasan dibawah ini :

Bernapas dengan irama

bernapas dengan irama

Cara melatih vokal agar suara menjadi merdu hanya dari rumah yang pertama adalah bernapas dengan irama yang berbeda. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan. Mulailah dengan berlatih dengan bernapas pendek-pendek. Lalu, kamu juga bisa berlatih dengan cara napas cepat selama kurang lebih sekitar 30 detik.

Setelah itu, kamu juga bisa berlatih bernapas sedikit lebih panjang dengan irama yang lebih lambat. Seperti cara yang sebelumnya, lakukan hal ini selama sekitar kurang lebih 30 detik. Lalu akhiri latihan kalian ini dengan bernapas dalam-dalam dengan tenang dan teratur selama 30 detik juga.

Tahukan kamu, bahwa mengubah irama dan panjang napas mampu meningkatkan kemampuan kamu dalam mengatur napas untuk melatih vokal agar suara menjadi merdu. Pastikan juga kamu dapat merasakan udara yang mengalir masuk ke dalam paru-paru. Khususnya saat kamu tengah dalam menarik napas dalam-dalam.

Berlatih Buang Napas

Berlatih Buang Napas

Cara melatih vokal agar suara mejadi merdu berikutnya yaitu adalah dengan berlatih membuang napas. Lakukan hal ini dengan embusan yang panjang dan terkendali. Biasakan juga kalian untuk menarik napas dalam-dalam sebelum bernyanyi atau berbicara.
Tujuannya tentu agar kalian nantinya tidak kehabisan napas.

Baca juga : Tips Menjadi Percaya Diri Saat Bernyanyi

Lalu luruskan lengan kamu ke depan dan arakan jari telunjuk kamu ke atas. Taris napas dalam-dalam dan bayangkan jari telunjuk kalian adalah sebagai api lilin yang hendak dimatikan. Buang napas sebanyak 5 kali saja.

Pastikan juga kamu mengeluarkan embusan yang sama panjangnya dan memiliki kekuatan yang sama pula. Untuk diketahui juga, latihan ini juga mampu untuk membuat napas kalian menjadi lebih bertenaga. Sehingga, suara yang dihasilkannya juga tidak membosankan atau terdengar datar. Baik saat kamu berbicara ataupun saat bernyanyi.

Lakukan Lip Trill

Cara melatih vokal agar suara menjadi merdu berikutnya yaitu dengan melakukan Lip trill. Bagi kamu yang masih asing dengan maksud dari lip trill ini, lip trill ini dilakukan dengan menggetarkan bibir. Dengan tujuan melakukan lip trill ini adalah agar suara yang dikeluarkan tidak cempreng. Jangan salah juga, pita suara yang terlalu sering digunakan untuk banyak berbicara atau bernyanyi justru bisa juga rusak.

Baca juga : 6 Tips Jitu Membuat Suara Merdu dan Bagus dalam waktu 1 Minggu

Jika sudah rusak, biasanya suara yang dikeluarkan akan menjadi cempreng. Maka dari itu, alih-alih untuk mengeluarkan suara yang indah, namun yang di dapatkan justru sebaliknya.
Cara melakukan lip trill memang gampang-gampang susah. Yang pertama adalah tarik napas panjang sembari rapatkan bibir, lalu lakukan lip trill.

Caranya dengan mengalirkan udara melalui celah bibir hingga bibir bergetar dengan cara cepat. Jika kamu sudah bisa, kalian bisa lakukan lip trill sembari bernyanyi semua nada juga naik turun sesuai rentang vokal. Kalian juga diperbolehkan untuk bersenandung jika kesulitan dalam melakukan lip trill.

Lakukan Vokalisasi

Lakukan cara ini untuk melatih vokal agar membuat suara menjadi merdu. Langkah ini dengan cara mengucapkan huruf hidup menjadi salah satu melatih vokal. Dan bertuuan untuk menyiapkan pita suara kalian. Caranya pun juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah saja.

Baca juga : 3 Cara Meningkatkan Kualitas Suara Hanya Dengan teknik Pernapasan

Caranya melakukan vokalisasi yaitu berdiri tegak dengan merenggangkan kedua telapak kaki. Bahu juga harus ditarik lebih kebelakang. Lalu tarik napas panjang dan gunakan suara yang tebal untuk bernyanyi. Kalian juga bisa melakukannya dengan mengucapkan kata-kata seperti, ‘Maaa, meee, miii, mooo, muuu’.

Lakukan Vokalisasi
Beridri tegak

Tahukah kamu, latihan ini akan membantu memproduksi suara yang lebih lantang dan dalam kondisi yang rileks. Akan tetapi, pastikan juga kalian bisa merasakan otot perut yang mengencang juga ya. Khususnya saat menyanyikan atau mengucapkan kata-kata seperti yang di atas.

Bernyanyi sesuai dengan Tangga Nada

Bernyanyi sesuai dengan Tangga Nada

Cara melatih vokal agar suara menjadi merdu berikutnya adalah dengan bernyanyi sesuai dengan tangga nada. Ini bertujuan juga untuk meningkatkan kemampuan dalam bernyanyi tiap not dengan nada yang tepat pula. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menyanyikan tangga nada naik turun dengan iringan alat musik seperti piano.

Mulailah dengan berlatih menyembunyikan tangga nada mayor kunci C sembari juga dengan menyanyikan ‘do, re, mi, fa, sol, la, si, do’. Lalu turun lagi ke ‘do’ dan lakukan cara ini dengan berulan dangan nada dasar yang naik semakin tinggi. Menyanyikan tangga nada seperti ini juga akan membuat telinga kita akan semakit terlatih dengan mendengar dan menyasuaikan nada dasar.

Buat Program Latihan

Buat Program Latihan
Buat Program Latihan

Dan yang terakhir adalah buatlah program latihan pemanasan vokal dan pernapasan yang praktis. Jika memungkinkan juga, kamu bisa meminta tolong pada pelatih vokal untuk membuat program khusus. Namun jika kamu tidak mempunyai pelatih vokal khusus, kamu juga boleh menyusun sendiri. Latihan pemanasan ini dilakukan selama 10-15 menit dengan gerakan ringan dan nyaman.

 

Melatih vokal pastinya dapat dilakukan dengan cara praktek langsung dengan bernyanyi. Kamu juga bisa melatih vokal dengan bernyanyi  dari rumah saja menggunakan aplikasi seperti MuSigPro. Di aplikasi ini kamu bisa mendapatkan skor bernyanyi untuk lagu yang kamu nyanyikan, jadi bisa mengukur tingkat suara yang kamu hasilkan.

Skor ini di dapatkan dari sistem pintar Artifical Intelegence yang tersemat di dalam aplikasi ini.
Selain melatih vokal dengan bernyanyi, kamu juga bisa langsung mengikuti kontes karaoke yang terselenggara di aplikasi ini, sangat menarik sekali.

Dengan mengikuti sebuah kontes atau lomba karaoke adalah hal positif yang bisa Anda dapatkan. Dengan pengalaman dalam mengikuti kontes atau lomba, Anda dapat lebih mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk bernyanyi menjadi lebih baik lagi

Semua itu dapat Anda temukan di aplikasi ini. Sebuah aplikasi yang bukan hanya menyelenggarakan kontes karaoke bekerja sama dengan beberapa pihak seperti kedutaan besar negara lain. Anda pun dapat menemukan banyak informasi penting seputar dunia hiburan lainnya di blog.musigpro.com

Baca juga :

untuk informasi selengkapnya mengenai kontes karaoke atau lomba menyanyi di MuSigPro. kamu bisa download aplikasinya juga melalui playstore dengan klik  gambar playstore dibawah ini :

Buat Kontes Karaokemu Sendiri

Kontes Karaoke Seru dan Menyenangkan

Selain menyelenggarakan kontes karaoke online atau lomba menyanyi, MuSigPro juga mengajak kamu untuk para pegiat komunitas, instansi ataupun stakeholder perusahaan yang berminat membuat perlombaan / kontes menyanyi secara ONLINE.

Untuk memeriahkan kegiatan yang sedang kamu selenggarakan di komunitasmu atau di instansimu. Keuntunganya kamu dapat menggunakan aplikasi MuSigPro dengan segudang fitur di dalamnya, Hubungi tim kami halaman kontak KLIK DISINI

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)