Berikut 5 Cara Cepat Bangun Ruang Karaoke Di Rumah Dengan Budget Terbatas

Kenapa harus jauh-jauh pergi ke tempat karaoke kalau dirumah sendiri pun bisa membangun ruang karaoke ? Masih nggak percaya ? yuk ikuti tips berikut ini!

Siapa sih yang nggak suka melepas penat dengan bernyanyi karaoke?

Selain juga untuk aktifitas hiburan, karaoke seakan juga menjadi gaya hidup banyak pada masyarakat saat ini, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Berkat fenomena ini, tak jarang juga tempat karaoke selalu dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berkaraoke dari siang hingga malam hari.

Nah daripada capek-capek keluar rumah, stres terjebak macet, dan bosan menunggu antrian di tempat karaoke, apalagi saat ini di masa pandemi kita diwajibkan untuk tidak berkerumun untuk mengantisipasi penularan virus covid-19. Kenapa nggak bikin ruang karaoke di rumah sendiri aja ?

Tidak perlu mewah juga kok!

Kamu bisa bangun ruang karaoke untuk berkreasi dengan hanya menggunakan budget seminimal mungkin lho!

apa saja sih yang perlu disiapkan ?

Berikut 5 Cara Cepat Bangun Ruang Karaoke Di Rumah Dengan Budget Terbatas

Material Ruang Karaoke

  • Karpet Tebal
  • Speaker / Soundsystem
  • Kipas Angin
  • Lampu Neon (Optional)
  • Laptop
  • Proyektor
  • Sofa dan Meja
  • Karet ban dalam motor
  • Palu
  • Paku
  • Lem (Demp-X Extreme)

Tips Bangun Ruang Karaoke di Rumah

1. Bangun Ruangan Karaoke Kedap Suara

Untuk pada tahap awal ini, hal yang pasti kamu pertimbangkan adalah bagaimana cara agar bisa meredam ruangan agar kamu bisa bebas untuk berkaraoke ria bersama keluarga tanpa khawatir dapat mengganggu kenyamanan tetangga sekitar.

Banyak material yang bisa kamu gunakan pada tahap awal ini, namun jika kamu memilih untuk lebih low budget, karpet rumah yang sekiranya sudah tidak terpakai kamu bisa gunakan untuk menjadi peredam ruangan.

Caranya lapisi dinding ruangan karaoke yang ingin kamu redam menggunakan cat lem perekat ekstrem (Rp.60ribu untuk satu kaleng) dan tempet karpet rumah yang sudah kamu pilih tadi untuk menutupi seluruh dinding hingga sudut-sudutnya sebelum kamu paku, agar dapat tertempel dengan baik.

Baca juga : Rekomendasi Lagu Untuk Karaoke Pop Terbaik

Kamu bisa gunakan karet ban dalam motor yang berfungsi untuk lapisan ujung pintu agar suara tidak keluar melalui sela-selanya.

Untuk perhitungan pengeluaran : Rp.60rb x 3 kaleng = Rp.180rb

2. Bangun Ruangan Karaoke yang Nyaman

karaoke nyaman

Dengan menempelnya karpet pada dinding-dinding ruangan, maka ruangan karaoke akan otomatis berasa lebih panas daripada biasanya.

Oleh karenanya, melengkapi ruangan karaoke dengan kipas angin sangatlah penting

Namun pada umumnya, untuk ruangan dengan kenyamanan maksimal, setiap ruang karaoke membutuhkan AC, tapi jika ingin mengurangi budget penggunaan AC, kamu bisa gunakan kipas angin berdiri (standing fan) sudah cukup kok untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik pada ruangan tertutup.

Mencari kipas angin, kamu bisa dapatkan pada situs jual beli online seharga Rp.400rb kok atau jika ada sedikit dana lebih kamu bisa beli AC mini duduk seharga Rp.600rb

Jika ingin ruangan terasa lebih segar dan tidak gampang lembab, kamu bisa lengkapi ruang karaokemu dengan air purifier.

Untuk perhitungan pengeluaran : Rp400rb

3. Lengkapi Ruang Karaoke dengan Alat-alat Karaoke

alat karaoke
alat karaoke

Nggak seperti ruangan karaoke pada umumnya, kamu tidak perlu kok membeli barang-barang yang canggih dengan harga tinggi.

Sebagai gantinya, kamu cukup hanya perlu menggunakan sebuah laptop, speaker (soundsystem) dan proyektor mini saja!

Laptop dan proyektor mini bisa sebagai pengganti DVD player dan TV yang jika membeli seperti di tempat karaoke pada umumnya harganya lumayan lebih mahal.

Baca juga : Pilihan Lagu Karaoke Campursari Terbaik

Pilihan lagu pun juga akan menjadi lebih banyak pilihan karena akan langsung dapat diputar dari YouTube, dan dapat diakses langsung melalui laptop yang akan dihubungkan ke proyektor mini.

Dan untuk keperluan soundsystem, kamu juga bisa membeli speaker yang sudah paketan dan banyak dijual di toko barang bekas maupun toko elektronik baru, lengkap dengan mic dan speakernya!

Kita hitung pengeluarannya : Rp.0 (Laptop pribadi) + Rp300rb (proyektor mini) + Rp.1,5jt (paket soundsystem Kretz Ka). Untuk totalnya Rp.1,8jt

4. Dekorasi Ruang Karaoke

ruang karaoke

Dan pada tahap terakhir dalam membangun ruang karaoke impian dengan budget bersahabat dikantong adalah dengan melengkapi ruangan dengan dekorasi dan design yang cetar agar kreatifitas bernyanyi karaoke pun semakin asyik!

Kamu juga bisa menaruh beberapa lukisan, foto, atau hiasan dinding kegemaranmu pada dinding-dinding ruang karaokemu.

Lampu neon ini juga bisa kamu beli di toko online ataupun toko elektronik seharga Rp.40rb untuk satu lampu berukuran 120cm.

Baca juga : Butuh Hiburan? Gunakan Aplikasi Karaoke ini!

Kebutuhan lampu ini kamu juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan sendiri dan luas ruangan.

Dan yang terakhir, pastikan jangan lupa tempatkan sofa di dalam ruangan untuk tempat duduk dan satu meja untuk menaruh makanan dan minuman.

Dan untuk total semua pengeluaran : Rp.180rb + Rp.400rb + Rp.1,8jt = Rp.2,4 juta

5. Dan Jangan Lupa Makanan Ringan dan Minuman

makanan ringan

Kalau berlama-lama berkaraoke rasanya bosan yah tanpa di temani cemilan makanan dan minuman . hehe

Setelah semua selesai untuk membangun ruang karaoke impian dengan budget minimal, jangan lupa ya siapkan snack dan minuman untuk menemani kamu, keluarga serta teman-teman untuk bernyanyi.

Untuk sekedar saran, hindari pula untuk memilih makanan dan minuman yang membuat tenggorokan kering seperti keripik yang pedas dan minuman bersoda.

Pastikan juga ya jangan tinggalkan sampah yang berceceran di ruang karaokemu setelah menyajikan makanan dan minuman, agar tidak meninggalkan sampah yang berceceran untuk sekedar saran sajikan dalam toples.

 

Itulah 5 Cara Cepat Bangun Ruang Karaoke Di Rumah Dengan Budget Terbatas dari MuSigPro.

Selain kamu dapat bernyanyi berkaraoke di dalam ruangan, kamu juga bisa bernyanyi karaoke secara online, tentunya agar lebih mudah dan efisien dari segi waktu ataupun biaya. Maka kamu bisa menggunakan aplikasi Musigpro. Karena selain kamu bisa bernyanyi karaoke secara cepat, Musigpro juga bisa membantu kamu mempermudah semua prosesnya.

Kontes Karaoke

kamu juga bisa mengikuti kontes menyanyi yang saat ini sedang diselenggarakan dari Musigpro dan membuat diri kamu menjadi seorang yang terkenal.

 

Baca juga :  10 Lagu Hits Indonesia yang Cocok Buat Karaokean

 

Selain bisa terkenal kamu juga akan banyak dikenal dan melatih skill kamu dalam bernyanyi , yuk ikuti kontesnya.

Disana kamu juga akan berkesempatan untuk unjuk gigi dengan kemampuan serta bakat menyanyimu. Sebab, di aplikasi ini kamu bisa berduet atau bahkan bisa bersaing dengan teman untuk bernyanyi berkaraoke dengan versi terbaikmu.

 

Kontes Karaoke Apresiate to tenaga medis “Kisah Seorang Perawat”

Online singing contest di dalam rangka mengapresiasi tenaga medis di Indonesia yang terus bekerja keras di pandemi ini dan semoga akan cepat berakhir pandemi ini dengan vaksin yang kini telah beredar ke beberapa lapisan masyarakat. Perawat pada kala ini berada pada kala kondisi yang cukup tegang & melelahkan, ditambah persoalan positif di Indonesia kian hari kian naik. Pekerjaannya bersama menggunakan proses shift bekerja cukup terkuras oleh kesibukannya sepanjang covid 19 ini, sudah waktunya untuk rehat sejenak dg menyanyi online.

kali ini kontes karaoke ini bersama tagline “Tribute to Medical Personel” ingin menumbuhkan rasa terimakasih setinggi-tingginya untuk para tenaga medis (nakes) dan perawat yang ada di seluruh Indonesia sebagai garda terdepan penanggulangan bencana pandemi covid 19 ini. Pada event ini MuSigPro bersama CHproduction dan Evolution Studio mengadakan kompetisi amal secara online yang bertajuk “Tribute to Medical Personel”. Dengan menggandeng platform charity benihbaik.com sebagai charible partner.

Baca juga :

untuk informasi selengkapnya mengenai kontes karaoke ini. kamu bisa langsung download aplikasinya melalui playstore dengan klik  gambar dibawah ini :

Dan akses pendaftarannya di https://blog.musigpro.com/kompetisi-menyanyi-online-persembahan-untuk-tenaga-medis-dan-perawat/

 

Indomangga
As the Internet of Things Enthusiast, I enjoy taking complex problems and turning them into simple logic strategies. Nothing brings me more pleasure than making something out of nothing, even when the results are far from my ideal expectations (Indomangga)